Bisnis

Manfaat dan Tips Pengembangan SDM dalam UKM

Kesuksesan jangka panjang sebuah UKM sangat bergantung pada banyak hal, salah satunya kualitas sumber daya manusia. Mengapa SDM termasuk salah satunya? Sebab, tanpa adanya pegawai, Anda tidak bisa melaksanakan strategi bisnis dengan baik. Nah, untuk meningkatkan kualitas kerja dan kemampuan mereka, Anda perlu strategi pengembangan SDM yang tepat. Tapi, bagaimana cara melakukannya? Anda bisa menyimak selengkapnya melalui tulisan ini!

Manfaat Pengembangan SDM untuk UKM

Dengan pengembangan SDM yang efektif, Anda bisa menikmati ketiga manfaat berikut yang akan sangat mendukung kesuksesan jangka panjang perusahaan Anda:

1. Menciptakan budaya kerja yang positif

Karyawan yang merasa percaya diri dengan kemampuan dan kompetensi mereka untuk menyelesaikan tugas penting tentunya akan lebih termotivasi untuk bekerja keras, aktif berkontribusi dengan ide kreatif, dan bersaing dengan sehat.

Semua kebiasaan tersebut pada akhirnya akan menciptakan budaya kerja positif. Apalagi, lingkungan kerja sangatlah penting untuk menjaga motivasi karyawan agar mereka tidak mudah merasa tertekan atau stagnan.

2. Mendorong produktivitas kerja

Pengembangan SDM tidak hanya menumbuhkan kepercayaan diri yang diperlukan untuk membangun lingkungan kerja yang sehat, tapi juga bisa mendorong produktivitas. Apa rahasianya? Ketika karyawan Anda sudah mendapatkan pelatihan dan motivasi kerja, mereka bisa menyelesaikan lebih banyak tugas dengan lebih mudah dalam waktu singkat.

3. Meningkatkan kualitas layanan dan produk untuk konsumen

Pengembangan SDM akan membawa efek positif bagi kualitas kerja para pegawai Anda, sehingga mereka pun bisa menghasilkan output yang lebih baik bagi konsumen. Dengan kata lain, kualitas dari layanan dan produk yang diterima oleh pelanggan Anda sangat bergantung pada kemampuan dan karakter personel bisnis Anda.

Manfaat ini akan memastikan bahwa Anda bisa memperoleh dan mempertahankan pelanggan hingga setia dengan brand Anda. Jadi, bisnis Anda pun akan tetap sukses dengan pemasukan yang terjamin, awareness yang tinggi, dan reputasi yang baik.

Tips Pengembangan SDM yang Efektif

Jadi, apa saja yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan semua manfaat di atas? Kuncinya, pastikan Anda menerapkan 4 tahapan berikut untuk strategi pengembangan SDM di perusahaan Anda:

1. Buat proses yang jelas dan teratur

Kunci keberhasilan pertama dari strategi pengembangan SDM Anda adalah keberadaan proses yang tertulis secara jelas. Artinya, Anda harus mendokumentasikan semua tahapan yang akan dilewati calon karyawan maupun karyawan existing jika mereka ingin mendapatkan bantuan ekstra dari perusahaan atau maju ke jenjang karier berikutnya. 

Misalnya, mungkin pegawai baru di perusahaan Anda harus lolos masa probation selama setidaknya 6 bulan sebelum bisa menjadi pekerja tetap.

2. Kenali karyawan sebaik mungkin

Agar program pengembangan SDM Anda lebih efektif, Anda harus mengenal seluk-beluk karyawan Anda. Sebagai batu loncatan awal, Anda bisa mengidentifikasi apa saja kesibukan mereka, hal-hal kesukaan mereka, dan apa yang ingin mereka capai dalam waktu beberapa tahun ke depan. 

Setelah itu, barulah Anda dapat merancang program pengembangan. Dengan demikian, mereka akan merasa diapresiasi sekaligus tertantang pada saat yang bersamaan agar tidak mudah bosan.

3. Lakukan pelatihan rutin

Untuk mengembangkan kemampuan teknis karyawan, Anda perlu melakukan pelatihan secara berkala. Idealnya, topik pelatihan ini perlu berkaitan dengan celah skill yang perlu diisi dan isu yang sedang penting saat ini. 

Misalnya, kalau Anda mendapati bahwa kasus pencurian data sedang marak dan karyawan Anda tidak mengetahui cara melindungi diri dari kejahatan tersebut di saat pekerjaan mereka bisa terdampak, Anda bisa mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kesadaran.

4. Berikan evaluasi dan feedback secara berkala

Terkadang, pegawai Anda bisa saja kesulitan menilai kemampuan, karakter, dan kualitas kerja mereka secara mandiri. Jadi, sebagai pemimpin perusahaan, Anda perlu memberikan bantuan berupa masukan rutin sebagai bagian dari program pengembangan SDM. 

Contohnya, Anda bisa mengadakan sesi coaching seminggu sekali atau bahkan performance review setiap beberapa bulan sekali untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan pegawai, serta cara untuk meningkatkannya.

Bergantung dari skala program dan perusahaan Anda saat ini, proses pengembangan SDM secara menyeluruh bisa membutuhkan sejumlah dana. Tapi, Anda tidak perlu khawatir apabila Anda butuh bantuan finansial untuk mewujudkan program tersebut. Sebab, Modalku hadir dengan layanan pendanaan kredit hingga Rp2 miliar dengan tenor hingga 12 bulan untuk UKM berbadan usaha PT atau CV di Jabodetabek dan Surabaya.

Setelah mengajukan permohonan secara online, Anda bisa mendapatkan pendanaan dalam bentuk invoice financing & account payable financing, business term loan, modal proyek, atau APF PayLater yang dapat disesuaikan dengan model bisnis Anda. Kabar gembiranya, Anda juga tidak perlu agunan sama sekali untuk mendapatkan manfaat tersebut! Mau tahu selengkapnya? Klik di sini untuk mengetahui tahapan pengajuan dan detail produknya!

Ajukan Modal Usaha

Recent Posts

Tips Manajemen Stok Barang untuk Bisnis UKM Offline

Manajemen stok barang yang efektif tidak hanya menguntungkan toko online, tapi juga bisnis yang beroperasi…

4 hari ago

Seluk-beluk Modal Ventura untuk Kesuksesan UKM

Bagi UKM yang sedang membutuhkan dana untuk menjalankan bisnis, modal ventura layak dipertimbangkan. Yuk, kenali…

1 minggu ago

Manfaat Transparansi Keuangan dan Cara Menerapkannya

Bagaimana cara menerapkan transparansi keuangan dalam bisnis agar meningkatkan kepercayaan pegawai hingga mendukung pengambilan keputusan?

2 minggu ago

6 Cara Mengurangi Beban Pajak Usaha untuk UKM

Mengurangi beban pajak usaha efektif untuk menekan pengeluaran UKM. Begini cara yang bisa Anda lakukan…

3 minggu ago

Cara Membuat Jadwal Kerja yang Efektif untuk Karyawan Anda

Bingung soal cara membuat jadwal kerja yang tepat untuk karyawan perusahaan Anda? Tenang, Anda bisa…

4 minggu ago

Tips Menjaga Hubungan Bisnis yang Baik dengan Supplier

Anda perlu menjaga hubungan bisnis yang baik dengan supplier agar bisnis bisa berjalan. Lakukan 6…

1 bulan ago