Cara Menghemat Uang untuk yang Punya Hobi Mahal

can save money in expensive hobby

Setiap orang memiliki kegemaran atau hobi yang berbeda-beda. Beberapa hobi membutuhkan modal yang cukup mahal, misalnya hobi mengoleksi action figure atau barang-barang antik. Selama bisa memberikan kepuasan hati, hobi mahal bukan masalah. Namun, Anda perlu menemukan cara menghemat uang agar hobi tersebut tetap berjalan.

Maka dari itu, agar kantong Anda tetap aman ketika menekuni hobi mahal, ada beberapa tips hemat yang patut untuk dilakukan. Apa saja yang harus dilakukan? Yuk, simak!

Tetapkan Anggaran Setiap Bulan

Hobi mahal terkadang menuntut Anda untuk mengeluarkan biaya ekstra. Oleh karena itu, penting untuk selalu menetapkan besaran anggaran setiap bulannya. Jangan sampai hobi mahal ini membebani biaya pengeluaran pokok. Anda harus mengalokasikannya untuk anggaran penting terlebih dahulu. Setelah kewajiban bulanan terpenuhi, barulah Anda tentukan besaran untuk anggaran hobi.

Anda bisa menyisihkan 10-12 persen dari pendapatan per bulan untuk anggaran hobi. Ini adalah cara menghemat uang yang efektif. Bila ingin membeli sesuatu yang lebih mahal, tidak ada salahnya untuk menabung terlebih dahulu hingga dana terkumpul semua. Memang, untuk hal satu ini Anda dituntut sedikit bersabar. Jika barang tersebut benar-benar langka, sebaiknya rencanakan menabung sejak jauh-jauh hari sebelumnya.

Lebih lanjut: “Bagaimana Cara Mengelola Keuangan Ala Digital?”

Hemat Uang dengan Berburu Diskon

Berburu barang atau produk khusus demi memuaskan hobi tidak selamanya mudah. Jika barang yang dicari tidak ada di toko konvensional, mau tak mau Anda pun harus coba berbelanja online. Namun, jangan buru-buru melakukan pembelian. Lakukan riset kecil-kecilan untuk membandingkan harga dan kualitas. Usahakan untuk mendapatkan barang dengan harga paling miring, tetapi dengan kualitas yang tidak abal-abal. Cara menghemat uang yang satu ini akan mengamankan dompet Anda.

Pada saat-saat tertentu, ketika belanja online untuk benda seperti action figure misalnya, ada harga yang cukup murah ditawarkan. Inilah kesempatan Anda untuk mendapatkan barang berkualitas terbaik dengan harga murah, bahkan diskon hingga 70-80 persen. Dengan cara ini, pengeluaran Anda akan sedikit aman bila dibandingkan membeli barang untuk hobi mahal tanpa adanya diskon. Anda pun bisa mengalokasikan sisa anggaran tersebut untuk keperluan lain yang tidak kalah pentingnya. Atau Anda bisa menabungnya untuk membeli barang lainnya di kemudian hari.

Ikut Komunitas

Langkah selanjutnya untuk menghemat pengeluaran ketika memiliki hobi mahal adalah dengan ikut komunitas hobi. Dengan berkumpul bersama antara pecinta hobi mahal, Anda akan banyak mendapatkan informasi sekaligus penawaran yang menarik. Misalnya saja di toko mana Anda bisa mendapatkan barang bagus dengan harga murah hingga cara merawat barang tersebut agar tidak cepat rusak. Bayangkan saja, jika perawatan tidak baik, benda atau barang mahal tersebut tentu akan rusak dan jelas ini membutuhkan biaya yang juga tak sedikit untuk perbaikan.

Selain itu, ketika Anda bergabung dengan komunitas hobi mahal, baik itu untuk action figure atau hal lainnya, Anda pun bisa saling meminjamkan koleksi. Bertukar koleksi menjadi salah satu pilihan alternatif guna mencegah jebolnya anggaran pengeluaran Anda per bulan untuk berburu suatu barang dari hobi Anda.

Siapkan Rencana dengan Matang

Hal lainnya yang tidak kalah penting agar bisa hemat menekuni hobi mahal adalah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Baik itu ketika ingin berbelanja barang hobi secara online maupun offline. Sah-sah saja membeli barang untuk hobi demi kepuasan diri. Akan tetapi, ada cara lain pula yang bisa Anda lakukan dan mungkin saja lebih bermanfaat, misalnya traveling.

Lihat juga: “Tips Mengatur Keuangan untuk Liburan”

Selanjutnya, pastikan pula ketika Anda membeli barang, jangan terkecoh oleh harganya. Harga mahal belum tentu memiliki kualitas bagus, oleh sebab itu Anda perlu melakukan riset. Kemudian, pastikan Anda membeli benda atau barang sesuai kemampuan. Jangan memaksakan diri apabila kondisi finansial memang belum memungkinkan.

Selain beberapa tips di atas, hal yang juga tak kalah penting ketika Anda menekuni hobi mahal adalah memastikan kontrol diri berjalan dengan baik. Dengan demikian, Anda bisa menekan pengeluaran yang kurang penting. Selamat bersenang-senang dengan hobi Anda!


Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 

Leave a Reply