#MakingHERStory: Ayu Puspasari, Pemimpin Wanita yang Ramah nan Tangguh

pemimpin wanita ramah

Pada artikel #MakingHERStory kali ini kami menggali pandangan Ayu Puspasari, Senior Manager Micro Finance. Dibalik keramahan senyumnya, Ayu memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat seperti badai. Hal ini terbukti saat ia memimpin tim Micro Finance. Mari simak cerita Ayu, pemimpin yang penuh percaya diri!

Ceritakan kepada kami tentang kepemimpinan yang sudah Anda pelajari sebagai seorang pemimpin wanita?

Jadilah diri sendiri. Kepekaan & kejujuran merupakan aset penting dalam kepemimpinan. Tanpanya, kita tidak akan pernah mampu memengaruhi orang-orang di sekitar. Jadi tidak masalah jika sesekali membuat kesalahan atau mengambil keputusan yang keliru. Hal yang paling penting adalah percaya pada diri dan naluri kita saat membuat keputusan. 

Apakah Anda terinspirasi oleh wanita lainnya? Ceritakan siapa saja yang menginspirasi Anda?

Saya mendapat inspirasi dari Himanshu Bhatia, Founder & CEO Rose International. Salah satu quote-nya sangat saya sukai, yaitu, “Sebagai pemimpin, Anda punya tanggung jawab yang besar, yakni memberi arahan agar selalu diikuti oleh anggota tim”. Kalimat inspirasional ini selalu mendorong saya untuk mengembangkan diri dan selalu menghormati & memperlakukan orang lain dengan baik. Contohnya, saya selalu berusaha untuk menempatkan diri saya sebagai anggota tim sebelum akhirnya membuat keputusan untuk mereka. 

Apa yang memberi Anda  energi dalam bekerja?

Saya suka bekerja keras karena saya suka menyelesaikan hal-hal haru. Saya suka menantang diri untuk meng-explore potensi diri dan pada saat bersamaan dapat menginspirasi orang lain. Bekerja juga menjadi cara untuk memberikan keteladanan pada anak saya, yakni mengajarkan padanya bahwa di dunia ini  tidak ada yang mudah, semua perlu perjuangan. Kita berani, kita berjuang, kita jatuh, dan kita bangun lagi. 

Apa nasihat Anda untuk generasi pemimpin wanita selanjutnya?

Kepemimpinan bukan tentang pekerjaan, peran, atau status. Kepemimpinan adalah percaya pada sesuatu dan menggunakannya untuk menginspirasi orang lain. Dengan demikian, mereka (anggota tim) selalu bisa memberikan performa terbaiknya. Selain itu, menciptakan lingkungan kondusif untuk berkolaborasi juga tidak boleh luput dari perhatian. 

Nah, untuk menciptakan lingkungan yang kondusif, Anda perlu menjadi seseorang yang otentik dan konsisten dalam setiap kata dan perbuatan, dalam masa yang mudah ataupun sulit. 

Memang, ada saja orang yang tidak suka dengan cara Anda, tapi selama cara tersebut dapat diterapkan dan sesuai dengan tujuan, lakukan saja. Tujuan tersebut bisa saja altruistik, artistik, atau fokus pada bisnis, tapi alangkah lebih baik jika tujuannya adalah kombinasi antar ketiganya. Sebelum menemukan tujuan tersebut, Anda hanya akan melakukan pekerjaan manajerial biasa. Nanti saat Anda sudah menemukan tujuan, Anda akan memimpin sebagai versi terbaik dari diri Anda. Pencapaian ini bukan hanya untuk Anda, tapi juga untuk orang di sekitar dan anggota tim. Dengan demikian, Anda sudah menjadi pemimpin yang baik.

Bagaimana FSMK memberdayakan Anda melalui #breakthebias, sehingga Anda berhasil menjadi pemimpin wanita hebat seperti hari ini?

FSMK sangat mendukung para pekerja di dalamnya, khususnya wanita yang punya peran sebagai seorang ibu. Anggota tim serta atasan juga mendorong saya untuk terus maju dan berkembang. Saya merasa diberi ruang dan diterima di sini. Jadi, saya sangat bahagia menjadi bagian dari FSMK! 

Bagaimana seharusnya wanita mendukung wanita lain dalam organisasinya? 

  • Buatlah sesi berkumpul bersama untuk berbagi cerita seluk beluk kehidupan profesional dan kehidupan pribadi.
  • Jangan ada diskriminasi
  • Saling bergandengan saat yang lain membutuhkan keberanian. Berikan mereka dorongan saat mereka membutuhkan. Terus ingatkan tentang betapa hebat potensi dan kemampuan yang mereka miliki. 

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan