5 Strategi Jitu Meraup Untung Musiman

Wirausahawan sukses adalah mereka yang pandai membaca peluang. Mereka tidak ragu untuk mengambil risiko jika dirasa suatu hal bisa mendatangkan keuntungan. Terkadang momen tertentu juga bisa mendatangkan untung asal Anda pandai memanfaatkannya. Tertarik mendapatkan untung musiman untuk bisnis Anda? Berikut lima strategi jitu yang bisa diterapkan.

Lihat juga:  “Jangan Bingung! Ini 4 Tips Cara Memulai Bisnis”

Pantau Tanggal-tanggal Penting

Seperti yang sudah disebutkan pada paragraf pembuka, momen-momen tertentu bisa mendatangkan keuntungan tersendiri. Jadi, jika Anda memang mengincar untung musiman, pantaulah tanggal-tanggal penting dari sekarang.

Anda bisa memberikan penawaran menarik bagi konsumen dalam tanggal-tanggal tersebut. Sebagai contoh, di hari Valentine Anda bisa menjual paket khusus pasangan. Tambahkan juga pernak-pernik Valentine pada produk atau toko Anda. Dengan penawaran seperti ini, diharapkan jumlah konsumen akan meningkat dan Anda pun bisa meraup untung musiman.

Selalu Fleksibel dan Berinovasi

Di zaman sekarang, perubahan selalu datang dengan cepat. Hanya dalam sekejap waktu, suatu hal bisa berubah. Begitu pula dalam sebuah usaha. Apabila Anda terlalu kaku dan tidak terbuka pada perubahan, maka potensi untuk mendapatkan untung pun bisa berkurang. Untuk itu, Anda harus selalu fleksibel dan berinovasi dalam menjalankan usaha.

Demikian halnya saat Anda mengincar untung musiman. Usahakan untuk selalu melakukan inovasi. Sebagai contoh, jika Anda bergerak di bidang kuliner, coba ciptakan menu yang sedang digemari orang. Jangan ragu melakukan riset, misalnya Anda bisa menyambangi kafe-kafe kekinian atau berselancar di Instagram. Dengan cara ini, maka keuntungan pun bisa diraih.

Lihat juga: “Mengapa UKM Memerlukan Kreasi dan Inovasi untuk Memenangkan Persaingan?”

Konsisten Menjaga Kualitas Brand

Menjalankan usaha musiman memang bisa menjadi usaha yang menjanjikan. Namun, bukan berarti Anda harus mengorbankan kualitas brand. Terlebih jika usaha Anda memang sudah terkenal kualitas serta reputasinya di hadapan konsumen.

Jangan pernah melupakan quality control untuk setiap barang atau jasa yang Anda tawarkan. Bagaimana pun juga, kualitas produk akan memengaruhi banyaknya jumlah keuntungan nantinya. Jika Anda menjajakan barang yang berkualitas baik, pelanggan akan kembali membeli dan kemungkinan besar mempromosikannya pada orang lain.

Cerdas Mengelola Keuangan

Tidak bisa dipungkiri lagi, saat menjalankan bisnis musiman, arus kas tidak berjalan setiap hari seperti bisnis biasa. Ada kalanya bisnis Anda akan mendapatkan pemasukan begitu besar, namun bisa saja di waktu lain justru merugi.

Supaya bisnis tidak bangkrut, Anda perlu melakukan cara mengelola keuangan yang cerdas. Saat mendapatkan untung yang besar, bagilah ke dalam beberapa pos (untuk produksi dan kebutuhan lainnya). Anda juga bisa membaginya ke dalam beberapa bagian sesuai dengan waktu menjalankan usaha. Dengan demikian, pemasukan akan lebih teratur dan merata. Pengeluaran yang tidak perlu pun bisa dihindari karena Anda telah membaginya dalam beberapa pos.

Lihat juga: “Cara Mengelola Utang Agar Tidak Menjerat Bisnis Anda”

Evaluasi Bisnis

Kunci dalam setiap bisnis yang sukses adalah evaluasi. Dengan evaluasi, Anda bisa tahu langkah mana yang bisa diteruskan dan harus dihilangkan. Terlebih saat mengincar untung musiman yang bisa dibilang lebih besar risikonya dibandingkan dengan bisnis biasa.

Lakukan evaluasi bisnis secara menyeluruh, mulai dari proses produksi hingga penjualan. Apabila ada feedback dari pelanggan, Anda bisa menggunakannya sebagai indikator. Evaluasi bisnis dapat membantu Anda menentukan apakah produk memang punya nilai jual. Selain itu, dengan melakukan evaluasi bisnis, jumlah pemasukan dan pengeluaran pun bisa dilacak secara jelas.


Bisnis musiman memang bisa menjadi usaha yang menjanjikan asal Anda mengetahui strateginya. Strategi bisnis adalah modal utama
wirausahawan sukses. Semoga Anda dapat meraih sukses di usia muda!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply