Harus Coba 7 Makanan Korea yang Halal Ini!

Saat ini makanan Korea sangat digandrungi oleh banyak orang. Mungkin Anda adalah salah satu orang yang tertarik dengan makanan asal negeri ginseng tersebut. Pasalnya, sekarang semakin banyak drama atau film dari Korea Selatan yang menampilkan berbagai makanan Korea dan membuat orang tergiur untuk mencicipi berbagai makanan tersebut. 

Namun, beberapa makanan Korea terbuat dari bahan yang tidak halal, sehingga ada beberapa kalangan yang tidak bisa menikmati hidangan tersebut. Untuk memberikan opsi lain, Anda bisa membuka usaha makanan Korea yang halal. Berikut ini beberapa makanan Korea halal yang bisa Anda coba.

1. Kimci

Makanan korea pertama dan yang paling otentik adalah kimci. Makanan ini terbuat dari berbagai sayuran, khususnya yang terbuat dari sawi. Kimci adalah sayuran yang difermentasi dengan bumbu yang sangat khas. Rasa yang ditawarkan adalah asam dan pedas. Beberapa kimci yang sudah terfermentasi mungkin akan terasa pahit.

Beberapa kimci selain sawi bisa terbuat dari lobak, mentimun, bahkan daun bawang. Anda bisa menggunakan bubuk cabai, jahe, bawang bombai, saus ikan, bawang putih, serta pasta udang untuk melumuri sayuran yang mau Anda fermentasikan. Kimci sangat cocok dimakan dengan hidangan lain, misalnya acar. 

2. Kimbap

Jika Anda mengenal sushi roll dari Jepang, kimbap merupakan versi Koreanya. Perbedaannya adalah kimbap terbuat dari sayuran-sayuran yang sudah ditumis dan digulung bersama nasi serta daging atau telur dadar yang dipotong memanjang dengan lembaran rumput laut untuk membalutnya.

Setelah digulung, Anda harus memotongnya jadi beberapa bagian hingga makanan Korea ini bisa dimakan sekali suap saja. Sangat menarik dan juga sehat, bukan? Karena dalam satu kali suap Anda sudah bisa memenuhi kebutuhan akan sayur, karbohidrat, dan juga protein.

Baca juga: Rekomendasi Usaha Kuliner yang Laku Setiap Hari

3. Bibimbap

Jika di Indonesia kita mengenal nasi pecel dan gado-gado, di Korea kita akan mengenal Bibimbap. Kata ‘bibim’ dalam bahasa Korea sendiri mengandung arti campur dan ‘bap’ berarti nasi. Sehingga, secara harfiah, makanan Korea ini berarti nasi campur.

Dalam satu mangkok, Anda akan menemukan sayuran yang sudah ditumis, serta lauk seperti daging dan juga telur. Biasanya, akan diberikan saus khusus dan Anda harus mengaduk semuanya menjadi satu. Di beberapa bagian di Korea, makanan ini disajikan dengan telur kuning mentah di atasnya dan ketika diaduk, telur menjadi matang karena bibimbap disajikan dengan mangkuk hot plate

4. Jajangmyeon

Makanan Korea yang halal berikutnya adalah jajangmyeon. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini karena banyak orang Korea yang menyukainya. Jajangmyeon merupakan mi dengan saus kental berwarna hitam yang terbuat dari kedelai hitam. 

Saus tersebut sudah mengandung sayuran dan potongan daging sapi atau ayam. Rasa yang ditawarkan adalah gurih asin dari kedelai hitam. Untuk itu, Anda mungkin membutuhkan danmuji, acar lobak berwarna kuning yang berasa asam manis dan segar, sangat cocok dipadukan dengan jajangmyeon.

Baca juga: Cara Menghadapi Tantangan dalam Usaha Kuliner

5. Tteokbokki

Nah, makanan yang satu ini juga pasti tidak asing lagi di telinga Anda. Tteokbokki merupakan jajanan Korea yang sangat terkenal. Terbuat dari tepung beras berbentuk silinder yang sudah dipotong-potong. Makanan ini akan dimasak dengan bumbu gochujang yang pedas. Anda bisa menambahkan telur rebus dan juga fisk cake atau eomuk. Agar bisa menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia, Anda bisa memberikan sedikit gula agar tidak terlalu pedas. Tteokbokki yang pedas dan manis pasti akan sangat digemari oleh banyak orang.

6. Dakgalbi

Makanan Korea yang halal berikutnya adalah dakgalbi. Dakgalbi sendiri terbagi menjadi dua kata, yakni, ‘dak’ yang berarti ayam dan ‘galbi’ yang berarti makanan yang dipanggang. Jadi, bisa disimpulkan bahwa makanan Korea yang satu ini terbuat dari ayam yang dipanggang. 

Agar semakin menggiurkan, ayam sudah dilumuri dengan saus khusus yang terbuat dari gochujang dengan beberapa sayuran misalnya kol. Makanan ini disajikan di atas sebuah wajan yang dan dimasak langsung oleh pelanggan yang memesannya. Supaya lebih menarik, biasanya dakgalbi disajikan dengan keju yang turut dimasak bersama agar meleleh di atas ayam.

7. Bulgogi

Makanan Korea terakhir yang perlu Anda coba adalah bulgogi. Bulgogi merupakan perpaduan kata ‘bul’ yang berarti api dan ‘gogi’ yang berarti daging sapi. Lembaran daging sapi tersebut dipanggang atau ditumis dengan saus khas. Beberapa bulgogi akan terasa manis pedas serta gurih. Anda bisa memakan daging ini bersama kimci agar rasanya semakin kaya.

Nah, menarik, bukan, makanan Korea di atas? Karena makanan Korea yang halal saat ini sedang disukai banyak orang, Anda bisa buka bisnis rumahan yang menjual aneka makanan Korea tersebut. Jika Anda membutuhkan tambahan modal usaha, ajukan pinjaman ke Modalku dengan klik tombol di bawah ini:

Pinjam Sekarang! 

Dengan Modalku, Anda bisa meminjam dana tanpa agunan dan dapat dicairkan langsung ke rekening Anda. Persyaratannya pun sangat mudah, Anda hanya perlu memberikan foto KTP, foto selfie, mutasi rekening usaha, dan juga laporan penjualan. Dengan begitu, Anda bisa mengembangkan usaha makanan Korea! Gunakan Modalku sekarang juga untuk membangun usaha yang sukses!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Reference:

https://hot.liputan6.com/read/4222332/6-makanan-khas-korea-selatan-yang-halal-wajib-dicoba

https://www.idntimes.com/food/dining-guide/fransisca-stefanie/makanan-halal-bisa-kamu-santap-saat-traveling-ke-korea-selatan?page=all

https://modalku.co.id/borrow/e-commerce-loan

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan