8 Inspirasi Usaha Modal Kecil dari Rumah

8 Inspirasi Usaha Modal Kecil dari Rumah

Ada berbagai inspirasi usaha modal kecil dari rumah yang ingin kami bagikan kepada Anda. Melalui inspirasi tersebut, kami berharap Anda dapat menjalankan usaha sendiri meskipun dengan modal yang kecil.

Rumah bisa menjadi tempat terbaik untuk memulai usaha. Apalagi jika Anda hanya memiliki modal yang kecil. Modal tersebut bisa dialihkan untuk membiayai kebutuhan material yang dibutuhkan dalam usaha yang akan dijalankan. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk menyewa tempat.

Modal yang kecil tidak dapat menghalangi Anda untuk menjalankan usaha. Bahkan, ada berbagai kegiatan usaha yang tidak membutuhkan modal sama sekali jika Anda memiliki berbagai keahlian tertentu. Ingin tahu apa saja usaha yang dapat dijalankan dengan modal kecil dari rumah? Langsung saja simak pembahasan lengkap dari Modalku di bawah ini.

Berbagai Inspirasi Usaha Modal Kecil di Rumah Anda

Pada kesempatan kali ini, kami sudah menyiapkan 8 inspirasi usaha dengan modal kecil yang dapat dijalankan dari rumah Anda, yaitu:

1. Reseller

Inspirasi usaha yang pertama adalah reseller. Anda dapat menjadi reseller dari rumah dengan menjual kembali barang-barang yang sudah diambil dari supplier. Bisnis ini tentu saja sangat mudah dijalankan dan hanya membutuhkan keahlian Anda untuk melakukan kegiatan promosi.

Sebagai tips untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi dengan menjadi reseller, silakan pilih produk-produk yang memang Anda sukai dan pahami. Anda akan menjadi lebih kreatif dalam melakukan promosi produk dan usaha reseller yang dijalani pun akan berkembang pesat.

Baca Juga: 6 Inspirasi Usaha Kuliner Industri Rumahan yang Menguntungkan

2. Dropshipper

Selain reseller, ada juga istilah dropshipper yang bisa menjadi inspirasi usaha untuk dijalankan dari rumah. Perbedaan antara reseller dengan dropshipper ini terletak pada alur pesanannya.

Dalam usaha reseller, Anda perlu mengambil barang yang dipesan oleh pembeli dari supplier terlebih dahulu. Sedangkan di dalam usaha dropshipper, seluruh proses pengepakan hingga pengantaran sudah dilakukan oleh supplier.

Tugas Anda sebagai seorang dropshipper hanyalah mempromosikan produk yang akan dijual. Selanjutnya, data pesanan yang diterima dapat langsung diserahkan kepada supplier agar dapat langsung dikirimkan kepada pembeli.

Reseller dan dropshipper juga memiliki sebuah kesamaan dalam segi modal yang dikeluarkan. Anda tidak harus mengeluarkan modal yang besar dan kedua usaha ini dapat dijalankan dari rumah.

Baca Juga: Tips dan Trik Cara Menemukan Ide Bisnis 

3. Katering

Anda memiliki hobi memasak? Mungkin Anda akan tertarik untuk membuka usaha katering rumahan. Usaha ini tentu saja dapat dijalankan dari rumah dan Anda hanya perlu mengeluarkan modal untuk membeli bahan makanan yang dibutuhkan dan juga tempat pembungkusnya.

Bisnis katering menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan karena banyak orang yang membutuhkan katering. Setiap orang memiliki kesibukannya masing-masing dan oleh karena itu, banyak dari mereka yang tidak memiliki waktu untuk memasak sendiri sehingga membutuhkan jasa katering rumahan.

Baca Juga: Apa Itu Reksa Dana Syariah dan Cara Membelinya

4. Kursus Online

Bagi Anda yang memiliki keahlian tertentu seperti desainer grafis, menggambar animasi, pemahaman terhadap berbagai bahasa asing, hingga memasak, Anda dapat membuka usaha kursus online. Di tengah perkembangan dunia teknologi dan juga sejak memasuki era pandemi, kursus online menjadi populer dan banyak dicari oleh orang.

Keahlian yang Anda miliki dapat dibagikan kepada banyak orang melalui kursus online. Tentu saja, Anda akan mendapatkan bayaran yang menguntungkan dengan membagikan keahlian yang dimiliki. 

Baca Juga: Simak Cara Ajukan Pinjaman Tanpa Agunan di Modalku!

5. Rental Barang

Barang-barang yang tidak terpakai atau jarang dipakai bisa menjadi sumber pendapatan yang menguntungkan. Anda dapat membuka usaha rental barang dengan menyewakan barang-barang tersebut kepada mereka yang membutuhkannya.

Biasanya, ada berbagai barang yang terlalu mahal untuk dibeli seperti kamera, motor, mobil, sepeda, televisi, laptop, bahkan hingga barang-barang fashion. Sebagai pilihan alternatifnya jika ingin menggunakan barang tersebut, orang-orang akan cenderung untuk menyewanya melalui jasa rental barang. Maka dari itu, Anda dapat memanfaatkan peluang ini sebagai sumber usaha yang menguntungkan dan mudah untuk dijalankan.

Baca Juga: 3 Cara Mengatasi Inflasi di Indonesia, Apa Saja Ya?

6. Kafe atau Warung Kopi

Apakah Anda memiliki lahan yang luas di halaman rumah? Lahan tersebut dapat dimanfaatkan untuk membuka kafe atau warung kopi. Kedua usaha tersebut sangatlah cocok untuk dijadikan bisnis dari rumah dengan modal kecil, bukan?

Baca Juga: Bagaimana Cara Mencari Modal Awal?

7. Menjual Makanan atau Minuman Kekinian

Saat ini, Anda dapat bekerja sama dengan berbagai platform online untuk membuka restoran online. Melalui restoran online tersebut, Anda dapat menjual makanan atau minuman kekinian yang mampu menarik perhatian pembeli.

Bisnis di bidang makanan dan minuman sangatlah menguntungkan karena setiap orang pasti membutuhkan kedua hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, Anda tetap dapat menghasilkan keuntungan dengan menjalankan usaha ini.

Baca Juga: Jangan Sembarangan, Begini 7 Cara Main Saham Pemula

8. Blogger atau Vlogger

Konten menjadi makanan sehari-hari masyarakat masa kini. Apalagi, kita hidup di tengah era digital yang terus berkembang. Jika Anda memiliki ketertarikan di bidang digital khususnya media sosial, blogger atau vlogger bisa menjadi pilihan usaha yang cocok untuk dijalankan dari rumah.

Istilah blogger merujuk kepada orang yang membuat konten dalam bentuk tulisan dan vlogger merupakan konten dalam bentuk video. Dari membuat konten, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari jasa pemasangan iklan atau yang dikenal dengan istilah adsense.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan kepada Anda mengenai berbagai usaha modal kecil dari rumah. Kesimpulannya, Anda dapat menjalankan berbagai macam usaha meskipun dengan modal yang terbatas. Mulailah dari hal-hal yang Anda sukai dan ubahlah menjadi sumber pendapatan yang menguntungkan.

Sebagai informasi tambahan, Modalku menyediakan layanan pinjaman modal usaha bagi seluruh masyarakat Indonesia. Anda dapat memanfaatkan layanan tersebut untuk mendapatkan pinjaman modal yang dapat digunakan dalam mengembangkan usaha yang diinginkan. Silakan klik tombol di bawah ini untuk ajukan pinjaman:

Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan