Mengapa UKM Memerlukan Kreasi dan Inovasi untuk Memenangkan Persaingan?

Pesatnya perkembangan bisnis menciptakan persaingan yang sangat ketat, terlebih jika Anda merupakan wiraswasta atau pemilik bisnis UKM yang baru saja menjalankan usaha kecil. Setiap harinya, muncul pelaku bisnis dengan inovasi produk mereka. Keberadaan bisnis online turut menyuburkan pertumbuhan pelaku bisnis baru setiap harinya. Persaingan pun semakin ketat sehingga jika Anda tidak berusaha untuk kreatif dan inovatif, bisnis UKM Anda bisa-bisa tenggelam dalam persaingan pasar.  Kreasi dan inovasi merupakan kunci untuk memenangkan persaingan bisnis, sehingga perlu mendapat perhatian khusus.

Pentingnya Kreativitas dalam Pengembangan UKM

Dilansir dari situs smallbusiness.co.uk, Paul Shephard, Direktur Bisnis dari Clydesdale and Yorkshire Banks, mengatakan bahwa setiap bisnis harus menyertakan kreativitas dalam bentuk apa pun jika memang berencana untuk melakukan pengembangan. Kreativitas inilah yang akan membantu para pebisnis UKM untuk menciptakan inovasi.

Namun, Shephard mengingatkan bahwa inovasi bisa muncul dalam berbagai bentuk, tidak harus selalu melalui desain atau teknologi. Misalnya, jika Anda memiliki usaha sampingan pada bidang jasa, kreativitas dan inovasi tersebut bisa diterapkan untuk memenuhi permintaan pelanggan. Anda juga dapat melakukan pendekatan terhadap target market melalui cara yang tidak pernah dilakukan kompetitor Anda. Terlebih, kini kita tinggal di era ekonomi digital, di mana permintaan pelanggan cenderung lebih tinggi dari sebelumnya. Para pelaku bisnis UKM pun dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif.

Aktif Memonitor Kondisi Target Market

Di sisi lain, kreativitas dan inovasi akan percuma apabila produk atau layanan yang Anda berikan tidak mampu memenuhi kebutuhan pelanggan. Untuk menghindari hal tersebut, penting bagi Anda untuk rutin memonitor perkembangan kondisi target market: apakah mereka masih membutuhkan produk Anda yang sekarang? Bagaimana  respon mereka terhadap promosi terbaru yang Anda luncurkan? Tren apa yang sedang digandrungi oleh mereka?

Hal yang juga tak kalah penting untuk dilakukan adalah rutin melakukan review performa bisnis UKM Anda dan bagaimana pelayanan yang Anda berikan kepada pelanggan. Cara ini akan membantu Anda melacak perkembangan bisnis sehingga tahu kreativitas dan inovasi seperti apa yang perlu dilakukan.

Update Informasi dan Wawasan Baru

Di sisi lain, tak dapat dipungkiri bahwa untuk menciptakan inovasi yang kreatif, sering kali dibutuhkan inspirasi. Hal inilah yang kerap susah didapatkan oleh pebisnis UKM. Sebelumnya, perlu diingat bahwa tidak ada ide yang benar-benar baru. Orang-orang hanya melakukan “upgrade” terhadap ide yang sudah lebih dulu ada.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan inspirasi. Salah satunya adalah dengan memperbanyak wawasan. Update terus informasi dalam benak Anda. Anda bisa membaca buku yang berkaitan dengan bisnis, mem-follow pakar-pakar bisnis di media sosial, hingga melakukan hal-hal yang dapat merangsang kreativitas seperti mendengarkan musik. Memonitor kondisi target market pun bisa menjadi langkah untuk meng-update pengetahuan karena dengan begitu, Anda bisa terus menyesuaikan produk dan layanan dengan permintaan pasar.


Apa pun usaha kecil yang Anda jalankan, kreativitas dan inovasi tetap dibutuhkan agar pelanggan tidak merasa bosan dengan produk Anda. Mulailah dari diri Anda terlebih dulu. Hilangkan rasa takut terhadap perubahan. Risiko gagal itu selalu ada, tetapi Anda selalu bisa mengambil pelajaran berharga darinya. Selamat berkreasi!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply