Sektor UMKM

4 Cara Sukses Usia Muda di Era Teknologi Digital

Definisi sukses pasti berbeda-beda bagi setiap orang. Namun, hampir semua orang pasti setuju bahwa seseorang bisa dikatakan sukses apabila ia bisa memberikan manfaat bagi banyak orang. Apalagi jika kesuksesan tersebut bisa dicapai di usia muda, pasti ada rasa bangga tersendiri.

Walaupun terlihat menantang, sukses di usia muda tidak mustahil diwujudkan. Apalagi sekarang kita hidup di era teknologi digital, di mana semuanya bisa lebih mudah dilakukan berkat keberadaan internet. Bahkan, diproyeksikan pada tahun 2019 ini, pengguna internet akan mencapai 175 juta atau 65,3% dari jumlah penduduk di Indonesia.

Jadi, memang sudah saatnya kita memaksimalkan internet demi mencapai kesuksesan di usia muda. Namun, bagaimana caranya?

Bangun Networking di Setiap Kesempatan

The more the merrier”

Anda mungkin sudah cukup sering mendengar atau membaca ungkapan tersebut, baik di buku, film, maupun status-status di media sosial. Artinya, semakin banyak orang yang terlibat dalam sebuah situasi, maka situasi tersebut akan menjadi lebih baik. Nah, hal yang sama juga bisa berlaku untuk membantu Anda mencapai kesuksesan di usia muda. Caranya adalah dengan networking.

Networking memberi kesempatan kepada Anda untuk berkenalan dengan orang-orang baru. Setiap orang pastinya memiliki latar belakang yang berbeda-beda, baik dari segi profesi, pendidikan, hingga pengalaman. Berkenalan dengan orang-orang baru pun akan memberikan Anda banyak sudut pandang dan insight baru. Semakin luas networking Anda, maka semakin banyak orang yang bisa membantu Anda mencapai kesuksesan.

Temukan Passion Anda

Sudah ada begitu banyak buku dan artikel yang menyarankan kita untuk bekerja sesuai passion. Bahkan ada kutipan yang mengatakan bahwa jika kita memilih pekerjaan yang kita cintai, maka kita tidak akan merasa harus bekerja setiap harinya. Namun, benarkah begitu?

Tidak ada yang memungkiri bahwa melakukan sesuatu berdasarkan passion memang menyenangkan. Apalagi jika Anda bisa menekuninya sebagai sebuah profesi. Walaupun begitu, bukan berarti jalan menuju kesuksesan Anda akan selalu mulus. Selalu ada tantangan yang menghadang. Namun, karena passion, Anda pun memiliki kekuatan untuk menghadapi semua tantangan. Passion menjadi “bahan bakar” yang memberi Anda dorongan untuk terus maju demi mencapai sukses di usia muda.

Masalahnya, tidak semua orang bisa beruntung dapat mengenali passion mereka. Di sinilah teknologi digital bisa membantu Anda. Coba tanya kepada diri Anda sendiri, keahlian apa yang ingin dipelajari? Lalu, manfaatkan internet untuk belajar, bisa dari artikel, podcast, atau video online course. Apabila ternyata Anda kurang menyukai materinya, Anda bisa move on mempelajari hal lainnya.

Lihat juga: “Mengapa Passion Diperlukan Saat Bekerja di Startup?”

Pelajari Hal Baru Setiap Hari

Poin satu ini masih sedikit berhubungan dengan poin sebelumnya. Bagi yang sampai sekarang masih kesulitan menemukan passion, mau tidak mau Anda harus menggali kemampuan diri. Caranya adalah dengan terus mempelajari hal-hal baru setiap hari. Semakin banyak ilmu yang Anda dapat, lama kelamaan Anda pasti bisa menemukan satu hal spesifik yang benar-benar membuat Anda berkata, This is what I love!”

Terlebih, ilmu-ilmu yang Anda dapat selama belajar pasti akan berguna untuk membantu kesuksesan Anda. Apalagi di era teknologi digital seperti sekarang, mempelajari hal baru sangatlah mudah dilakukan. Dulu, Anda mungkin harus langganan koran atau datang ke perpustakaan untuk mendapat bacaan atau materi baru.

Namun, kini Anda bisa melakukannya dengan lebih mudah melalui internet. Platform-platform seperti YouTube dan Google sangat memudahkan Anda untuk mempelajari hal-hal baru setiap hari. Agar tidak bosan, Anda bisa mengombinasikan metode pembelajaran. Misalnya, hari ini Anda mendengarkan podcast, besok menonton video, hari ketiga membaca artikel, dan seterusnya.

Jangan Ragu untuk Berkolaborasi

Masih ingat dengan poin pertama tentang networking? Ingat, kesuksesan akan lebih mudah dicapai bersama. Nah, networking mampu membuka pintu yang lebih luas bagi Anda untuk melakukan kolaborasi. Anda bisa membangun bisnis atau menciptakan sebuah proyek positif yang bermanfaat sekaligus profitable.

Misalnya, saat ini Anda mempunyai ide untuk membuat sebuah aplikasi yang mempertemukan kolektor buku dengan calon peminjam. Namun, Anda tidak memiliki background IT untuk membuat aplikasi tersebut. Nah, di sinilah Anda bisa berkolaborasi dengan orang lain yang ahli dalam bidang tersebut. Siapa tahu orang ini juga memiliki kenalan yang bisa membantu Anda untuk mengembangkan aplikasi. Kolaborasi ini hanya bisa tercipta apabila Anda bersedia membuka diri untuk networking.

Lebih lanjut: “Membangun Semangat di Tengah Perlambatan Ekonomi”


Berkat kemajuan teknologi digital, sukses di usia muda tidaklah mustahil diwujudkan. Selama memiliki niat, komitmen, dan konsistensi, Anda pasti bisa meraih sukses di usia muda. Good luck!

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan kredit modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi dana.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Recent Posts

Mengunggah dan Membagikan Dokumen Dengan Aman

Di dunia digital saat ini, berbagi dokumen secara online telah membuat komunikasi menjadi lebih mudah…

1 hari ago

Tips Manajemen Stok Barang untuk Bisnis UKM Offline

Manajemen stok barang yang efektif tidak hanya menguntungkan toko online, tapi juga bisnis yang beroperasi…

5 hari ago

Seluk-beluk Modal Ventura untuk Kesuksesan UKM

Bagi UKM yang sedang membutuhkan dana untuk menjalankan bisnis, modal ventura layak dipertimbangkan. Yuk, kenali…

1 minggu ago

Manfaat Transparansi Keuangan dan Cara Menerapkannya

Bagaimana cara menerapkan transparansi keuangan dalam bisnis agar meningkatkan kepercayaan pegawai hingga mendukung pengambilan keputusan?

2 minggu ago

6 Cara Mengurangi Beban Pajak Usaha untuk UKM

Mengurangi beban pajak usaha efektif untuk menekan pengeluaran UKM. Begini cara yang bisa Anda lakukan…

3 minggu ago

Manfaat dan Tips Pengembangan SDM dalam UKM

Tanpa SDM berkualitas, UKM Anda akan lebih sulit bertahan di tengah persaingan pasar. Simak bagaimana…

4 minggu ago