6 Cara Mengatur Keuangan Bisnis Berskala Kecil

cara mengatur keuangan bisnis agar makin sukses

Bagi pemilik bisnis berskala kecil, cara mengatur keuangan harus benar-benar diperhatikan. Sebab, mengatur keuangan adalah salah satu cara mempertahankan keberlangsungan usaha. Tanpa manajemen keuangan yang baik, bisnis akan sulit berkembang. Bahkan, dalam skenario terburuk, bisnis bisa mengalami kebangkrutan.

Untuk itu, pemilik bisnis berskala kecil harus memahami cara mengatur keuangan. Bagi yang belum berpengalaman dalam dunia bisnis, hal ini tentu akan sulit. Namun, bukan berarti mengatur keuangan bisnis mustahil dilakukan. Bagi Anda pemilik bisnis berskala kecil atau baru mulai berbisnis sendiri, yuk, simak cara mengatur keuangan berikut ini!

Lakukan Perencanaan Keuangan

Cara mengatur keuangan pertama adalah melakukan perencanaan keuangan. Buatlah pos-pos pengeluaran yang berhubungan dengan kegiatan produksi maupun operasional. Misalnya, biaya membeli bahan baku, menggaji karyawan, hingga tagihan listrik dan air. Cara ini akan membantu Anda terhindar dari bahaya pemborosan atau pengeluaran berlebih.

Selain rencana pengeluaran, ada baiknya Anda juga membuat target pemasukan. Jika rencana pengeluaran bertujuan untuk mencegah terjadinya pemborosan, target pemasukan adalah alat ukur untuk memastikan kemampuan produksi Anda.

Baca Juga: 5 Cara Menghemat Pengeluaran Bisnis di Tengah Krisis

Catat Pengeluaran Usaha

Selanjutnya, jangan lupa untuk mencatat pengeluaran usaha. Meski terdengar sepele, nyatanya, masih banyak bisnis yang melewatkan hal ini. Bagi pebisnis pemula, mereka sering kali belum terbiasa untuk melakukan pencatatan dan pelaporan keuangan. Padahal, mencatat pengeluaran bisa menjadi evaluasi yang baik bagi bisnis Anda.

Catatlah setiap transaksi pengeluaran usaha, mulai dari pembelian bahan baku hingga pembayaran tagihan listrik. Sebisa mungkin, simpan bukti transaksi berupa kuitansi atau faktur. Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi atau software yang dapat mencatat transaksi secara otomatis agar lebih mudah menyusun laporan keuangan usaha.

Catat Pemasukan Usaha

Di samping pengeluaran, Anda juga harus rutin mencatat pemasukan usaha. Bagaimanapun juga, keuangan sebuah bisnis berhubungan dengan arus kas masuk dan keluar. Hitunglah pemasukan yang didapat tiap harinya. Lakukan double checking agar catatan pemasukan benar-benar sesuai dengan kondisi sesungguhnya. Buatlah catatan yang detail agar Anda bisa segera tahu dari mana uang berasal. Sebisa mungkin, catatan pemasukan diperbarui secara berkala, baik dalam jangka waktu harian, mingguan, maupun bulanan.

Awasi Arus Kas Usaha

Cara mengatur keuangan bisnis skala kecil selanjutnya adalah dengan rutin mengawasi arus kas usaha. Selalu periksa arus kas bisnis Anda, apa pun transaksi yang terjadi, berapa pun uang yang keluar maupun masuk. Dengan membiasakan diri untuk memeriksa arus kas secara teratur, Anda bisa menumbuhkan sifat teliti. Sifat teliti ini sangat dibutuhkan dalam manajemen keuangan bisnis. Dengan bersikap teliti, Anda bisa cepat mengetahui jika terdapat suatu kesalahan pada arus kas usaha.

Baca Juga: Arus Kas Optimal, Ekspansi Bisnis Pun Makin Maksimal!

Jangan Campur dengan Keuangan Pribadi

Inilah problem yang sering ditemukan pada pemilik bisnis skala kecil atau mereka yang baru merintis usaha sendiri, yakni mencampur keuangan bisnis dengan keuangan pribadi. Meski pada akhirnya uang akan bermuara ke kantong Anda, jangan pernah mencampur keuangan bisnis dengan keuangan pribadi. Sebab, hal ini hanya akan menyebabkan keuangan usaha menjadi kacau. Kondisi keuangan akan bertentangan dengan laporan keuangan. Jika dibiarkan, situasi ini bisa memicu kebangkrutan usaha.

Kembangkan Usaha dengan Laba

Terakhir, cara mengatur keuangan untuk bisnis skala kecil adalah mengembangkan usaha dengan laba. Gunakanlah laba yang sudah Anda peroleh untuk mengembangkan usaha, entah itu dengan membeli mesin produksi baru, mempekerjakan karyawan tambahan, atau menambah jenis produk. Ingat, laba adalah keuntungan yang Anda dapat setelah menguranginya dengan kewajiban.

Dengan kata lain, laba merupakan pendapatan bersih. Hindari menggunakan profit atau pendapatan kotor tanpa mempertimbangkan kewajiban. Sebab, hal ini hanya akan membuat Anda memiliki administrasi keuangan yang berantakan dan berpotensi merugi di akhir.

Baca Juga: Pengertian dan Cara Membuat Laporan Keuangan Laba Rugi Bisnis

Itu dia beberapa cara mengatur keuangan bisnis skala kecil. Kunci utama dalam manajemen usaha kecil adalah disiplin. Anda mungkin belum terbiasa, tapi dengan disiplin mencatat dinamika keuangan, bisnis pasti akan lebih tertib dan rapi. Anda pun lebih mudah melakukan perencanaan keuangan untuk masa mendatang.

Selain cara mengatur keuangan, ada baiknya Anda juga memikirkan masalah modal. Merasa kesulitan untuk mendapatkan modal usaha? Tidak perlu khawatir, sebab melalui Modalku, Anda berkesempatan untuk mengajukan modal demi mengembangkan bisnis. Prosesnya mudah dan tentunya aman karena telah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Daftarkan bisnis Anda sekarang dengan klik tombol di bawah ini:

Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. 

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan