6 Ide dan Peluang Usaha Makanan Internasional yang Menjanjikan

6 Ide dan Peluang Usaha Makanan Internasional yang Menjanjikan

Ingin membuka usaha kuliner yang memberikan peluang menjanjikan? Anda bisa memilih beberapa ide dan peluang usaha makanan internasional yang sudah Modalku siapkan di artikel ini. Faktanya makanan internasional memang sering menjadi tren di kalangan masyarakat. 

Tidak jarang makanan-makanan tersebut menjadi populer karena film atau drama tersebut sedang tayang di Indonesia. Seperti halnya dalam drama-drama Korea atau musik video yang ada. Akting dari para aktor dan aktris yang memukau juga berhasil membuat masyarakat menginginkan makanan yang mereka makan. Yuk langsung saja lihat makanan internasional yang bisa Anda jadikan usaha.

Ide dan Peluang Usaha Makanan Internasional 

Makanan internasional yang bisa Anda hadirkan tidak hanya dari negara Korea. Ada banyak cita rasa unik yang cocok di lidah masyarakat Indonesia seperti Jepang, India, Italia, dan negara barat lainnya. Berikut adalah beberapa makanan internasional yang bisa dicoba.

1. Sushi

Makanan sushi pasti sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Sushi merupakan makanan khas dari negara Jepang yang terbuat dari nasi, sayur, dan daging. Isinya sendiri beragam serta bisa disesuaikan dengan preferensi masing-masing. Anda tetap memiliki peluang untuk menjadikan sushi sebagai bisnis menjanjikan meskipun sudah ada banyak pebisnis yang melakukannya. 

Anda bisa menambahkan nilai pada produk sushi yang dibuat. Penambahan nilai atau added value akan menjadikan bisnis Anda unik dan berbeda dari yang lainnya. Anda bisa menambahkan varian rasa sushi yang tidak dimiliki kompetitor, memberikan pelayanan penting yang belum ada, dan masih banyak lagi. 

Baca Juga: 12 Usaha Makanan Unik Dengan Modal Kecil

2. Ramen

Siapa yang tidak kenal ramen? Makanan yang satu ini masih berasal dari negara Jepang. Ramen tentu dekat dengan masyarakat karena di Indonesia sendiri sudah ada berbagai varian makanan mi. Ramen menjadi populer karena keunikan rasanya yang muncul dari berbagai perpaduan rempah. Rasanya sangat berbeda dari varian mi yang ada di Indonesia. 

Selain itu adanya rumput laut dan berbagai bahan lain menjadi dekorasi cantik yang sangat menarik perhatian. Tidak banyak yang bisa meniru rasa dan dekorasi unik ramen khas Jepang. Tentu saja hal ini menjadi tantangan terbesar jika Anda ingin membuka usaha ramen. Tetapi usaha Anda akan sukses saat berhasil menghadirkan kedua aspek tersebut. 

3. Jjajangmyeon 

Jjajangmyeon adalah makanan khas asal China yang terkenal di Korea dan akhirnya dikenal di Indonesia. Benar, makanan yang selama ini Anda lihat di dalam drama Korea nyatanya berasal dari negara China. Makanan ini masih menjadi salah satu varian mi favorit yang dibalut dengan saus kacang hitam dan campuran berbagai sayur. 

Jjajangmyeon bisa menjadi peluang usaha menjanjikan karena banyak masyarakat Indonesia yang tertarik dengan makanan dalam drama kesayangan mereka. Pembuatannya tidak sulit namun memerlukan bahan makanan yang tepat. Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah atau mencari bahan chujang di supermarket Korea terdekat. 

Baca Juga: 5 Tahap Mengidentifikasi Peluang Usaha yang Menjanjikan

4. Patbingsu

Patbingsu ala Korea hampir mirip seperti es serut ala Indonesia. Keduanya hanya berbeda soal rasa dan penggunaan bahan. Bahan es serut Indonesia biasanya menggunakan sirop manis atau susu, buah nangka, alpukat, jeli kelapa, dan roti tawar. Di sisi lain bahan pembuatan patbingsu biasanya sejalan dengan suatu tema yang telah ditentukan.

Contohnya patbingsu green tea dengan saus serta cokelat batangan, saus dan potongan buah mangga segar, saus kacang merah dengan biji bunga matahari, dan masih banyak lagi. Anda bisa membuat usaha patbingsu di lingkungan yang banyak dikunjungi pengunjung seperti tempat wisata dan kafe-kafe. 

5. Macaron Berbagai Karakter

Macaron merupakan makanan yang sering kali dikenal berasal dari Prancis. Padahal makanan penutup ini berasal dari Italia. Teksturnya yang mirip biskuit dengan rasa manis sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. 

Bisnis macaron memang sudah ada tetapi Anda tetap bisa menjadikannya peluang usaha yang menguntungkan. Anda bisa membuat bentuk-bentuk yang lucu seperti karakter anime, kartun, atau bahkan K-pop idol. Bentuk karakter seperti ini dijamin membuat banyak pelanggan berdatangan. 

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Persaingan Usaha Kuliner

6. Mango Sticky Rice

Mango sticky rice adalah makanan khas asal Thailand. Makanan ini terbuat dari beras ketan yang dicampur santan. Seperti namanya, Anda bisa menemukan beberapa potongan mangga sebagai dekorasi dan penambah rasa. Bahan pembuatannya cukup sederhana, Anda memerlukan gula pasir, beras ketan, santan, garam, tepung jagung, kacang tanah, dan wijen putih. 

Jadi ide dan peluang usaha makanan internasional apa yang Anda pilih? Mulailah dengan mencari informasi seputar makanan yang dipilih dan buat perencanaannya. Pikirkan seluruh produk serta layanan termasuk target pasar yang dituju. 

Jika Anda merasa kesulitan membuatnya dari awal, franchise bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda hanya perlu memilih makanan yang sedang populer lalu hubungi brand tersebut. Menjalankan bisnis franchise termasuk mudah dan menguntungkan. 

Bahkan modal yang dibutuhkan tidak besar untuk franchise 5-10 juta saja. Tetapi kalau Anda sudah memiliki bisnis maka ini waktunya untuk mengembangkan usaha ke level berikutnya. 

Proses pengembangan yang dilakukan tentu memerlukan modal yang tidak sedikit. Anda bisa langsung mengajukan pinjaman online tanpa agunan di Modalku. Modalku menjadi platform tepercaya bagi ribuan UMKM di Indonesia. Faktanya sudah ada banyak usaha yang dibantu hingga berhasil. 

Jumlah dan tenor pinjaman yang diajukan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Khawatir soal pinjaman bodong? Anda tidak perlu merasa demikian karena Modalku sudah memiliki izin dari OJK. Mari mulai mengembangkan bisnis Anda bersama Modalku sekarang juga! 


Pinjam Sekarang!

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan