6 Tips Kelola Bisnis Modal Kecil Untung Besar

6 bisnis modal kecil untung besar

Kesuksesan bisnis pada dasarnya tidak dipengaruhi oleh besarnya modal. Bisnis yang dimulai dengan modal besar tidak selamanya bisa berhasil dan bertahan. Bahkan bisnis yang mendapat suntikan dana di tengah proses operasionalnya saja bisa bangkrut jika sang pemilik tidak pandai mengelolanya. Kuncinya ada pada cara Anda mengelola modal dan memutarnya untuk kemajuan bisnis. Simak sejumlah tips mengelola bisnis modal kecil untung besar berikut ini!

1. Tentukan dulu bisnis yang tepat

Rahasia pengusaha yang sudah berhasil mengelola bisnis kecil untung besar adalah ketepatan usaha yang dijalankan. Ia memulai bisnisnya dengan modal kecil saja, namun produk atau jasanya itu benar-benar dibutuhkan masyarakat. Produk maupun jasa itu pun punya target pembelinya sendiri. 

Contoh usaha modal kecil untung besar adalah jualan catering harian. Jenis bisnis ini dibutuhkan oleh ibu rumah tangga, mahasiswa, pekerja, hingga anak kos. Bisnis ini pun bisa Anda mulai dari rumah dengan modal yang sudah dipunya. Alternatif lain adalah membuka online shop dengan produk yang Anda dapat dari supplier. Supaya murah, Anda bisa jadi dropshipper yang tidak perlu menyetok barang, namun sekadar mendatangkan barang tersebut jika ada pesanan.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

2. Rancang keuangan bisnis

Sebuah bisnis modal kecil untung besar bisa berhasil berkat adanya rancangan keuangan yang matang dan tepat. Setiap detail pengeluaran dan pendapatan dicatat dalam buku laporan keuangan sehingga Anda tahu aliran modal bisnis lari ke mana saja.

Rancangan keuangan bisnis ini bisa Anda mulai sejak pertama kali menjalankan usaha. Contohnya dengan mencatat segala pembelian di awal yang menggunakan modal. Lalu, catat pengeluaran lain yang menggunakan modal bisnis. Setelahnya, catat segala pemasukan dan pengeluaran selama bisnis tersebut dijalankan.

Baca juga: 5 Fungsi Manajemen Keuangan dalam Bisnis

Dalam hal rancangan keuangan bisnis, Anda mungkin bisa mempertimbangkan tambahan modal saat bisnis sudah mendapatkan untung. Tambahan modal di tengah bisnis yang sudah berjalan ini bisa membantu pengembangan maupun pengadaan barang untuk ekspansi bisnis. Akan tetapi, pastikan Anda selalu mencatat arus kas keuangan bisnis agar tidak boncos di akhir. Hindari pemborosan untuk hal yang kurang perlu dalam bisnis.

3. Pilih lokasi strategis

Untuk sebuah bisnis modal kecil untung besar yang baru mulai dirintis, pilihlah lokasi usaha dekat rumah namun strategis. Demi menghemat modal, Anda dapat memanfaatkan rumah untuk memulai usaha. Misalnya memanfaatkan halaman rumah yang kosong untuk jualan sarapan pagi atau garasi rumah untuk jualan produk fashion.

Kalaupun tidak memungkinkan area rumah dipakai untuk usaha modal kecil untung besar, maka bisa bergeser ke area lain yang masih dekat namun strategis. Kalau lokasinya strategis, maka besar kemungkinan usaha Anda akan laris manis.

4. Hindari pengeluaran berlebih 

‘Bakar duit’ mungkin jadi istilah yang sudah tak asing bagi Anda para pemilik usaha. Istilah tersebut merujuk pada penggunaan modal berlebih untuk promosi maupun operasional usaha di awal. Banyak usaha yang pada akhirnya gulung tikar sebab merugi setelah ‘bakar duit’ di awal untuk bisnisnya. Oleh karena itu, waspadai pengeluaran berlebih untuk bisnis Anda supaya modal tidak cepat habis.

Akan tetapi, bagaimana jika modal benar-benar dibutuhkan untuk bisnis, namun jumlahnya sudah menipis? Tak perlu khawatir, Anda bisa mengajukan pendanaan untuk usaha lewat Modalku. Modalku punya penawaran pendanaan untuk usaha kecil hingga besar. Keunggulan pinjaman modal di Modalku adalah tenor variatif mulai dari 3 sampai 12 bulan, fasilitas pinjaman tanpa agunan, bisa dicairkan langsung ke rekening bank, dan persyaratan mudah. Penasaran kan? Klik tombol di bawah ini untuk ajukan pinjaman:

Pinjam Sekarang!

5. Maksimalkan media sosial

Saat ini, media sosial berpengaruh besar terhadap kehidupan kita. Pengaruh media sosial ini dirasakan juga dampaknya oleh para pelaku bisnis. Tahukah Anda bahwa salah satu rahasia bisnis modal kecil untung besar adalah pada penggunaan media sosial secara maksimal?

Pemilik usaha modal kecil untung besar yang sudah sukses tak jarang memulai bisnisnya dari media sosial, termasuk untuk promosi. Mereka tidak punya toko fisik, hanya mengandalkan promo di Instagram atau Facebook, misalnya. Karenanya, jika modal Anda terbatas untuk punya toko fisik dan memasang iklan konvensional, maka maksimalkan saja media sosial untuk tempat jualan.

Baca juga: Viralkan Bisnismu dengan TikTok

6. Terus berinovasi

Modal tidak sepenuhnya memengaruhi kesuksesan sebuah usaha. Pasalnya, selain modal, Anda juga butuh inovasi dalam bisnis agar usaha yang dijalankan terus bisa mengikuti perubahan tren.

Perubahan tren pastinya akan selalu ada selama Anda menjalankan bisnis. Bisnis dituntut untuk terus berinovasi dan mengikuti perubahan agar bisa bertahan. Pada saat-saat seperti ini, yang Anda butuhkan bukan hanya modal, tapi ide, kreativitas, dan inovasi pada produk maupun model usaha agar tidak tergusur tren.

Baca juga: Inilah 3 Alasan Mengapa UMKM Wajib Berinovasi

Nah, itu tadi tips bisnis modal kecil untung besar yang dapat Anda terapkan. Ingat, modal memang penting, namun hal tersebut bukan satu-satunya faktor yang memengaruhi kesuksesan. Selain modal, Anda juga butuh pengelolaan uang secara tepat, rencana bisnis matang, hingga inovasi dalam usaha agar bisa tetap bertahan mengikuti tren. Bagi Anda yang butuh modal bisnis maupun UMKM, klik tombol di bawah ini:

Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Reference:

https://mediaindonesia.com/ekonomi/475214/5-cara-mengelola-modal-usaha-agar-tidak-cepat-habis

https://modalku.co.id/

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan