Bagaimana Memanfaatkan Peluang Usaha Secara Kreatif dan Inovatif?

bagaimana memanfaatkan peluang usaha secara kreatif dan inovatif

Pertanyaan yang sering muncul di benak pebisnis muda adalah, “bagaimana memanfaatkan peluang usaha secara kreatif dan inovatif?”. Peluang usaha yang tersedia kian beragam, apalagi diiringi dengan perkembangan teknologi yang pesat. Sayangnya masih banyak yang belum bisa memanfaatkannya, padahal pemanfaatan peluang usaha akan membawa profit yang besar.

Bagaimana Memanfaatkan Peluang Usaha Secara Kreatif dan Inovatif agar Mendapatkan Keuntungan?

Bisnis yang berhasil didukung oleh peluang usaha yang berkembang di masyarakat. Peluang usaha tersebut harus dimanfaatkan secara kreatif dan inovatif jika ingin bersaing dengan kompetitor. Rata-rata konsumen selalu tertarik dengan bisnis yang mampu memenuhi kebutuhan mereka dibandingkan bisnis baru yang produknya belum tentu diminati. 

Modalku akan memberikan beberapa tips yang bisa menjadi panduan Anda dalam memanfaatkan peluang usaha. Simak tipsnya di bawah ini:

1. Peka terhadap Kebutuhan Masyarakat

Peluang usaha lahir karena kebutuhan atau masalah yang dialami oleh masyarakat sekitar Anda. Lakukan analisis peluang usaha di yang muncul di sekitar Anda. Analisis ini mencakup alasan suatu bisnis tidak bisa sukses atau kurang diminati oleh masyarakat.

Contohnya, peluang usaha bisnis laundry kiloan yang kian menjamur saat ini karena banyak orang yang ingin praktis saat mencuci baju. Namun, Anda melihat bisnis serupa yang sepi pembeli karena terletak di lokasi yang kurang strategis. Meski tinggal di lokasi yang kurang cocok untuk bisnis, Anda bisa membuka usaha laundry dan menyediakan layanan antar jemput gratis.

2. Manfaatkan Teknologi yang Tersedia

Teknologi yang tersedia dewasa ini bisa menjadi sarana memanfaatkan peluang usaha secara maksimal. Media sosial dan internet, contohnya, bisa menjadi sarana promosi yang efektif demi mendatangkan pembeli. Langkah ini efektif jika diaplikasikan di contoh kasus bisnis laundry tadi, di mana pemilik harus gencar melakukan promosi agar banyak orang yang kenal dengan jasanya.

Teknologi lainnya bisa digunakan sesuai dengan keahlian Anda, asalkan sesuai dengan peluang usaha yang tersedia. Misalnya, ada peluang usaha menjadi desainer interior, Anda bisa memanfaatkannya dengan menggunakan software yang tersedia, baik gratis maupun berbayar.

3. Sesuaikan dengan Passion Anda

Bisnis yang sesuai passion atau hobi terasa lebih menyenangkan dijalani. Passion yang dimiliki membantu Anda bisa mengembangkan usaha secara kreatif dan inovatif. Dukungan teknologi yang tersedia juga meningkatkan kesuksesan bisnis yang sedang berlangsung.

Contohnya, Anda memiliki passion sebagai florist dan melihat peluang usahanya cukup besar. Jadilah kreatif dengan menciptakan rangkaian bunga yang unik dan sesuai selera konsumen. Anda bisa berinovasi dengan bunga-bunga yang ada untuk dijadikan kerajinan tangan lainnya, seperti hiasan dinding, buket bunga, dan lain-lain.

4. Ajak Orang Lain Berkolaborasi

Siapa yang tahu ternyata kerabat, teman atau kolega Anda bisa memberikan cara yang kreatif dan inovatif untuk memanfaatkan peluang usaha? Amati orang di sekitar Anda yang memiliki potensi tinggi, kemudian ajak mereka untuk berkolaborasi mengembangkan bisnis.

Contohnya, arsitek bisa mendatangkan banyak keuntungan apabila bekerja sama dengan tim kontraktor untuk membangun rumah klien. Klien tidak perlu pusing lagi mencari kontraktor yang tepat, apalagi sang arsitek mereferensikan kontraktor yang memiliki background bagus.

5. Riset Usaha Kompetitor

Peluang bisnis yang tersedia setidaknya pernah dimanfaatkan oleh satu orang. Anda bisa melihat usaha mereka untuk membangun bisnis yang lebih menonjol. Carilah apa yang belum mereka miliki dalam bisnis dan bisa Anda tawarkan kepada pelanggan.

Contohnya, usaha coffee shop yang kian menjamur hingga kota-kota kecil. Anda bisa membuat bisnis coffee shop jadi lebih unggul dengan menawarkan snack tradisional. Bisa juga menyediakan working space agar pelanggan bisa datang menikmati kopi Anda sekaligus menuntaskan pekerjaannya.

6. Ikuti Pelatihan Bisnis

Jangan jadi pengusaha pasif, jadilah aktif dengan mengejar informasi mengenai pelatihan bisnis. Anda bisa mengikuti berbagai topik pelatihan untuk mengembangkan bisnis. Bentuk pelatihan yang tersedia pun beragam, bahkan Anda bisa mengikuti pelatihan secara online di rumah saja dengan webinar atau kelas daring.

Selain menjadi inovatif, pelatihan bisa menjadi sarana untuk meningkatkan network atau jejaring yang dimiliki. Anda pun berkesempatan mempromosikan bisnis lewat pelatihan ini.

7. Pandang dari Perspektif Lain

Menangkap peluang usaha itu biasa, tapi memanfaatkannya secara kreatif dan inovatif adalah hal yang luar biasa. Untuk melakukannya, Anda harus melihat peluang tersebut dari perspektif lain serta berinovasi.

Anda bisa mencontoh pelaku usaha makanan ringan yang selalu berinovasi dengan produknya. Misalnya, siomay yang selama ini disajikan menggunakan saus kacang kini diganti saus mentai. Cukup cari hal inovatif yang bisa dikembangkan di bisnis Anda, selama hal tersebut sesuai kebutuhan target pasar.

8. Mulai dari Diri Sendiri

Ini adalah langkah terakhir yang tidak kalah penting karena semuanya dimulai dari kemauan Anda. Seorang pengusaha tidak hanya kreatif dan inovatif, mereka juga harus memiliki sikap fokus dan tidak mudah menyerah. Utamakan untuk selalu memiliki solusi saat masalah menghadang.

Menjadi pengusaha artinya Anda harus bekerja secara mandiri. Tetaplah memiliki etos kerja yang baik agar usaha semakin meningkat. Anda juga akan dianggap teladan dan inspirasi bagi orang yang dipekerjakan.
Jawaban terbaik dari bagaimana memanfaatkan peluang usaha secara kreatif dan inovatif adalah merealisasikannya. Jangan khawatir soal pendanaannya, karena Anda bisa mendapatkan pinjaman dana tunai dari Modalku yang langsung cair ke rekening. Kembangkan usaha Anda bersama layanan pendanaan dari Modalku dengan klik tombol di bawah ini:

Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan