6 Ide Usaha Kecil yang Menguntungkan

Entah sebagai sampingan ataupun bisnis yang ingin Anda kembangkan, usaha dalam skala kecil tidak bisa dianggap remeh. Melalui modal yang kecil, Anda akan bisa mendapatkan keuntungan dalam jumlah yang lumayan. Hal ini bisa diperoleh jika ide usaha yang Anda jalankan dikelola dengan baik. Nah, berikut ini adalah beberapa ide usaha kecil yang menguntungkan jika Anda berhasil menjalankannya dengan baik.

Yuk mari kita perhatikan secara seksama, mungkin salah satu ide ini bisa Anda kembangkan sebagai salah satu usaha yang berhasil.

Memulai Usaha Kecil yang Menguntungkan

Sebenarnya, tidak ada yang bisa menjamin jika ide bisnis apa pun yang Anda buat akan menguntungkan. Asalkan Anda punya kegigihan, semangat pantang menyerah, dan keinginan untuk terus belajar, maka usaha apapun yang akan Anda jalankan bisa mendatangkan keuntungan. Jika Anda mencari tempat yang baik untuk memulai, maka beberapa ide berikut ini mungkin akan bisa membantu. 

1. Membuka Bengkel

Dengan banyaknya jumlah kendaraan di jalanan, ide yang satu ini bisa Anda ubah menjadi sesuatu yang sangat menjanjikan. Walaupun bisnis ini terkesan akan membutuhkan peralatan bengkel mobil yang mahal, namun ada beragam bentuk layanan pemeliharaan dan perbaikan yang hanya membutuhkan beberapa alat sederhana untuk diselesaikan. 

Apalagi jika Anda punya keahlian sebagai mekanik, maka Anda dapat menawarkan penggantian oli, isi ulang cairan, penggantian baterai, perbaikan lampu depan, dan banyak lagi. Usahakan untuk selalu bisa memberikan pelayanan terbaik agar pelanggan bisa puas dan ingin menggunakan jasa Anda kembali. Bisnis seperti ini akan sangat dibutuhkan di era saat ini.

Baca Juga: 7 Ide Bisnis Online Pemula dengan Modal Kecil

2. Jasa Pencucian Mobil

Layanan cuci mobil ini juga akan sangat menguntungkan di era ini, di saat orang-orang menggunakan kendaraan pribadi sebagai sarana transportasi. Untuk memulainya, Anda tidak akan perlu modal yang sangat besar, asalkan memiliki tempat dan karyawan yang cukup, maka Anda bisa melayani banyak pelanggan dan menghasilkan keuntungan.

Anda juga bisa memberikan layanan cuci mobil yang datang ke rumah. Terkesan sederhana, namun bisnis ini memiliki niche yang menjanjikan. Daripada mereka harus berkendara menuju tempat pencucian mobil. Apalagi untuk orang-orang dengan mobil kelas atas yang memilih layanan yang lebih personal.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Online Pemula yang Menjanjikan untuk 2022

3. Membuka Counter Pulsa

Ini adalah ide usaha yang sangat cocok jika Anda juga tertarik menjalankannya dari rumah. Anda bisa menyulap bagian depan rumah menjadi counter kecil untuk berjualan kartu prabayar dan juga pulsa. Apalagi di zaman teknologi, orang-orang tidak akan ingin handphone mereka tidak ada pulsa untuk bisa membeli paket data ataupun menelpon orang lain.

Selain menggunakan rumah Anda sendiri, membuka counter pulsa di lokasi yang strategis adalah ide yang baik. Secara perlahan, Anda akan bisa mengembangkan bisnis ini menjadi lebih besar dan mendapatkan keuntungan yang lebih. 

Baca Juga: Kuliah Sambil Cari Uang, Berikut 6 Ide Bisnis untuk Mahasiswa

4. Fotocopy

Membuka bisnis ini di daerah perkantoran atau sekolahan bisa menjadi ide yang sangat baik. Anda bisa membeli mesin bekas dengan harga yang lebih terjangkau ataupun menyewanya. Tambahkan juga beragam alat tulis yang bisa dibeli pengunjung, mulai dari pensil, pulpen, spidol, penggaris, jangka, buku tulis, buku gambar, dan lain sebagainya. Anda juga tidak perlu karyawan yang banyak, sehingga bisa menghemat pengeluaran sambil meningkatkan keuntungan.

Baca Juga: Yang Mau Berbisnis, Ini 9 Ide Bisnis dengan Modal Kecil

5. Reparasi Elektronik

Dalam satu rumah, pasti akan ada banyak alat elektronik yang digunakan. Mulai dari televisi, seterika, radio, hingga kulkas. Apabila terjadi kerusakan pada alat ini, maka pemiliknya pasti akan sesegera mungkin mencari orang yang dapat memperbaikinya.

Bila Anda memiliki kemampuan untuk memperbaiki alat-alat ini, maka ini bisa menjadi ide usaha yang bagus. Anda bisa mulai dengan membuka toko khusus untuk melakukan reparasi, atau memberikan jasa untuk bisa dipanggil kerumah. Tidak perlu peralatan yang mahal, asalkan Anda memiliki kemampuan yang mumpuni dan bisa memberikan pelayanan yang terbaik, maka ide bisnis ini akan bisa berkembang dan membawa keuntungan.

Baca Juga: Ide Usaha Makanan & Cara Berbisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga

6. Dropshipping

Ini adalah ide bisnis yang bisa Anda lakukan melalui laptop dan handphone tanpa perlu memiliki toko atau tempat berbisnis. Inventaris menjadi salah satu kelemahan ketika menjalankan bisnis dalam skala yang kecil. Namun saat ini hal tersebut tidak akan menjadi sebuah masalah. Melalui bisnis Dropshipping, sebuah model bisnis dari rumah yang bisa dijalankan secara online. Anda tidak akan perlu mengelola produk fisik, , namun bangun kemitraan dengan pemasok. Mereka akan siap menyimpan, mengemas, dan mengirimkan pesanan ke pelanggan. Lalu, yang perlu Anda lakukan adalah membuat toko online menarik ditambah dengan pemasaran yang mumpuni untuk menarik minat calon pelanggan.

Itulah beragam ide usaha kecil yang menguntungkan, mungkin salah satu diantaranya bisa Anda coba. Jika sudah membangun usaha kecil ini, maka langkah selanjutnya adalah mengembangkannya. Bila Anda membutuhkan dana untuk membantu perkembangan bisnis tersebut, maka Modalku akan siap membantu. Dapatan pinjaman online tanpa agunan sekarang dengan klik tombol di bawah ini:

Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan