4 Tips Hemat Saat Belanja Online

Revolusi industri 4.0 yang bertumpu pada kecanggihan teknologi digital, telah banyak mengubah gaya hidup masyarakat. Salah satunya adalah aktivitas belanja yang kini bisa dilakukan secara online. Sistem pembayaran sekarang juga tinggal klik saja dari smartphone.

Hal inilah yang menyebabkan masyarakat (mungkin juga Anda) tanpa sadar melakukan pemborosan. Agar kantong tidak jebol karena terlalu asyik belanja online, berikut beberapa tips hemat yang sekaligus bisa menjadi cara mengelola keuangan Anda.

Lihat juga: “Belanja Online Lebih Boros? Kok Bisa”

Pilih Barang yang Benar-Benar Dibutuhkan

Tips pertama cara mengatur keuangan saat belanja online adalah membeli barang-barang yang benar-benar Anda butuhkan. Jangan terkena tipu daya kemudahan belanja online sehingga melakukan transaksi lebih dari yang seharusnya. Prioritaskan barang kebutuhan pokok yang sudah habis dan harus dibeli.

Agar lebih mudah, Anda juga bisa membuat daftar barang belanjaan sehingga lebih terarah dan tahu batasan dalam melakukan pengeluaran. Dengan memiliki daftar belanja, Anda tahu apa yang harus dibeli terlebih dahulu. Jangan sampai saat sudah proses belanja online, Anda tergiur dengan barang-barang lain sehingga lupa membeli barang yang lebih dibutuhkan.

Jangan Mudah Tergoda Diskon

Setiap e-commerce pasti sering melakukan promosi berupa potongan harga di setiap barang yang mereka jual. Besarnya diskon yang ditawarkan pun cukup beragam. Anda juga pastinya tak asing dengan Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) yang diperingati setiap tahun sekaligus menjadi hari di mana hampir semua e-commerce memberikan diskon besar-besaran.

Jika Anda tak ingin melakukan pemborosan dengan membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu urgent, maka jangan mudah tergiur dengan diskon dari toko online ini. Jika e-commerce langganan Anda sedang mengadakan diskon, manfaatkan waktu ini untuk membeli barang yang benar-benar dibutuhkan dengan harga yang lebih murah. Ini adalah cara mengatur keuangan agar tidak cepat habis.

Lihat juga: “5 Tips Agar Tidak Boros”

Belanja di E-commerce & Seller Terpercaya

Saat ini ada puluhan atau mungkin sudah ratusan jumlah e-commerce di Indonesia. Beberapa di antaranya pasti menjual barang yang sama. Agar tidak kena tipu, maka pastikan berbelanja online pada situs yang sudah terpercaya. Anda juga bisa melihat juga pada bagian review dari pelanggan sebelumnya, apakah situs tersebut bisa dipercaya dan barang yang dijual memiliki kualitas yang baik.

Hal ini untuk menghindarkan Anda dari situs e-commerce bodong yang melakukan penipuan dengan kedok menjual barang secara online. Ada juga toko online yang menjual produk imitasi atau mengirim barang yang berbeda dari yang ditampilkan. Maka dari itu, pastikan Anda melakukan transaksi di e-commerce & seller terpercaya.

Riset dan Bandingkan Harga Sebelum Membeli

Selain untuk melihat apakah suatu situs penjualan online tepercaya atau tidak, Anda juga bisa sekaligus membandingkan harga produk yang dijual. Dari sekian banyak toko online yang ada di Indonesia, pasti beberapa situs memiliki produk jualan yang sama. Nah, agar mendapatkan harga terbaik yang berarti lebih murah, bandingkan satu produk di beberapa ­e­-commerce.

Langkah satu ini memang cukup memakan waktu mengingat ada banyak e-commerce yang tersedia. Namun, jangan langsung tergiur jika menemukan produk dengan harga miring. Pastikan kualitas barang dengan melihat ulasan pembeli-pembeli sebelumnya.


Dengan segala kepraktisan dan kemudahan yang ditawarkan, berbelanja online memang rawan membuat Anda ketagihan hingga akhirnya berujung pada pemborosan. Kabar baiknya, Anda tetap bisa berhemat saat belanja online dengan menerapkan berbagai tips di atas. Happy shopping!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply