5 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dalam Bisnis

Loyalitas pelanggan adalah aset sebuah bisnis yang utama selain alat produksi dan modal. Pelanggan merupakan salah satu pilar yang menentukan apakah bisnis atau usaha Anda sukses atau tidak. Oleh karena itu, pelanggan harus dipertahankan agar mereka tetap loyal menggunakan produk atau jasa dari brand Anda. Setidaknya, ada lima cara yang bisa Anda terapkan bila ingin meningkatkan loyalitas pelanggan, baik itu dari segi pelayanan, karyawan, hingga produk yang ditawarkan dalam ulasan berikut.

Beri Program Reward

Cara ampuh yang sering dilakukan oleh brand untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dari dulu sampai sekarang adalah lewat program reward. Meski terbilang konvensional, ternyata cara tersebut sudah terbukti. Misalnya saja memberikan hadiah kepada pelanggan dengan member tertentu maupun pada saat hari-hari penting, seperti ketika Harbolnas, Hari Raya, akhir tahun, dan lainnya.

Reward ini meskipun tidak terlihat mewah namun dapat berkesan bagi pelanggan. Di sini, Anda dapat memberikan potongan harga untuk produk tertentu atau bisa dengan memberikan poin belanja yang dapat ditukarkan dengan produk lainnya. Anda pun bisa memberikan akses layanan eksklusif. Ketika Anda sering memberikan reward, citra brand pun meningkat dan tak jarang pelanggan ini menyebarkan tentang citra baik itu kepada banyak orang.

Lebih lanjut: Kolaborasi: Cara Kerja Startup Memanjakan Pelanggan

Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Setelah memberikan program reward sebagai wujud tanda terima kasih kepada pelanggan, cara lainnya dalam menjaga loyalitas pelanggan adalah dengan meningkatkan pelayanan. Meningkatkan kualitas pelayanan setidaknya ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seperti:

  • Transparansi kepada pelanggan mengenai transaksi pembayaran, produk, atau jasa yang ditawarkan tanpa harus mempromosikan secara berlebihan.
  • Melayani keluhan pelanggan dengan cepat dan tanggap serta cara-cara yang ramah. Anda bisa menjadi pendengar yang baik dan buatlah percakapan yang mengalir agar pelanggan tidak bosan. Lalu, kemukakan solusi terbaik kepada mereka tanpa harus merugikannya.
  • Bila perlu, buatlah kuesioner mengenai kepuasan pelanggan. Hal ini untuk mengukur sejauh mana mereka puas dengan brand Anda. Selain itu, juga untuk mengevaluasi apa saja kekurangan yang harus dibenahi dan meningkatkan pelayanan yang sudah ada sebelumnya.

Lakukan Training Karyawan

Melakukan pelatihan untuk karyawan Anda berkaitan pula dengan cara meningkatkan loyalitas pelanggan ini. Misalnya saja dengan mendidik karyawan, terutama bagi karyawan baru, tentang cara profesional dan efektif saat melayani pelanggan. Kenalkan pula beberapa skenario situasi agar karyawan nantinya lebih siap menghadapi masalah pelanggan.

Lalu, kenalkan juga SOP perusahaan. SOP ini adalah tata krama atau etika perusahaan untuk mencapai sebuah tujuan. Tak ketinggalan pula, Anda perlu mengenalkan pengetahuan mengenai produk maupun layanan yang diberikan kepada pelanggan. Tujuannya agar si karyawan ini bisa merespon dengan cepat bila ada keluhan dari pelanggan.

Engage dengan Pelanggan

Setelah pelanggan melakukan pembelian, usahakan Anda tetap terhubung dengan mereka dengan cara engagement yang persuasif akan membuat pelanggan dihargai. Engagement tersebut bisa dilakukan misalnya lewat ucapan terima kasih karena sudah membeli dan menggunakan jasa brand Anda melalui email atau bisa juga berinteraksi lewat media sosial.

Sebagaimana dikatakan oleh penulis The Influencers, Paul Gillin, yang mengatakan jika saat ini banyak pelanggan lebih banyak melihat media sosial daripada iklan produk. Upaya-upaya seperti ini jelas akan meningkatkan loyalitas maupun kepuasan pelanggan melalui konten-konten menarik seputar produk dan hal yang related dengan kehidupan mereka. Selain itu, jangkauan media sosial pun sangat luas, sehingga juga mampu menjaring pelanggan baru.

Anda mungkin tertarik: Langkah Mudah Membangun Koneksi Bisnis

Upgrade Produk atau Jasa yang Ditawarkan

Meningkatkan loyalitas pelanggan tidak hanya terpaku pada pelayanan dan pelatihan para karyawannya saja, kualitas produk maupun jasa yang ditawarkan pun perlu di-upgrade dengan fitur-fitur baru. Bila konsumen atau pelanggan Anda tidak puas dengan produk atau jasa yang ditawarkan, bukan tidak mungkin mereka akan meninggalkan brand karena dinilai tidak inovatif.

Ingat, kebutuhan pelanggan selalu dinamis. Apabila Anda tidak jeli melihat perkembangan tren kebutuhan pelanggan dan tidak bisa memenuhi apa yang mereka inginkan pada produk maupun jasa yang ditawarkan, mereka akan beralih ke brand lain. Selain itu, saat Anda tidak jeli melihat peluang, ini merupakan suatu kesempatan bagi kompetitor untuk “merebut” pelanggan setia Anda.

Setidaknya, itulah beberapa cara meningkatkan loyalitas pelanggan yang penting untuk Anda perhatikan. Lakukanlah cara-cara di atas secara konsisten untuk mendukung bisnis yang sedang Anda jalani. Jadi, tunggu apa lagi? Terapkanlah poin di atas dan lihat hasilnya kemudian hari.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply