Begini Strategi Meningkatkan Online Presence Bisnis Anda

Dunia maya adalah pusat perbelanjaan jenis baru di era modern ini. Hampir seluruh brand besar memiliki lapak resmi di dunia maya. Apakah Anda salah satu pebisnis yang ingin membuka lapak online? Jika ya, Anda membutuhkan online presence agar banyak orang semakin mengenal dan mudah untuk menemukan bisnis Anda di internet. Namun, bagaimana caranya meningkatkan online presence ini? Anda perlu melakukan sejumlah strategi pemasaran online berikut ini. 

Optimalkan Tampilan Brand

Di awal perintisan bisnis, hal yang tidak kalah penting dari perencanaan bisnis adalah momen peluncuran brand. Bagaimana Anda ingin bisnis Anda dilihat oleh publik? Kesan seperti apa yang ingin Anda tampilkan dari bisnis Anda? Inilah pertanyaan-pertanyaan yang hanya bisa dijawab oleh logo dan nama brand Anda. Tanpa keduanya, akan sangat sulit untuk bisa membangun online presence bisnis Anda. 

Tidak perlu membuat desain atau nama yang terlampau rumit. Pastikan logo dan nama brand Anda authentic alias belum pernah digunakan sebelumnya, serta bisa dilafalkan dan diingat dengan baik. Setelah membuat logo dan nama brand yang paling sesuai, maka saatnya untuk menggunakannya di setiap strategi pemasaran online untuk bisnis Anda. 

Publikasikan Konten SEO yang Bermanfaat dan Berkualitas

Apa sebetulnya hubungan antara konten SEO dengan online presence bisnis? SEO (Search Engine Optimization) merupakan sebuah strategi pemasaran online untuk meningkatkan peringkat website bisnis Anda di mesin pencari seperti Google. 

Jika Anda menggunakan mesin pencari dan mengetikkan keywords seperti “rekomendasi gitar terbaik,” maka mesin pencari akan menampilkan ribuan website yang memiliki keywords tersebut. Tentunya sebagai pengguna, Anda akan meng-klik website yang ditampilkan di halaman pertama, bukan? 

Nah, untuk itu, Anda perlu membuat konten artikel SEO yang dipenuhi dengan keywords yang relevan. Gunakan Google Keyword Planner secara gratis untuk bisa menemukan keywords apa saja yang tengah populer. Lalu, buat artikel SEO yang soft selling untuk meningkat traffic website sekaligus online presence bisnis Anda. 

Jangan Takut untuk Menggunakan Iklan Berbayar

Masih banyak yang beranggapan bahwa bisnis berskala kecil tidak begitu memerlukan iklan. Namun, agar Anda bisa meningkatkan online presence bisnis Anda, ada baiknya Anda mengandalkan iklan berbayar di berbagai platform media sosial sebagai strategi pemasaran online. Soal biaya, tidak semahal biaya memasang iklan di billboard apalagi di TV. 

Sementara coverage dari iklan berbayar seperti Facebook Ads, Instagram Ads, dan Google Ads begitu luas, sehingga online presence Anda akan meningkat pesat dalam waktu yang singkat. Selain itu, iklan berbayar di platform online memberikan kemudahan bagi Anda untuk mengontrol demografi target audience dari iklan tersebut. Jadi, hanya orang-orang yang masuk ke kategori target consumer bisnis Anda yang akan melihat iklan tersebut. 

Bekerja Sama dengan Influencer

Orang-orang akan lebih tertarik untuk mencoba sebuah produk atau jasa jika dipromosikan oleh figur yang mereka kenal. Akan tetapi, tentunya akan sangat mahal untuk bisa bekerja sama dengan artis papan atas. Tidak perlu khawatir karena Anda tetap bisa meningkatkan online presence bisnis Anda dengan bantuan influencer. Seorang influencer adalah figur yang memiliki ribuan followers di media sosial. 

Bekerja sama dengan influencer memudahkan Anda untuk memasarkan bisnis Anda ke ribuan followers yang dimiliki influencer tersebut. Triknya, pilih influencer yang masuk ke target pasar Anda, lalu lihat apakah konten-konten yang dimiliki influencer tersebut cukup relevan dengan bisnis Anda. Selanjutnya, tinggal hubungi influencer tersebut dan bicarakan soal biaya serta mekanismenya. 

Lebih lanjut: Mengenal Budaya Influencer

Konsisten dalam Setiap Aktivitas Online

Jika Anda kurang aktif posting foto di media sosial atau artikel di website, maka online presence bisnis Anda akan terus menurun. Maka dari itu, Anda perlu konsisten dalam mengelola website serta platform online tempat bisnis Anda bernaung. Tentukan jadwal posting yang paling sesuai, misalnya di jam makan siang (11 pagi sampai 1 siang) di mana banyak orang membuka Instagram sambil beristirahat. 

Jangan lupa juga untuk memanfaatkan media lain seperti email newsletter dan akun e-commerce bisnis Anda. Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkan setiap platform online gratis yang ada untuk meningkatkan online presence bisnis Anda. 

Anda mungkin tertarik: Pemasaran Online untuk Hadapi Tantangan Bisnis Online

Itu dia sejumlah strategi untuk meningkatkan online presence bisnis Anda secara efektif dan efisien. Manfaatkan juga pinjaman tunai dari Modalku untuk mengembangkan bisnis online Anda. Dapatkan pinjaman hingga Rp250 juta tanpa agunan dengan bunga kompetitif yang bisa Anda gunakan untuk menambah stok barang, berlangganan jasa iklan berbayar di Google, dan lain sebagainya!

Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply