Panduan Cara Beriklan di Facebook Ads bagi Pebisnis Pemula

Beriklan di Facebook Ads bagi Pebisnis Pemula

Mengetahui cara beriklan di Facebook adalah sebuah keuntungan bagi Anda pebisnis pemula. Mengapa demikian? Salah satu alasan utamanya adalah karena jumlah pengguna Facebook yang amat masif. Tercatat setidaknya ada kurang lebih 2,89 miliar pengguna aktif Facebook tiap bulannya. Jumlah tersebut jelas akan membantu Anda untuk mendapatkan exposure lebih besar.

Bukan hanya itu, biaya pemasangan iklan di Facebook Ads juga relatif lebih terjangkau jika dibandingkan dengan platform lain. Terlebih jika Anda membandingkannya dengan metode iklan konvensional seperti iklan di TV atau media cetak. Menarik, bukan? Nah, bagi Anda yang sudah tidak sabar untuk memasang iklan, simak panduan cara beriklan di Facebook Ads untuk pebisnis pemula berikut ini.

Cara Beriklan di Facebook yang Pertama Buat akun di halaman bisnis Facebook

Mula-mula, Anda harus memiliki akun di halaman bisnis Facebook. Caranya mudah, pada halaman muka Facebook, pilih opsi Facebook Pages. Pada halaman tersebut, Anda akan diarahkan untuk memilih jenis akun. Pilih opsi “Bisnis atau Merek” dan kemudian ketikkan nama usaha Anda beserta kategori produk. Lengkapi halaman bisnis Anda dengan informasi yang memudahkan calon konsumen. Anda juga bisa memilih untuk tidak menampilkan informasi tertentu.

Baca juga: ” Cara Pasang Iklan Gratis untuk Promosi Bisnis Online

Pilih tujuan pemasangan iklan di Facebook

Setelah selesai membuat halaman bisnis, berikutnya Anda bisa beralih pada halaman Facebook Ads. Di halaman muka Facebook, masuklah ke opsi Facebook Ads Manager. Saat mengakses halaman tersebut, pastikan Anda sudah login ke halaman bisnis Facebook.

Jika sudah, klik “Buat Iklan”. Facebook menyediakan dua model pembuatan iklan, yaitu “Pembuatan Iklan Cepat” dan “Pembuatan Iklan Terpadu”. Untuk iklan yang lebih detail dan akurat, pilih opsi “Pembuatan Iklan Terpadu”.

Setelah itu, tentukan tujuan iklan yang akan Anda pasang. Ada tiga tipe tujuan iklan yang disediakan Facebook: Kesadaran (meningkatkan brand awareness), Pertimbangan (meningkatkan jumlah kunjungan ke halaman bisnis), dan Konversi (meningkatkan jumlah pembelian produk).

Tentukan jenis iklan yang akan dibuat

Langkah selanjutnya adalah cara beriklan di Facebook Ads adalah menentukan jenis iklan. Saat ini, Facebook menyediakan dua jenis iklan, yaitu Uji Split dan Pengoptimalan. Nah, dari dua jenis iklan tersebut, mana yang harus dipilih?

Uji Split memungkinkan Anda untuk membuat dua konten iklan yang kemudian dilepas pada dua target audiens berbeda. Setelah itu, Anda bisa memilih konten yang lebih banyak dilihat. Sedangkan untuk Pengoptimalan Anggaran, konten iklan dibuat sesuai dengan anggaran yang Anda sediakan. Facebook membebaskan penggunanya untuk menetapkan anggaran iklan. Bagi pebisnis pemula, jenis ini sangat cocok karena lebih hemat.

Beri nama untuk kampanye iklan

Berikutnya, beri nama iklan agar Anda bisa mengecek performanya dengan mudah. Jangan lupa juga untuk menentukan tujuan trafik. Selain mengarahkan pada halaman bisnis, Anda juga bisa mengarahkan audiens menuju website, aplikasi, bahkan Messenger. Di bagian ini Anda juga bisa menampilkan promo bisnis. Jika ingin menampilkan promo, centang opsi “Promo”.

Baca juga: “4 Hal Penting yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Iklan Instagram

Tentukan target audiens

Cara membuat iklan di Facebook juga tak terlepas dari target audiens. Setelah memberi nama kampanye iklan, Anda bisa menentukan target audiens berdasarkan lokasi, umur, jenis kelamin, bahasa, dan bahkan minat. Bukan hanya itu, Anda juga bisa mengatur “Pemirsa Khusus” untuk menampilkan iklan pada orang-orang yang memiliki hubungan dengan Anda.

Pilih penempatan iklan

Langkah selanjutnya adalah menentukan penempatan iklan. Facebook menyediakan dua pilihan, yaitu penempatan otomatis dan edit penempatan. Bagi pemula, disarankan untuk memilih penempatan otomatis yang dipilih Facebook.

Atur jadwal dan bujet iklan

Panduan cara beriklan di Facebook Ads berikutnya adalah mengatur jadwal dan bujet iklan. Anda bisa menentukan tanggal mulai dan berakhirnya iklan. Bisa dalam waktu beberapa hari saja, seminggu, sebulan, hingga berbulan-bulan sesuai kebutuhan dan tujuan Anda.

Baca juga: “Begini Strategi Meningkatkan Online Presence Bisnis Anda”

Rancang iklan

Facebook menyediakan lima format iklan yang bisa dipilih. Ada format karousel, gambar tunggal, tayangan slide, video tunggal, dan terakhir adalah format koleksi. Setelah memilih format, Anda bisa menambahkan deskripsi iklan. Jangan lupa mengisi kolom ini agar audiens bisa langsung memahami produk yang Anda jual. Pastikan juga untuk mencantumkan gambar yang sesuai untuk menarik minat audiens.

Lakukan pembayaran

Langkah terakhir, lakukan pembayaran. Setelah selesai membuat iklan, Facebook akan otomatis menghitung billing Anda. Setelah jumlah tagihan muncul, segera lakukan pembayaran. Anda bisa membayar iklan melalui kartu debit maupun kartu kredit. Isikan informasi yang diperlukan untuk pembayaran. Tunggu beberapa saat dan jika pembayaran berhasil, Anda akan langsung mendapatkan bukti pembayaran.

Cukup mudah, bukan, cara beriklan di Facebook Ads? Dengan kemudahan yang telah disebutkan di atas, rasanya sayang jika tidak memasukkan Facebook Ads dalam strategi promosi Anda.  Belum ada modal yang cukup untuk beriklan di Facebook? Tidak perlu khawatir, Anda bisa memanfaatkan layanan Paylater dari Modalku Virtual Credit. Dengan fasilitas tersebut, Anda dapat memenuhi beragam kebutuhan usaha, termasuk untuk berpromosi melalui Facebook. Daftar sekarang dengan klik di sini!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply