Ikuti 5 Cara Menabung yang Benar Berikut!

Konsep menabung dan menyimpan uang sudah diperkenalkan sejak masa kanak-kanak, baik oleh orang tua maupun guru di sekolah. Namun, pada kenyataannya, masih banyak yang belum bisa menabung dengan benar. Alhasil, alih-alih untung, justru rugi yang didapat. Bahkan, tak jarang dana yang dialokasikan untuk tabungan justru keluar untuk kebutuhan lain.

Menabung memang pada dasarnya menyisihkan sebagian yang dimiliki untuk disimpan. Uang tabungan tersebut nantinya digunakan untuk berbagai kebutuhan di masa mendatang. Namun, sebenarnya, menabung bukan sekadar menyimpan uang. Lalu, bagaimanakah cara menabung yang benar itu? Simak langkah demi langkahnya berikut ini!

Tetapkan Tujuan Anda Menabung

Cara menabung yang benar diawali dengan menetapkan tujuan yang jelas. Tujuan ini bisa sangat berbeda bagi setiap orang. Ada yang ingin menabung untuk membeli barang tertentu, tapi ada juga yang menabung agar bisa memenuhi kebutuhan di masa mendatang. Apa pun itu, pastikan tujuan Anda jelas dan pasti. Sebisa mungkin, tetapkan target yang detail. Misalnya, harus sudah bisa terkumpul Rp1 juta pada 10 Juni 2022.

Tujuan menabung akan membantu Anda lebih fokus menyisihkan uang. Adanya tujuan juga bisa berfungsi sebagai motivasi agar tidak tergiur untuk membelanjakan uang pada hal-hal yang sebenarnya tidak perlu.

Baca Juga: 5 Tips Agar Tidak Boros

Jadikan Menabung sebagai Prioritas

Jika sudah menetapkan tujuan, cara menabung yang benar berikutnya adalah Anda harus menanamkan mindset bahwa menabung adalah prioritas. Sebisa mungkin, saat menerima pemasukan, segera sisihkan di awal. Cara ini akan menjauhkan Anda dari pemborosan dan berakhir gagal menabung.

Meski sepele, banyak yang belum bisa menerapkan hal ini. Banyak yang justru membiasakan menabung di akhir. Setelah selesai menggunakan uang yang didapat, baru kemudian menyimpan sisanya. Dengan kata lain, menabung dengan sisa uang yang ada. Langkah tersebut justru berpotensi menyebabkan Anda gagal menabung karena uang telah habis terpakai.

Buat Rekening Khusus Tabungan

Cara menabung yang benar seanjutnya, buatlah rekening khusus tabungan. Jangan pernah mencampur tabungan Anda dengan dana lainnya, terutama yang digunakan untuk pengeluaran sehari-hari. Pasalnya, hal ini hanya akan membuat uang tabungan Anda terpakai.

Sekarang ini, sudah ada banyak sekali rekening yang ditujukan untuk keperluan menabung. Biasanya, rekening tersebut tidak bisa ditarik dalam jumlah besar dan hanya bisa ditarik beberapa kali saja. Selain itu, ada juga bank yang menerapkan biaya administrasi kecil sehingga lebih nyaman menabung. Alternatif lainnya adalah dengan menjadikan tabungan Anda sebagai deposito.

Mulailah dari Jumlah yang Kecil

Ingatlah kata pepatah, “Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit”. Sesuai dengan pepatah tersebut, menabung pun bisa dimulai dari jumlah kecil. Jika dikumpulkan, lama-kelamaan tabungan Anda pun terkumpul dalam jumlah besar. Memulai dari jumlah yang kecil juga tidak terasa memberatkan. Anda akan lebih enjoy dalam menabung. Menanamkan kebiasaan untuk rutin menabung pun terasa lebih mudah!

Manfaatkan Fitur Transfer Otomatis

Langkah terakhir dalam cara menabung yang baik dan benar adalah dengan memanfaatkan fitur transfer otomatis. Sekarang ini, kebanyakan bank yang menyediakan layanan tabungan sudah memiliki fitur transfer otomatis atau autodebet.

Dengan fitur tersebut, sistem secara otomatis akan mentransfer pemasukan Anda ke rekening tabungan. Anda bahkan bisa mengatur waktu penarikannya. Bank yang menerapkan transfer otomatis ini biasanya akan menarik uang di awal bulan. Langkah mudah ini akan membuat Anda mau tak mau menabung setiap bulannya atau setiap ada penghasilan masuk.

Baca Juga: 6 Cara Mengatur Keuangan dengan Memanfaatkan Teknologi

Nah, itulah cara menabung yang benar agar Anda punya kebiasaan menyisihkan pendapatan untuk kebutuhan di masa mendatang. Dengan tabungan yang sudah dikumpulkan, Anda bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan, termasuk untuk mendirikan bisnis sendiri.

Namun, bagaimana jika uang yang terkumpul belum cukup untuk mendirikan bisnis? Tidak perlu khawatir, sebab kini sudah ada Modalku, platform yang menyediakan pinjaman dana usaha dan pendanaan khusus untuk UMKM. Melalui Modalku, Anda bisa terhubung langsung dengan para pendana yang siap memberikan pendanaan usaha bagi bisnis Anda. Proses pendaftaran dan pengajuannya mudah serta aman. Klik tombol di bawah untuk ajukan pinjaman:

Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan