6 Langkah-langkah Memulai Bisnis Saat Pandemi

6 langkah memulai bisnis

Membuka usaha di masa pandemi bisa menjadi suatu peluang mendapatkan penghasilan bagi Anda. Menjadi bos untuk diri sendiri dengan waktu kerja yang fleksibel dan keuntungan yang 100% dimiliki sendiri tentunya terdengar menggiurkan. Meskipun begitu, orang yang baru pertama kali membuka dunia usaha mungkin belum tahu langkah-langkah dalam memulai bisnis.

Pasalnya, ada banyak hal yang harus dipersiapkan, apalagi jika Anda memulai semuanya dari nol tanpa pengalaman sebelumnya. Tapi, jangan khawatir. Meskipun awalnya terlihat menantang, di bawah ini ada tips dan langkah-langkah dalam memulai bisnis yang bisa Anda segera coba lakukan. Kita simak bersama, yuk!

1. Tentukan usaha di masa pandemi yang tepat

Banyak langkah-langkah dalam memulai bisnis yang bisa Anda mulai lakukan sekarang. Pertama, tentukan usaha di masa pandemi seperti apa yang ingin Anda bangun. Jika masih belum ada gambaran, Anda bisa memilih dari hal yang Anda suka. Contohnya jika Anda menyukai makanan dan minuman kekinian, Anda bisa mencoba mencari lantas meracik sendiri menu-menu kesukaan Anda.

Cara ini akan memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis juga dalam menghadirkan inovasi ke depannya. Selain karena Anda sudah memiliki pondasi yang dibutuhkan, Anda pun akan memulai bisnis dengan menempatkan diri sebagai konsumen.

Baca juga: Peluang Usaha di Masa Pendemi, Apa Saja Ya?

2. Riset

Setelah menentukan usaha apa yang ingin Anda buat, lakukan riset untuk mendapatkan gambaran, apakah usaha Anda akan berhasil atau tidak. Perlu diingat bahwa riset adalah langkah-langkah dalam memulai bisnis yang sangat penting, sebab Anda juga akan bisa mendapatkan data mengenai tren atau hal viral yang digandrungi oleh masyarakat saat ini. Hal ini diperlukan untuk menyesuaikan strategi marketing seperti apa yang akan Anda butuhkan.

Cobalah jawab pertanyaan seperti, “Produk atau layanan apa yang akan ditawarkan ke konsumen?”, “Siapa yang membutuhkan produk ini?”, dan “Siapa saja kompetitornya?” Dengan menjawab pertanyaan tersebut, Anda jadi tahu apa masalah yang dihadapi jika memulai usaha di bidang tersebut, sehingga Anda bisa meminimalkan kekurangan dan memaksimalkan kelebihan jenis usaha tersebut. Kalau Anda membutuhkan supplier yang berkualitas dan terpercaya, Anda juga bisa mendapatkan informasinya dari riset. 

3. Buat anggaran keuangan

Saat memulai usaha di masa pandemi, uang mungkin menjadi topik yang lebih sensitif. Bagi para pebisnis pemula, memiliki catatan keuangan yang baik merupakan salah satu kunci bisnis yang baik pula. Buatlah anggaran keuangan yang mencakup seluruh alur kerja operasional agar Anda tahu berapa budget yang tersedia.

Kehadiran anggaran sebagai salah satu langkah-langkah dalam memulai bisnis juga adalah untuk memaksimalkan kesuksesan strategi bisnis Anda. Dengan membuat anggaran yang sesuai dengan kebutuhan esensial usaha, Anda akan tahu mana pengeluaran yang tidak perlu dan mana yang bisa dihemat.

Baca juga: Cara Menghemat Pengeluaran Bisnis di Tengah Krisis

4. Siapkan modal 

Banyak orang yang sudah memiliki ide bisnis dan merencanakan strategi mulainya, tapi tidak punya cukup modal untuk merintis usahanya. Untungnya, zaman sekarang mudah mendapatkan pinjaman modal dari berbagai sumber, seperti Modalku yang menawarkan program pinjaman modal tanpa agunan.

Ada dua bentuk pinjaman di Modalku, yaitu:

  • Invoice Financing – Solusi arus kas bagi pengusaha untuk mendapatkan pinjaman usaha dari tagihan yang dimiliki, dengan limit hingga Rp2 miliar;
  • Modal Kawan Mikro Pinjaman dana tunai untuk pengusaha online (e-commerce) atau offline (POS kasir digital) dengan bunga kompetitif.

Rasakan syarat pengajuan yang mudah seperti foto selfie dan fotokopi KTP. Jika sudah memenuhi syarat tersebut, Anda bisa mendapatkan pinjaman uang berbunga rendah dan tanpa jaminan untuk mengembangkan usaha.

5. Daftarkan bisnis

Nama bisnis merupakan identitas dan trademark yang mencerminkan keseluruhan bisnis Anda. Seperti memberi nama pada anak, pastikan Anda sudah mempertimbangkan seluruh implikasi potensial saat menentukan nama bisnis.

Langkah-langkah dalam memulai bisnis berikutnya adalah mengecek apakah nama yang Anda pilih sudah terdaftar dan menjadi miliki merek dagang lain. Jika belum, segera daftarkan bisnis Anda agar tidak ada yang bisa mengklaim nama yang sama di kemudian hari. 

6. Gencarkan promosi

Langkah-langkah dalam memulai bisnis yang terakhir adalah mempromosikan bisnis Anda. Jangan lupa, kalau tidak ada orang yang tahu Anda membuka usaha, Anda pun tidak akan mendapatkan pelanggan. Promosi usaha di masa pandemi bisa Anda lakukan secara online dengan membuat akun-akun media sosial yang gencar mempromosikan produk-produk Anda. Intinya, selalu manfaatkan teknologi yang semakin canggih untuk mempermudah promosi usaha Anda.

Itulah langkah-langkah dalam memulai bisnis. Jika Anda belum memiliki cukup modal untuk membuka usaha, ajukan pinjaman ke Modalku dan dapatkan bantuan dana sampai Rp2 miliar sesuai kebutuhan Anda. Aman, diawasi OJK, dan tanpa agunan, miliki modal untuk membangun bisnis yang Anda inginkan sekarang juga. Dapatkan pinjaman modal usaha untuk mengembangkan usaha dengan klik tombol di bawah ini:

Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan