Biaya Awal Modal Usaha Minuman Kekinian

Biaya Awal Modal Usaha Minuman Kekinian

Modal usaha minuman kekinian yang dibutuhkan sebenarnya tidak terlalu besar, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa keperluan saja. Minuman kekinian memang tengah menjadi produk yang sedang tren, terutama di kalangan anak muda dan remaja, dan banyak diperdagangkan. Tidak heran jika sudah ada banyak sekali orang memanfaatkan peluang usaha ini.

Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin memanfaatkan peluang usaha minuman kekinian, maka Anda perlu mengetahui rincian modal usaha minuman kekinian ini. Lantas, berapa sih modal yang dibutuhkan? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Rincian Modal Usaha Minuman Kekinian

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai usaha minuman kekinian, pasti Anda sedang bertanya-tanya mengenai berapa rincian modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha minuman kekinian. Nah, untuk membantu Anda menjawabnya, berikut ini adalah rincian modal usaha minuman kekinian:

1. Modal Investasi

Modal investasi yang dimaksud di sini adalah pengeluaran terhadap barang yang akan terus Anda pakai selama berjualan minuman kekinian. Sebagai contoh, jika Anda tinggal di lokasi strategis dan ingin menjajakan usaha minuman kekinian Anda di depan rumah, maka setidaknya Anda akan membutuhkan gerobak atau booth mini. Selain itu Anda juga akan membutuhkan alat press kemasan, stoples untuk menyimpan bahan pembuat minuman, serta keperluan lainnya.

Untuk membantu Anda membayangkan rincian modal investasi apa saja yang dibutuhkan pada usaha minuman kekinian, setidaknya berikut ini adalah beberapa barang-barang wajib untuk Anda miliki:

  • Ruko: sekitar Rp1,5 juta per bulan (di beberapa area Jakarta)
    • Jika Anda ingin membuka usaha minuman kekinian di depan rumah atau area sejenis lainnya, setidaknya Anda membutuhkan gerobak atau booth mini, dengan harga: sekitar Rp1 juta
  • Alat press kemasan: sekitar Rp800 ribu
  • Stoples: sekitar Rp10 ribu hingga Rp20 ribu per buah
  • Ember: sekitar Rp50 ribu per buah

Selain keperluan di atas, terkadang Anda juga akan membutuhkan membutuhkan barang-barang lain tergantung dari jenis minuman kekinian apa yang ingin Anda jual. Rincian di atas hanya sebagai contoh saja.

Baca Juga: 4 Alasan Bisnis Anda Butuh Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

2. Modal Operasional

Modal operasional yang dimaksud di sini adalah pengeluaran dari barang-barang yang Anda gunakan sehari-hari seperti bahan baku minuman, gelas, sedotan, dan lain sebagainya. Biasanya biaya operasional setiap jenis usaha minuman kekinian berbeda-beda.

Untuk membantu Anda membayangkan rincian modal operasional apa saja yang dibutuhkan pada usaha minuman kekinian, setidaknya berikut ini adalah beberapa barang-barang yang wajib Anda sediakan:

  • Bahan baku minuman: tergantung dari jenis minuman kekiniannya, tetapi setidaknya sekitar Rp250 ribu per hari
  • Gelas: Rp150 ribu per pack
  • Plastik dan sedotan: Rp100 ribu per pack

Sekali lagi diingatkan, modal operasional yang dibutuhkan berbeda-beda tergantung pada jenis minuman kekinian yang Anda jual. Rincian di atas hanya sebagai gambaran saja untuk Anda.

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Investasi Emas Jadi Pilihan Banyak Orang

6 Ide Usaha Minuman Kekinian yang Sedang Hits

Nah jika Anda sudah memiliki modal untuk memulai usaha minuman kekinian tetapi masih belum memiliki ide jenis minuman apa yang ingin Anda jual, berikut ini adalah beberapa ide usaha minuman kekinian hits untuk Anda:

1. Minuman Topping Boba

Sejak beberapa tahun terakhir, minuman boba masih diminati banyak orang, mulai dari orang tua hingga anak-anak. Banyak juga jenis minuman yang bisa dipadukan dengan boba ini, mulai dari milk tea, thai tea, iced coffee, dan lain sebagainya.

Agar lebih menarik, Anda dapat memilih jenis minuman unik dan berbeda dari yang lain, lalu tambahkan boba sebagai toppingnya. Misalnya, Anda bisa menjual minuman seperti jus mangga dengan tambahan boba atau teh kekinian dengan variasi boba, puding, dan topping lainnya.

Baca Juga: Fungsi Kas Kecil dan Cara Mengelolanya

2. Soju Tanpa Alkohol

Korean wave semakin menjamur di kalangan anak muda di Indonesia membuat banyak orang penasaran dengan kuliner yang sering muncul di drama Korea, seperti soju. Minuman beralkohol khas Korea itu sedang hits sekali saat ini. Nah, soju juga bisa menjadi ide usaha minuman kekinian penghasil cuan. Anda bisa menjual soju versi halal tanpa alkohol, tentunya dengan berbagai rasa yang menggugah selera.

3. Kombucha

Kombucha juga merupakan ide bisnis minuman kekinian yang sedang populer saat ini. Kombucha sendiri merupakan teh fermentasi dengan gula, kemudian ditambahkan mikroba dan ragi.

Kombucha memiliki beragam manfaat penting bagi tubuh, seperti meningkatkan kesehatan pencernaan, menurunkan kadar gula darah, serta mengurangi risiko penyakit jantung dan ginjal. Karena itu, banyak orang mulai tertarik dengan minuman ini.

4. Jamu Kekinian

Ide usaha minuman kekinian yang tidak kalah menguntungkan adalah jamu dengan kemasan lebih kekinian. Jamu dari rempah-rempah khas Indonesia dapat memberikan berbagai manfaat penting bagi kesehatan tubuh.

Usahakan untuk mengemas jamu yang ingin Anda jual dalam kemasan lebih menarik, misalnya menggunakan botol dengan berbagai rasa. Sebagai contoh, Anda bisa menjual jamu rasa beras kencur, madu jahe, madu kunyit, asam jawa, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Apa Itu Reksa Dana Syariah dan Cara Membelinya

5. Mocktail

Mocktail juga merupakan ide bisnis minuman kekinian yang bisa Anda coba. Mocktail adalah sebuah minuman terbuat dari sirup, jus, dan buah segar, kemudian ditambahkan soda dan sedikit hiasan sehingga menghasilkan minuman menyegarkan.

Mocktail sendiri biasanya sering ditemukan di kafe atau kedai kopi tertentu yang harganya cukup mahal. Namun, Anda dapat mengemas mocktail dengan lebih hemat seperti dengan ukuran botol kecil, sehingga diminati banyak orang.

Baca Juga: Bagaimana Cara Jualan Online Tanpa Modal? Simak di Sini!

6. Cheese Tea

Ide usaha minuman kekinian ini sebenarnya sudah mulai viral sejak beberapa tahun terakhir, dan hingga saat ini cheese tea masih diminati banyak orang. Peluang ini bisa Anda manfaatkan dengan menjual berbagai jenis minuman rasa dengan kombinasi cheese tea ini. Sebagai contoh, Anda bisa menjual taro cheese tea, matcha cheese tea, dan lain sebagainya.

Nah, jika dirasa Anda sudah memiliki ide usaha yang ingin dijalankan tetapi modal masih belum cukup, Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha untuk mengembangkan bisnis di Modalku, lho. Cara daftarnya mudah dan pencairan uangnya juga cepat. Klik tombol di bawah untuk ajukan pinjaman: 

Pinjam Sekarang!

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan