5 Prinsip Etika Bisnis agar Jadi Pengusaha Sukses

5 prinsip etika bisnis

Menjalankan sebuah bisnis tentu tujuannya agar sukses serta mendulang keuntungan. Akan tetapi, untuk menjadi seorang pengusaha sukses, kemampuan dan pengetahuan saja tidaklah cukup. Diperlukan penerapan prinsip etika bisnis dalam usaha yang Anda kelola agar sukses. Etika bisnis ini perlu diterapkan agar usaha yang sudah Anda mulai bisa bertahan dalam jangka panjang, sekaligus bersaing dengan usaha lain. Memangnya, apa itu etika bisnis? Cari tahu jawabannya di sini!

Baca juga: Cara Mendapatkan Bantuan Modal Usaha

Pengertian etika bisnis

Etika bisnis mengacu pada bagaimana Anda menjalankan kegiatan usaha demi mendatangkan keuntungan. Etika dalam berbisnis ini meliputi seluruh aspek, termasuk pekerja, perusahaan, dan masyarakat. Prinsip etika bisnis berfungsi sebagai pondasi perusahaan dan pedoman Anda dalam menjalankan usaha.

Etika bisnis menjadi penting sebab mampu membantu bisnis mencapai tujuannya. Apabila etika bisnis ini Anda penuhi dalam operasional usaha sehari-hari, maka hal tersebut akan  membentuk hubungan baik antar karyawan, budaya kerja, hingga menjaga hubungan dengan konsumen.

5 Prinsip etika bisnis

Setelah mengetahui pentingnya etika bisnis bagi sebuah usaha, kini saatnya Anda mengetahui prinsip-prinsipnya. Prinsip ini perlu Anda pegang dan terapkan saat mengelola suatu bisnis. Pada dasarnya, terdapat lima prinsip etika bisnis yang perlu diterapkan agar Anda menjadi pengusaha sukses. 

1.  Kejujuran

Salah satu prinsip etika bisnis yang harus Anda terapkan untuk menjadi seorang pengusaha sukses adalah kejujuran. Kejujuran menjadi pondasi awal sebuah bisnis, di mana hal ini dapat menentukan akan seperti apa usaha Anda ke depannya. Apabila usaha Anda selalu menerapkan prinsip kejujuran, maka salah satu manfaatnya adalah pelanggan akan percaya. Ketika pelanggan sudah menaruh kepercayaan pada bisnis Anda, maka otomatis loyalitas mereka dapat meningkat.

Namun, sebaliknya, apabila bisnis Anda tak jujur, bukan hanya pelanggan akan lari, namun karyawan pun bisa jadi terlibat dalam konflik. Ketika bisnis Anda kedapatan membohongi pelanggan, maka otomatis kepercayaan mereka menghilang. Sementara itu, karyawan pun jadi was-was bagaimana nasib mereka selanjutnya jika bekerja di usaha yang tak memegang prinsip kejujuran. 

Baca juga: 9 Ciri-ciri Wirausahawan Sukses

2. Integritas moral

Prinsip etika bisnis yang tak kalah penting dari kejujuran adalah integritas moral. Integritas akan menentukan bagaimana usaha Anda dilihat oleh pelanggan. Dengan integritas moral yang bagus, maka pelanggan akan yakin untuk menaruh kepercayaannya pada bisnis Anda. Sebaliknya, apabila usaha Anda tidak menjunjung integritas, maka sudah pasti nama bisnis akan tercoreng dan tidak mendapat kepercayaan dari pelanggan.

3. Otonomi

Agar menjadi pengusaha sukses, Anda perlu menerapkan otonomi dalam operasional bisnis sehari-hari. Otonomi ini berhubungan dengan kemampuan Anda dalam mengambil keputusan secara logis dan sesuai nilai moral.

Sebagai pengusaha, Anda perlu tegas saat mengambil keputusan. Namun, jangan sampai keputusan itu menyalahi nilai moral dan norma yang berlaku di masyarakat. Apabila keputusan Anda bertentangan dengan moral dan norma, maka hal tersebut bisa menghancurkan bisnis yang sudah susah payah dibangun. 

Baca juga: 6 Tips Kelola Bisnis Kecil untung Besar

4. Keadilan

Menjalankan sebuah bisnis, tentu Anda akan berhubungan dengan banyak pihak, entah itu pelanggan, karyawan, pemegang modal, supplier, klien, dan lainnya. Mengingat masing-masing pihak tersebut punya andil tersendiri bagi Anda, maka perlakukanlah mereka dengan baik, salah satunya dengan bertindak adil. Hindari mengistimewakan salah satu pihak dan mengesampingkan pihak lain, terlebih jika status mereka bagi bisnis Anda adalah sama.

Sebagai contoh, supplier A telat mengirimkan barang, kemudian Anda mengajukan komplain. Sementara itu, supplier B juga telat mengirim barang, namun Anda selalu memaklumi. Perbedaan perlakuan Anda terhadap supplier A dan B ini bisa berujung pada konflik yang merugikan bisnis.

5. Loyalitas

Prinsip etika bisnis yang tak boleh Anda lupakan saat menjadi seorang pengusaha adalah loyalitas. Dalam hal ini, loyalitas yang dimaksud adalah bertanggung jawab dengan bisnis yang dijalankan, serta mampu memisahkan urusan pribadi dari urusan profesional. Entah apa yang akan menghadang bisnis Anda dalam perjalanan ke depan, usahakan untuk terus memegang loyalitas ini. Loyalitas Anda sebagai calon pengusaha sukses bisa diperlihatkan dalam bentuk keseriusan dan kerja keras.

Baca juga: Cara Beriklan di Facebook

Menjadi seorang pengusaha sukses ternyata tidak sekadar mengandalkan hard skill dan pengetahuan saja. Anda juga perlu menerapkan prinsip etika bisnis yang menjadi pondasi usaha. Etika bisnis bisa jadi panduan Anda dalam membangun sebuah usaha jangka panjang yang menguntungkan. Tak lupa, pastikan Anda mempunyai modal cukup untuk mengembangkan bisnis. Apabila membutuhkan bantuan modal bisnis, klik tombol di bawah ini:

Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan