Tips Marketing Plan Ciamik untuk Bisnis Tahun 2023

Tips Marketing Plan Ciamik untuk Bisnis tahun 2022

Marketing plan atau rencana pemasaran merupakan suatu susunan rencana yang digunakan untuk mengatur, melaksanakan, sekaligus melacak strategi pemasaran bisnis selama periode tertentu. Menyusun marketing plan akan membantu Anda dalam merancang strategi untuk setiap kampanye promosi, menentukan buyer persona, merancang anggaran, hingga mengevaluasi hasil. Seluruh informasi ini akan membantu Anda lebih mudah mencapai tujuan bisnis yang diharapkan.

Berencana untuk memulai bisnis pada tahun 2023? Maka Anda harus mulai menyusun marketing plan mulai dari sekarang. Tidak perlu bingung, artikel kali ini akan membahas tips merancang sebuah marketing plan yang ciamik untuk mempersiapkan bisnis Anda pada tahun 2023.

Menyusun perencanaan yang berhubungan dengan bisnis, utamanya perencanaan mengenai strategi marketing Anda, tentu tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Agar perencanaan Anda membuahkan hasil yang optimal, berikut tips menyusun marketing plan yang dapat diterapkan.

Untuk menjalankan marketing plan, Anda tidak harus mengeksekusi semua rencana sendirian. Ada jasa digital marketing yang dapat Anda gunakan.

1.Tentukan dulu tujuan bisnis

Langkah pertama Anda dalam menulis marketing plan adalah menyatakan tujuan Anda. Meskipun tujuan perencanaan marketing akan fokus pada bagian pemasaran, sebaiknya tujuan yang Anda buat harus tetap selaras dengan tujuan utama bisnis.

Tulis tujuan yang ingin dicapai, namun jangan terlalu spesifik. Sediakan sedikit ruang dalam rencana pemasaran Anda sebagai peluang pengembangan yang lebih luas dan lebih relevan dengan situasi pasar serta kompetitor bisnis.

2. Kenali target pasar

Sebuah marketing plan tidak akan lengkap tanpa pemahaman mengenai target pasar Anda. Pastikan Anda sudah mengenali target pasar dengan baik sebelum merancang strategi marketing.

Akan lebih baik lagi jika Anda menyusun buyer persona. Ini merupakan sebuah deskripsi mengenai konsumen yang ingin Anda tarik. Buyer persona bisa mencantumkan usia, jenis kelamin, lokasi, hingga kebiasaan konsumen yang Anda bidik. Tiap persona yang Anda buat harus secara langsung mencerminkan pelanggan dan calon pelanggan bisnis Anda.

3. Lakukan riset kompetitor

Bagian dari strategi pemasaran adalah mengetahui lawan pemasaran Anda. Telitilah pemain kunci dalam industri Anda dan coba deskripsikan kelebihan dan kekurangan mereka.

Perlu diingat, tiap pesaing bisa saja menimbulkan tantangan yang berbeda untuk bisnis Anda. Misalnya, pesaing A ternyata lebih unggul dalam promosi media sosial, tapi pesaing B justru memiliki kekuatan yang masif dalam hal pemasaran word of mouth.

4. Merancang KPI agar progres marketing terukur

Sebuah rencana pemasaran yang baik pasti dapat diukur perkembangannya. Untuk itu, Anda juga harus menentukan KPI (key performance indicator). Ini merupakan sebuah metrik yang mengukur berbagai elemen kampanye pemasaran Anda. KPI akan membantu Anda menetapkan tujuan jangka pendek dalam misi pemasaran Anda, sekaligus melaporkan kemajuan strategi Anda kepada para pemimpin bisnis.

5. Jangan lupa mengatur budgeting

Strategi marketing Anda mungkin memanfaatkan banyak platform gratis, seperti media sosial, tapi dalam pelaksanaannya tentu ada beberapa biaya yang harus dikeluarkan. Misalnya seperti pengeluaran untuk membayar freelance atau untuk berlangganan advertising tool. Agar pengeluaran tersebut tetap terlacak, usahakan untuk membuat rencana anggaran sebelum menjalankan strategi pemasaran bisnis Anda.

6. Susun strategi konten

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyusun strategi konten Anda. Bagian ini mencakup pemilihan platform serta strategi agar konten yang mengisi platform tersebut bisa menarik lebih banyak pelanggan.

Sesuaikanlah platform dengan buyer persona Anda. Katakanlah Anda menjual perlengkapan bayi, maka sebaiknya pilihlah platform media sosial yang sering diakses oleh para ibu. Begitu pula dengan aspek komunikasinya, tentu harus disesuaikan dengan karakter target pasar Anda.

Baca juga: 6 Ide Konten TikTok untuk Promosi

7. Manfaatkan marketing tool

Tidak ada salahnya sama sekali untuk memanfaatkan dukungan teknologi dalam merancang marketing plan bisnis Anda. Justru sebaliknya, pemanfaatan teknologi marketing tool akan membuat perencanaan Anda semakin kaya dan relevan.

Menariknya lagi, sekarang sudah ada banyak sekali marketing tool yang bisa Anda akses secara gratis. Itu artinya, Anda tidak perlu mengeluarkan budget tambahan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran bisnis Anda.

Dari sini, bisa diketahui bahwa marketing plan dapat membantu pemilik bisnis dalam merancang, melaksanakan, serta melacak performa strategi pemasaran mereka. Nah, bagi yang berencana untuk merintis bisnis sendiri tahun 2023 nanti, Anda juga perlu memikirkan tentang modal di samping marketing plan. Tidak perlu bingung, kini sudah ada pendanaan dari Modalku.

Melalui program pendanaan Modal Kawan Mikro, Anda bisa mengajukan pendanaan tanpa persyaratan yang memberatkan. Dana pun bisa langsung dicairkan ke rekening Anda. Selain itu, tenor yang ditawarkan juga fleksibel, mulai dari 3, 6, hingga 12 bulan. Yuk, wujudkan resolusi punya bisnis sendiri tahun 2023 bersama Modalku! Klik tombol di bawah untuk ajukan kredit usaha:

Ajukan Sekarang!

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan kredit modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi dana.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat ModalkuĀ di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? KlikĀ di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan