Wujudkan Cinta dengan Kado Valentine ‘Sepanjang Masa’

Hari valentine yang diperingati tiap tanggal 14 Februari memang identik dengan memberikan kado kepada orang terkasih. Biasanya kado valentine yang diberikan berupa cokelat, bunga, maupun bingkisan lainnya. Semuanya penuh kesan romantis. Namun, tahukah Anda jika kado valentine tidak hanya melulu dalam bentuk bingkisan tersebut. Anda pun bisa memberikan kado ‘sepanjang masa’. Artinya, kado tersebut bisa dinikmati hanya saat hari valentine, tapi juga menguntungkan di masa depan. Apa sajakah?

Tahukah Anda? Ada lho cara merayakan valentine dengan gaya hidup minimalis? Ingin tahu cerita lengkapnya? Baca artikel ini: “Rayakan Valentine dengan Gaya Hidup Minimalis”

Kado Reksa Dana untuk Yang Tercinta

Valentines day Anda akan semakin berkesan bila memberikan kado valentine berupa reksa dana untuk orang tercinta. Sebenarnya, reksa dana ini merupakan sebuah wadah dalam menghimpun dana yang berasal dari para investor dan diinvestasikan ke dalam bentuk portofolio oleh seorang manajer investasi. Anda pun bisa memilih beberapa jenis reksa dana yang ada tergantung tingkat kebutuhan dan risikonya.

Bentuk dari reksa dana sendiri adalah sebuah surat berharga. Surat inilah yang digunakan sebagai bukti untuk klaim maupun sebagai aset kepemilikan benda tertentu. Beberapa keuntungan dari reksa dana ini di antaranya adalah memiliki untung yang lumayan, jumlah investasi yang terjangkau, dan dikelola oleh manajer investasi profesional, sehingga Anda tak perlu khawatir dalam mengelolanya.

Dalam jangka panjang, reksa dana bahkan bisa memenuhi kebutuhan hidup pemiliknya. Penasaran bagaimana caranya? Klik di sini!

Wujudkan cinta dengan emas

Sebagai logam mulia, emas memang cocok dijadikan hadiah istimewa kepada pasangan di hari valentine. Selain dapat memperindah penampilan terutama bagi wanita, emas juga bisa Anda jadikan instrumen investasi di masa depan. Salah satunya adalah dengan membeli emas batangan.

Cara penyimpannya pun juga mudah, bisa disimpan sendiri maupun dititipkan di pegadaian. Kemudian, Anda bisa menujualnya ketika harganya sedang naik. Bahkan harga emas sendiri sama halnya seperti properti, yakni cenderung naik setiap saat.

Properti untuk Idaman Hati

Kado valentine yang tak akan lekang dan menguntungkan adalah properti. Anda bisa memilih beberapa jenis properti sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja seperti tanah, rumah, hingga apartemen. Poperti dinilai memiliki banyak keunggulan dan keuntungan apabila dijadikan instrumen investasi dalam jangka panjang.

Lihat juga: “Ingin Investasi Properti Rumah? Pelajari Caranya!”

Hal ini mengingat properti merupakan kebutuhan bagi semua orang dan pasti banyak dicari. Di sisi lain, jumlah properti yang ada pun terbatas. Maka tak heran bila harganya terus melambung tinggi. Anda bisa menjadikannya sebagai modal keuntungan dengan menjualnya kembali di kemudian hari. Atau misalnya dengan investasi rumah meski dengan KPR, di masa depan bisa kamu sewakan dan bisa menjadi sumber passive income.

Ngado Saham? Kenaga Engga!

Berikutnya, kado valentine yang dapat Anda pilih adalah saham. Kamus Besar Bahasa Indonesia sendiri mengartikan saham yakni bukti kepemilikan modal perseroan terbatas yang memiliki hak memberi dividen yang berdasarkan besar kecilnya modal yang ditanamkan. Saat Anda membeli saham, berarti Anda pun mendapatkan bagian dalam jumlah tertentu mengenai kepemilikan saham.

Sebagai investor, Anda akan memperoleh bentuk imbal balik kenaikan harga pada saham pada saat kinerja perusahaan membaik. Di sisi lain, saat perusahaan untung, maka imbal baliknya dapat berupa dividen. Meski memiliki untung tinggi, Anda juga harus berhati-hati mengelolanya. Sebab, fluktuasi harga saham dapat terjadi dalam waktu yang cepat.

Masih penasaran dengan saham dan seluk beluknya? Jangan khawatir! Anda dapat mendalaminya pada artikel ini: “Pengertian Saham dan Cara Mainnya”

P2P Lending untuk Orang Terpenting

Di era digital seperti sekarang, tentu Anda sudah tak asing lagi dengan istilah peer-to-peer lending atau biasa juga disebut P2P Lending. Pada dasarnya, Anda sebagai pendana dapat memilih pihak mana yang perlu didanai. Begitu juga mengenai keuntungan dari imbal hasil investasinya. Adapun suku bunga efektif per tahunnya bisa mencapai 18%.

Ingin tau lebih lanjut tentang P2P Lending? Jelajahi artikel-artikel ini: “P2P Lending dan Digital Lending di Indonesia” dan “Semangat Gotong Royong dalam P2P Lending”

Bila Anda sebagai investor pemula, dapat memilihnya sebagai kado istimewa di hari valentine kepada orang terpenting dalam hidup. Selain modal investasinya rendah, keuntungannya lumayan. Pilihlah platform P2P lending yang sudah mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) seperti Modalku. Di sini Anda dapat memilih sendiri pinjaman yang akan didanai sesuai keinginan.

Surat Utang Negara

Instrumen selanjutnya yang juga bernilai tinggi untuk kado valentine sepanjang masa adalah Surat Utang Negara (SUN). Banyak orang memilih SUN karena memiliki keuntungan tersendiri. Pertama, risiko dari investasi ini tergolong rendah dan uang yang diinvestasikan dalam bentuk obligasi maupun sukuk akan mendapatkan untung tiap bulan.

Keuntungan kedua adalah tidak terkena fluktuasi pasar. Bahkan, sebagai keuntungan yang ketiga Anda dapat menggadaikannya ke pihak lain. Selain itu, pajaknya pun tidak terlalu tinggi. Dengan begitu keuntungan yang didapat pun akan lebih besar. Anda bisa membeli SUN di platform Modalku juga.

Lihat juga: “Mengapa Negara Perlu Berutang?”

Setidaknya itulah beberapa kado valentine istimewa ‘sepanjang masa’ yang bisa Anda berikan kepada orang terkasih. Jadi, mana yang akan Anda pilih? Itu semua tergantung pada kebutuhan dan diri Anda sendiri tentunya.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini. Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Leave a Reply