Mengenal Pengertian Peluang Usaha untuk Pemula

pengertian peluang usaha

Peluang usaha adalah salah satu kunci keberhasilan sebuah bisnis di tengah masyarakat. Banyak orang yang mulai mendirikan bisnisnya berdasarkan peluang usaha yang tersedia. Namun, apakah Anda paham dengan pengertian peluang usaha yang sesungguhnya? Apakah semua kondisi dan masalah di masyarakat yang bisa dijadikan sebagai peluang usaha?

Modalku akan memberikan pembahasan yang mendalam tentang peluang usaha sebagai informasi Anda.

Pengertian Peluang Usaha

Peluang usaha merupakan semua ide, prospek, perencanaan, atau kesempatan untuk mengembangkan atau memulai usaha baru. Peluang memiliki sinonim kesempatan, jadi istilah peluang usaha lebih tepat diartikan sebagai identifikasi kesempatan untuk mencapai tujuan bisnis lewat sumber daya dan kondisi yang ada di masyarakat.

Tujuan bisnis yang dimaksud berbeda-beda setiap individunya. Pemilik bisnis tidak melulu mengejar uang atau kekayaan lewat usahanya. Ada yang ingin mencapai kepuasan batin, popularitas, status sosial, nama baik, dan sebagainya.

Sumber daya yang dimaksud untuk mencapai tujuan tersebut pun bervariasi. Selain modal berupa uang, bisnis juga membutuhkan sumber daya lainnya agar bisa bertahan. Misalnya, skill atau kompetensi, pengetahuan, relasi, pengalaman, dan sebagainya.

Peluang usaha menjadi sarana pemilik bisnis untuk memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat, di samping menghasilkan profit. Peluang usaha juga melibatkan risiko yang mungkin terjadi, tapi harus diambil dan dihadapi jika Anda ingin mengelola sebuah bisnis.

Ciri-Ciri Peluang Usaha

Pertanyaannya, apakah semua kondisi di masyarakat bisa dijadikan peluang usaha? Jawabannya: belum tentu. Pebisnis yang andal harus melakukan analisis peluang usaha untuk melihat potensi bisnisnya. Peluang usaha yang berhasil harus mendukung cara kerja bisnis, yakni memperoleh keuntungan sebesar-besarnya dengan upaya penyelesaian risiko yang akan dihadapi.

Setidaknya, peluang usaha yang potensial harus mencakup beberapa poin di bawah ini:

  1. Bersifat orisinal dan tidak meniru bisnis yang sudah ada;
  2. Bisa membawa perubahan, memenuhi kebutuhan target pasar, dan mengantisipasi persaingan pasar pada masa depan;
  3. Kelayakan usahanya benar-benar diuji dengan cara riset dan trial;
  4. Berupa ide kreatif dan inovatif dan belum pernah dijadikan usaha;
  5. Mampu bertahan lebih lama di pasar;
  6. Peluang usaha memiliki nilai jual sehingga ada keuntungan yang didapat; dan
  7. Sifatnya nyata dan bukan ambisi semata.

Alasan Pebisnis Harus Mencari Peluang Usaha

Pengusaha harus peka terhadap situasi agar mendapatkan peluang usaha dan memanfaatkan peluang tersebut sebagai bisnis atau usaha. Bisnis yang dijalankan sesuai peluang usaha bisa mendatangkan keuntungan atau profit bagi pemiliknya. 

Kebutuhan atau keinginan masyarakat di sekitar terpenuhi karena ada bisnis yang merealisasikan peluang usaha tersebut. Lagipula, peluang usaha biasanya lahir berdasarkan kebutuhan masyarakat di sekitarnya. Keuntungan ini bisa dirasakan dua belah pihak alias merupakan win-win solution antara bisnis dan pasar.

Itu adalah dampak eksplisit yang kita lihat. Ternyata, peluang usaha memberikan dampak implisit yang hanya dirasakan oleh pebisnis. Apa saja?

Baca Juga: Apa Itu Paylater dan Bagaimana Keuntungan serta Kekurangannya?

Pertama, pebisnis diajarkan untuk mandiri dan memanfaatkan peluang yang tersedia di depan mata. Peluang usaha mengajarkan mereka untuk tidak lagi bergantung pada orang lain, terutama soal finansial. Hal ini akan membawa pebisnis mengenal dan mencapai potensi diri seutuhnya, terutama saat menjalankan bisnis.

Kedua, pebisnis mampu memperluas jejaring (networking) yang dimiliki. Dalam dunia wiraswasta, networking menjadi nomor wahid karena membawa bisnis pada peluang baru. Mereka bisa memasarkan produk atau jasa kepada target pasar. Selain itu, pebisnis bisa bertemu serta berkenalan dengan mitra atau mentor yang bisa meningkatkan bisnis mereka.

Jadi, peluang usaha tidak hanya berguna untuk mengejar keuntungan atau profit. Kapasitas dan kemampuan pebisnis semakin meningkat jika mereka dilatih mencari peluang usaha sendiri.

Kegagalan dalam Memanfaatkan Peluang Usaha

Peluang usaha sudah banyak dan bisa dimanfaatkan sebagai ladang bisnis. Permasalahannya, banyak pebisnis yang gagal memanfaatkannya. Apa saja penyebab orang gagal memanfaatkan peluang usaha yang ada?

1. Tidak Menganalisis dengan Benar

Analisis peluang usaha berguna untuk melihat kekuatan, kesempatan, kelemahan, dan ancaman (SWOT) saat menjalankan usaha tersebut. Anda harus melakukan analisis dengan benar dan memahami empat faktor SWOT di atas. Jika tidak, usaha yang dibangun tidak bertahan lama atau berpotensi gagal pada masa depan.

2. Manajemen yang Buruk

Bisnis memerlukan manajemen yang baik agar berjalan sebagaimana mestinya, seperti manajemen keuangan, tenaga kerja, produksi, dan sejenisnya. Pengelolaan manajemen yang buruk akan memengaruhi usaha yang dijalankan. Contoh sederhananya, manajemen arus kas bisnis yang buruk akan memengaruhi kesehatan finansial perusahaan, bahkan berpotensi terjadinya korupsi.

Baca Juga: Syarat dan 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengajukan Kredit Tanpa Agunan di Bank

3. Pebisnis yang Mudah Menyerah

Kesalahan umum dalam menganalisis peluang usaha adalah pebisnis yang hanya berpatok pada tren. Padahal, tren bisa berubah sewaktu-waktu, bahkan tidak bertahan lama. Jika trennya sudah berganti, banyak pebisnis yang berhenti dan memutuskan untuk tidak lagi melirik peluang usaha baru serta mengembangkannya.

Setelah memahami pengertian peluang usaha beserta ciri-cirinya, apakah Anda mau memanfaatkan peluang tersebut dengan benar? Anda bisa memanfaatkan layanan pinjaman online dari Modalku untuk mengembangkan bisnis. Raih cita-cita Anda sebagai pebisnis bersama Modalku sekarang juga.

Tinggalkan Balasan