Begini Cara Iklan di Instagram, Yuk Pasang untuk Bisnis!

Ada berbagai cara beriklan yang bisa Anda pilih sebagai pemilik bisnis, salah satunya dengan pasang iklan di Instagram menggunakan fitur Instagram Ads. Mengapa harus Instagram?

Per Januari 2022, jumlah pengguna Instagram di Indonesia mencapai angka 104.175.200. Jumlah tersebut tentu meningkat dari hari ke hari. Itu artinya, jangkauan yang ditawarkan Instagram sangatlah luas. Terlebih, media sosial yang satu ini juga bisa diakses dari berbagai negara, sehingga selalu ada kemungkinan produk Anda akan dilirik oleh pengguna dari mancanegara.

Lalu, sebenarnya bagaimana cara iklan di Instagram? Untuk memahami langkah demi langkahnya, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Kenalan dengan Instagram Ads

Sebelum membahas tentang cara iklan di Instagram, ada baiknya Anda mengenal fitur Instagram Ads terlebih dahulu. Fitur yang satu ini muncul berkat akuisisi Facebook terhadap Instagram pada 2012 lalu. Fitur Ads sendiri dulunya hanya ada di Facebook. Kemudian, setelah akuisisi tersebut, muncullah fitur Instagram Ads.

Sama seperti Facebook Ads, fitur Instagram Ads juga bisa digunakan untuk mempromosikan barang dagangan Anda. Cara penggunaannya pun mirip. Hanya saja, pada Instagram Ads, tersedia kemampuan untuk membuat konten iklan untuk ditampilkan di feed maupun Instagram Stories. Bagaimana, tertarik untuk memulai?

Baca Juga: 4 Hal Penting yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Iklan Instagram

Keuntungan pakai Instagram Ads

Cara iklan di Instagram dimulai dengan membuat akun Instagram bisnis. Akun bisnis sendiri merupakan fitur dari Instagram untuk memudahkan pengelolaan kegiatan bisnis, termasuk mengelola iklan. Nah, apa keuntungan yang bisa didapat dengan menggunakan Instagram Ads ini?

  1. Jangkauan Luas

Keuntungan utama dari Instagram Ads terletak pada jangkauannya. Sebagai sebuah media sosial yang dapat diunduh dan digunakan di seluruh dunia, Instagram punya jangkauan yang begitu luas. Di Indonesia sendiri, jumlah penggunanya sudah mencapai ratusan juta per Mei 2022. Anda bahkan bisa menjangkau calon konsumen yang tidak terpikirkan sebelumnya. Misalnya, konsumen dari luar negeri atau konsumen dalam negeri, tapi lokasinya jauh dari tempat Anda berjualan selama ini.

  1. Meningkatkan Brand Awareness

Anda baru merintis bisnis sendiri? Instagram Ads adalah media yang tepat untuk meningkatkan brand awareness. Sebuah data yang dilaporkan Hubspot menemukan bahwa lebih dari 130 juta pengguna Instagram selalu tertarik dengan produk yang tampil di stories maupun feed mereka, apa pun produk yang ditampilkan. Itu berarti, peluang Anda akan selalu terbuka lebar saat mempromosikan produk lewat Instagram Ads. Tips dan cara iklan di Instagram adalah post konten promosi secara konsisten agar pengguna lebih mudah mengenal produk Anda.

Baca Juga: 6 Cara Memasarkan Produk di Instagram

  1. Biaya Tidak Terlalu Mahal

Keunggulan lain dari pasang iklan di Instagram adalah biaya yang tidak terlalu mahal. Jika melihat pricelist yang ditawarkan oleh Instagram, Anda bisa menemukan tarif pasang iklan yang begitu variatif. Anda bahkan bisa mulai memasang iklan dengan biaya mulai dari Rp20.000,00 per hari. Sangat terjangkau untuk bisnis yang baru dirintis seperti UMKM.

  1. Bisa Analisis Insight

Terakhir, Instagram Ads juga merupakan sebuah fitur yang amat komprehensif. Anda tidak hanya sekadar beriklan, tapi juga mendapat laporan performa iklan secara detail dan menyeluruh. Sistem yang dimiliki oleh Instagram Ads memungkinkan pengguna untuk bisa mengetahui performa iklan atau campaign yang sedang mereka jalankan. Dengan begitu, Anda dapat memastikan apakah strategi yang diterapkan sudah sesuai atau belum. Cara sederhana ini efektif untuk mengoptimalkan tingkat penjualan Anda.

Baca Juga: 5 Fitur Instagram yang Sering Dilewatkan oleh Pemilik Bisnis Online

Meski simpel, cara iklan di Instagram terbukti dapat meningkatkan penjualan produk. Selain itu, cara ini juga efisien untuk bisnis yang baru dirintis karena hemat biaya dan tidak makan banyak waktu. Selain beriklan, memajukan bisnis tak lepas dari faktor modal. Kini, Anda bisa dengan mudah terhubung dengan calon pendana melalui Modalku.

Modalku merupakan sebuah platform pinjaman dana usaha dan pendanaan yang dikhususkan untuk UMKM. Platform ini telah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga terjamin keamanannya. Untuk mendaftar pun mudah, Anda cukup membuat akun kemudian klik opsi Ajukan Pinjaman. Mari kembangkan bisnis Anda bersama Modalku! Klik tombol di bawah ini untuk mengajukan pinjaman!

Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Referensi:

https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2022/01/

https://www.cnbc.com/id/46994771

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan