Tujuan Marketing Mix adalah Untuk Meningkatkan Penjualan, Bagaimana Jelasnya?

marketing mix

Di kalangan pebisnis dan digital marketer muda, ada banyak istilah yang ramai dibicarakan, salah satunya marketing mix. Manfaat dan tujuan marketing mix adalah untuk menciptakan kombinasi strategi marketing yang optimal bagi bisnis Anda atau agar bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Tapi, benarkah bahwa tujuan marketing mix adalah untuk mencari kesuksesan saja? Bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis dan penasaran dengan tujuan marketing mix, artikel ini sangat tepat untuk Anda. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini sampai selesai!

Pengertian marketing mix

Marketing mix, atau yang juga dikenal dengan “bauran pemasaran” dalam Bahasa Indonesia, adalah bentuk strategi marketing yang mengombinasikan beberapa elemen atau beberapa strategi marketing. Dikombinasikan secara terpadu agar target pemasaran bisa tercapai, makin banyak perusahaan yang mengadopsi konsep ini dalam menjalankan bisnisnya. Ini berlaku juga baik bagi para pebisnis senior maupun mereka yang baru merintis bisnis.

Istilah marketing mix mulai diperkenalkan pada 1948 oleh seorang profesor marketing Harvard bernama Neil Borden. Kemudian, seiring berjalannya waktu, konsep marketing ini pun berkembang. Konsep yang paling banyak dikenal dan digunakan adalah konsep 7P. Booms dan Bitner memperkenalkan empat elemen (4P) dalam teknik ini yang kemudian memiliki tambahan tiga elemen baru, yakni 3P. Bersama-sama, mereka membentuk konsep 7P.

Baca juga: Kelebihan Pemasaran Online dibanding Offline

Konsep 7P dalam marketing mix

Anda mungkin sudah familier dengan teknik 4P dalam marketing mix yang meliputi Product, Place, Price, Promotion. Kini, seiring dengan perkembangan serta kebutuhan dunia bisnis, teknik ini telah bertambah menjadi 7P, yaitu Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence.

Teknik marketing mix yang lebih lengkap ini dibuat untuk  menganalisis situasi pasar yang ada secara lebih mendalam. Dengan mengetahui semua informasi dari ketujuh aspek tersebut, Anda akan bisa memenuhi permintaan, kebutuhan, serta kepuasan konsumen.

Tujuan marketing mix

Dalam penerapannya, konsep ini bertujuan pada produk dan target pasarnya. Strategi yang tepat akan dibuat supaya bisnis akan bisa menjual produknya ke target pasar tersebut. Jika dilihat dari hal ini, tujuan marketing mix adalah agar suatu bisnis bisa mendapatkan keuntungan yang baik di target pasar tertentu.

Selain itu, tujuan marketing mix adalah untuk membantu anggaran keuangan bisnis, pembagian sumber daya, serta membantu menyederhanakan campaign marketing agar tidak melebihi budget. Anda bisa mengaplikasikan strategi ini untuk jenis usaha apa saja karena marketing mix dapat membantu setiap elemen dalam bisnis Anda.

Baca juga: Strategi Marketing Ala Gary Vaynerchuk

Di bawah ini ada tiga tujuan marketing mix yang biasanya dilakukan oleh suatu perusahaan. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Periklanan

Karena tujuan marketing mix adalah untuk meningkatkan keuntungan, periklanan adalah bentuk kegiatan promosi yang penting. Suatu bisnis akan menyebarluaskan informasi tentang produk atau jasa yang mereka punya kepada target konsumen agar makin banyak orang yang tahu dan jumlah pelanggan baru akan bertambah.

Baca juga: Cara Ampuh Beriklan di Instagram

2. Pemasaran langsung

Pemasaran langsung dalam tujuan marketing mix adalah bentuk sistem interaktif yang memungkinkan Anda untuk menggunakan lebih dari satu media iklan untuk memasarkan produk. Dengan demikian, jumlah tanggapan dan transaksi di suatu lokasi akan lebih bisa terukur.

3. Promosi penjualan

Saat melakukan promosi penjualan, suatu bisnis akan merancang kumpulan strategi yang mendorong target konsumen melakukan pembelian terhadap produk mereka, misalnya seperti memberikan diskon, mengadakan event, membagikan kupon, dan lainnya. Kegiatan promosi ini biasanya dilakukan dalam jangka pendek saja dan penjualan diharapkan meningkat selama kurun waktu tersebut.

Manfaat marketing mix 

Strategi bauran pemasaran ini juga memiliki manfaat bagi perusahaan, misalnya membantu merumuskan strategi pemasaran produk. Anda akan bisa mengomunikasikan produk ke target konsumen yang tepat untuk menghasilkan penjualan yang baik. 

Manfaat marketing mix lainnya adalah Anda akan bisa mengalokasikan dana dengan baik. Tapi, bagaimana bila Anda kekurangan dana? Jangan khawatir, Anda bisa mengajukan pinjaman online tanpa agunan di Modalku untuk mengembangkan bisnis. Pengajuannya praktis dan aman. Anda pun akan bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp2 miliar! Klik tombol di bawah ini untuk ajukan pinjaman:

Pinjam Sekarang!

Jika disimpulkan, ternyata tujuan marketing mix adalah untuk membantu pebisnis dalam mencapai kesuksesan lewat aspek serta teknik 7P yang kita kenal sekarang. Baik teknik 4P atau 7P, keduanya berfokus pada berbagai unsur bisnis. Ini karena berbisnis harus dilakukan dengan strategi yang tepat karena kompetisi yang makin tinggi. Strategi yang baik juga akan memastikan keuangan perusahaan Anda baik-baik saja.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan