Cara Beriklan di Instagram, Ternyata Tidak Sulit!

cara beriklan di Instagram

Bagaimana, ya, cara beriklan di Instagram? Memasang iklan di media sosial seperti Instagram bisa mendatangkan leads dalam jumlah banyak. Ini karena jangkauan media sosial lebih luas, Anda bahkan bisa menjangkau pasar mancanegara.

Dari sekian banyaknya media sosial yang ada saat ini, Instagram dan fitur iklannya—Instagram Ads—bisa menjadi pilihan bagi Anda yang baru memulai bisnis sendiri. Lantas, bagaimana cara memasang iklan di Instagram? Mari simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu Instagram Ads?

Instagram Ads merupakan sebuah fitur yang memungkinkan bisnis untuk mempromosikan bisnis Anda secara digital. Melalui fitur ini, produk yang Anda tawarkan dapat dilihat oleh pengguna Instagram di mana pun mereka berada. Menariknya lagi, Instagram Ads juga memiliki beragam kapabilitas unik yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat digital campaign menarik.

3 Keuntungan beriklan di Instagram

Mengapa memilih beriklan di Instagram? Bukankah media sosial lain seperti Facebook pun memiliki fitur iklan? Berikut adalah beberapa keunggulan khusus Instagram Ads.

1. Jangkauan luas, bisa tingkatkan brand awareness

Pengguna Instagram tersebar luas di seluruh penjuru dunia. Dengan kata lain, media sosial ini menawarkan jangkauan yang amat luas, bahkan tidak hanya terbatas di dalam negeri saja. Jangkauan yang luas ini bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan brand awareness.

2. Merupakan salah satu media sosial populer di Indonesia

Per Januari 2021, jumlah pengguna Instagram di Indonesia mencapai lebih dari 82 juta. Jumlah tersebut tentu sudah mengalami peningkatan saat ini. Banyaknya pengguna Instagram di Indonesia menunjukkan bahwa media sosial ini masih sangat relevan di tanah air.

Sedikit informasi tambahan, pengguna Instagram Indonesia pun didominasi oleh perempuan (52,6%) dan rentang usia pengguna terbesar ada di angka 18-24 tahun. Itu artinya, jika target pasar Anda adalah perempuan berusia dewasa muda, maka Instagram adalah saluran terbaik untuk kampanye digital marketing Anda.

3. Menyediakan fitur yang cukup lengkap

Media periklanan yang baik adalah media yang mudah dioperasikan dan menawarkan berbagai kemudahan. Nah, Instagram menawarkan kemudahan tersebut dengan menghadirkan fitur dan kapabilitas yang dapat membantu eksekusi strategi digital marketing Anda, misalnya report yang dapat digunakan untuk memantau performa iklan.

Cara beriklan di Instagram

Cara beriklan di Instagram pun tidak rumit sama sekali. Anda hanya perlu mengikuti step by step mudah, seperti penjelasan berikut ini.

1. Buat akun Facebook Ads Manager

Mula-mula, Anda perlu membuka halaman Facebook Ads Manager. Jika belum memiliki akun, buatlah akun bisnis terlebih dahulu.

2. Tentukan tujuan iklan

Selanjutnya, cara beriklan di Instagram adalah menentukan tujuan iklan sesuai kebutuhan Anda. Instagram menawarkan tiga opsi berbeda, yakni kampanye Kesadaran, Pertimbangan, serta Konversi.

Kesadaran digunakan saat Anda ingin meningkatkan brand awareness. Lalu, Pertimbangan adalah iklan untuk menambah jumlah kunjungan ke website bisnis Anda atau mengumpulkan informasi mengenai audiens yang menaruh minat pada produk Anda. Sementara, Konversi ditujukan bagi mereka yang ingin meningkatkan jumlah transaksi pembelian pada website bisnis.

3. Jangan lupa pilih jenis iklan yang sesuai

Kemudian, Anda akan diarahkan untuk memilih jenis iklan. Tersedia dua pilihan, yakni Uji Split serta Pengoptimalan Anggaran. Uji Split berarti membuat dua iklan dengan konten serupa, tapi dengan target audiens yang berbeda. Iklan ini cocok bagi Anda yang masih ragu dengan target audiens. Di sisi lain, Pengoptimalan Anggaran adalah pembuatan iklan yang disesuaikan dengan budget.

4. Lengkapi informasi iklan

Jika sudah, cara beriklan di Instagram yang berikutnya adalah melengkapi deskripsi iklan. Informasi yang dibutuhkan di antaranya adalah nama iklan dan tujuan trafik (bisa ke website bisnis atau aplikasi perpesanan).

5. Pilih promo dan audiens

Setelah melengkapi informasi iklan, aktifkan opsi “Tampilkan Promo”. Di bagian selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi detail mengenai target audiens (lokasi, umur, jenis kelamin, hingga bahasa yang digunakan).

6. Tentukan jadwal

Apabila Anda sudah selesai mengisi seluruh detail yang dibutuhkan tersebut, pilih jadwal sesuai keinginan. Instagram memberikan keleluasaan untuk memasang iklan, baik itu harian, mingguan, maupun bulanan, sesuai kebutuhan dan budget Anda.

7. Hubungkan dengan akun Instagram bisnis Anda

Dari pengisian jadwal, jangan lupa untuk menghubungkan iklan yang sudah Anda buat dengan akun Instagram bisnis. Pilih opsi “Tambahkan akun yang ada” jika Anda sudah memiliki akun Instagram bisnis atau “Buat akun baru” jika Anda belum memiliki akun.

Sedikit tips, agar memudahkan dalam menjalankan dan melacak perkembangan iklan, buatlah akun khusus untuk bisnis.

8. Lakukan pembayaran iklan

Terakhir, lakukan pembayaran. Instagram Ads menerima pembayaran melalui kartu kredit dan juga kartu debit (bertanda Visa atau Mastercard). Setelah pembayaran berhasil, Instagram akan mengirim invoice dan langsung menayangkannya.

Mudah, bukan, cara beriklan di Instagram? Beriklan di Instagram memungkinkan Anda untuk mendapatkan exposure yang lebih besar sehingga brand awareness pun akan ikut naik. Jangkauannya pun luas, bahkan bisa mencakup konsumen di seluruh dunia.

Apakah Anda punya rencana untuk memulai bisnis sendiri? Kini, Anda bisa mengajukan kredit usaha secara mudah melalui program Modal Kawan Mikro dari Modalku. Program pendanaan ini dapat diajukan tanpa agunan. Keseluruhan prosedurnya pun simpel dan dana bisa langsung dicairkan ke rekening bisnis Anda. Tunggu apa lagi? Yuk, kembangkan bisnis bersama Modalku! Klik tombol di bawah ini:

Ajukan Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan kredit modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi dana.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan