Ikuti 4 Tips Ini Untuk Mengatur Keuangan Keluarga

Mengatur keuangan keluarga memang bukanlah hal yang mudah. Anda harus bisa menjaga pemasukan dan pengeluaran agar tetap seimbang. Namun, karena tuntutan gaya hidup, seringkali pengeluaran menjadi lebih besar dari pada pemasukan. Jika tidak diatasi segera, kondisi tersebut dapat mempengaruhi kesehatan keuangan dalam jangka panjang.

Pentingnya untuk Mengatur Keuangan Keluarga

Bagi pasangan yang baru menikah, belajar mengatur keuangan adalah kewajiban. Biasanya, kondisi keuangan yang tidak harmonis akan berujung pada rumah tangga yang tidak harmonis pula. Mengapa demikian? Berikut penjelasan lebih lanjut:

Memiliki Masa Depan yang Lebih baik

Setiap orang tentunya ingin memiliki masa depan yang lebih baik. Bagi orang yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, pendidikan adalah prioritas. Saat nantinya memasuki usia pensiun, kehidupan yang tenang dan damai tanpa memiliki masalah keuangan adalah impian jangka panjang. Hal-hal tersebut bisa Anda dapatkan jika Anda mengatur keuangan dengan baik. Maka dari itu, mulailah melakukan perencanaan keuangan jangka panjang sedini mungkin.

Bisa Hidup dengan Tenang

Memiliki hidup yang tenang dan terhindar dari masalah tentunya menjadi keinginan setiap orang. Namun, saat sudah berkeluarga, masalah keuangan mudah menghampiri. Jika Anda kesulitan mengatur keuangan dengan benar, secara otomatis hidup Anda akan dibayang-bayangi masalah keuangan. Itulah mengapa, dengan mengatur keuangan secara, hidup Anda menjadi lebih tenang dan terhindar dari masalah finansial seperti pelunasan tagihan hingga penumpukan utang.

Tidak hanya dengan metode konvensional, Anda juga dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mengelola keuangan, lho! Simak kemudahannya di artikel ini: “Bagaimana Cara Mengelola Keuangan Ala Digital?”

Tips Mengatur Keuangan Keluarga

Setelah mengetahui pentingnya mengatur keuangan keluarga, kini Anda juga harus mengetahui tips-tips ampuh untuk mewujudkan kesehatan finansial. Simak ulasan di bawah ini!

Susun Skala Prioritas

Langkah pertama untuk mencapai kondisi finansial yang sehat adalah membuat skala prioritas. Tentukanlah apa saja keperluan yang harus Anda dipenuhi terlebih dahulu. Setelah itu, lihat mana saja kebutuhan yang paling penting dan harus dilengkapi. Misalnya, Jika Anda memiliki hutang atau cicilan, maka prioritaskan pelunasan tagihan dan utang tersebut.  

Catat Setiap Pengeluaran dan Pemasukan

Tips yang satu ini mungkin terdengar agak sulit untuk dilakukan, apalagi jika Anda termasuk orang yang sibuk. Namun, mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan sangatlah penting untuk dilakukan. Dengan melakukan langkah ini, Anda akan mengetahui berapa banyak uang yang dikeluarkan setiap bulannya. Anda juga bisa mengetahui apakah pengeluaran Anda sudah cocok dengan perencanan yang sudah dibuat dalam skala prioritas. Mencatat setiap pengeluaran ini juga bisa mencegah Anda untuk berperilaku boros.

Buat Beberapa Tabungan

Kebutuhan bulanan untuk keluarga memang cukup banyak, tapi bukan berarti Anda tidak bisa menabung. Hal yang satu ini tetap perlu dilakukan jika Anda ingin disiplin hidup hemat dan memiliki masa depan yang lebih cerah. Tabungan yang dimiliki pun sebaiknya tidak hanya satu saja. Anda bisa membuat beberapa tabungan, seperti tabungan pendidikan anak, tabungan dana pensiun, dan tabungan untuk dana darurat. Jika memiliki dana berlebih, tidak ada salahnya juga jika Anda berinvestasi untuk memperoleh pendapatan pasif.

Lakukan Evaluasi Keuangan Setiap Bulan

Setelah mencatat setiap pengeluaran dan pendapatan tiap bulan, langkah selanjutnya adalah melakukan evaluasi. Ketahui apakah uang yang dikeluarkan memang telah digunakan untuk hal yang diprioritaskan. Misalnya, jika masih terdapat pengeluaran yang cukup banyak untuk hal yang tidak terlalu penting, maka di bulan selanjutnya Anda harus memangkas pengeluaran pada hal-hal tersebut. Semakin baik evaluasi Anda, maka akan semakin bijak pula Anda dalam mengatur keuangan.

Seringkali Anda akan menghadapi berbagai tantangan dalam mengelola keuangan, namun jangan sampai kalah dengan tantangan-tantangan tersebut. Dalam berkeluarga, kerja sama adalah faktor yang sangat penting. Maka, bangunlah kerja sama dengan pasangan dan anggota keluarga lainnya untuk mengatur keuangan dengan baik. Selamat mencoba!

Jika kondisi keuangan Anda sudah dirasa mapan, tidak ada salahnya untuk memberikan penghargaan terhadap kerja keras Anda dengan berlibur. Ikuti tips untuk mengatur keuangan agar bisa liburan di sini!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply