Tak Hanya untuk Hiburan, TikTok juga Bisa Bikin Bisnismu Viral!

Dewasa ini, media sosial sangat populer digunakan oleh masyarakat Indonesia. Dilansir dari Voice of Indonesia trafik pengguna media sosial naik sebanyak 40% selama masa pandemi. Hal ini dikarenakan himbauankarantina mandiri yang menyebabkan warga tidak bisa keluar rumah secara bebas, sehingga  memutuskan untuk berselancar di dunia maya. Melihat fakta ini, ada banyak  peluang bisnis  yang bisa dimanfaatkan lho! 

 Baca juga: 5 Strategi Pemasaran Online Agar Toko Anda Makin Ramai

Mengapa Memilih Media Sosial?

Potensi media sosial dalam menggaet calon pelanggan baru sangatlah besar karena peningkatan signifikan jumlah pengguna yang ada selama masa pandemi. Ini disebabkan karena maraknya penggunaan teknologi sehingga masyarakat modern sudah mulai meninggalkan cara-cara tradisional dan beralih ke dunia digital  dalam berbagai aspek, salah satunya bisnis. Kini, banyak orang yang berbisnis dengan mengembangkan strategi promosi berbasis online. Selain itu, promosi melalui media sosial memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan promosi offline.

TikTok Sebagai Media Sosial Potensial

Salah satu media sosial yang populer di Indonesia adalah TikTok. Menurut JPNN TikTok adalah aplikasi non-gaming yang paling banyak diunduh di dunia dengan Indonesia sebagai negara pengunduh aplikasi TikTok terbanyak dengan menyumbang sebanyak 11% dari total unduhan. TikTok merupakan platform media sosial asal China dimana para pengguna dapat mengunggah video kreatif yang nantinya dapat dinikmati oleh pengguna lainnya.

Popularitas TikTok tersebut dapat digunakan sebagai sarana promosi bagi bisnis Anda. Dengan pengguna lebih dari 500 juta pengguna aktif di seluruh dunia memberikan potensi target konsumen yang lebih luas untuk bisnis Anda. Hal ini juga dapat Anda manfaatkan sebagai upaya meningkatkan brand awareness melalui platform media sosial pada bisnis Anda. TikTok juga punya fitur layanan promosi melalui TikTok for Business. Anda dapat melakukan kampanye promosi sesuai dengan model pemasaran TikTok berupa video kreatif atau biasa disebut dengan TikTok Ads. TikTok Ads ini nantinya akan ditampilkan pada layar pengguna pada waktu yang telah ditentukan.

Jika Anda sudah mantap untuk meluncurkan promosi melalui media sosial TikTok, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar upaya promosi berjalan maksimal.

Kreativitas Nomor Satu!

TikTok digemari karena diisi oleh beragam video disertai beragam pilihan musik yang variatif membuat penggunanya terhibur. Karena itu Anda harus mengingat bahwa bukan hanya konten promosi yang harus Anda siapkan, melainkan sisi kreativitas Anda juga ditantang. Orang-orang datang mengunjungi TikTok untuk mencari hiburan, bukan dijejalkan dengan promosi sana sini. Karena itu, gunakan kreativitas Anda semaksimal mungkin supaya calon pelanggan merasa terhibur dan tidak terganggu dengan konten promosi Anda.

Jika ini pertama kalinya Anda menggunakan media sosial sebagai sarana promosi, Anda mungkin tertarik untuk membaca panduan media sosial di sini.

Kenali Target Pelanggan

Karena konten TikTok yang variatif, maka beragam pula penggunanya. Namun satu hal yang pasti datang dari segmentasi umur pengguna TikTok. Dilansir dari Oberlo,  pengguna TikTok didominasi oleh Generasi Z yang berusia 16-24 tahun sebanyak 41% dari total pengguna TikTok secara keseluruhan. Karena itu untuk memaksimalkan promosi yang Anda jalankan, buatlah target pelanggan yang seperti apa yang sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan.

Hashtag, Hashtag, dan Hashtag

Penggunaan hashtag atau tagar dapat menjadi salah satu upaya untuk mempermudah segmentasi calon pelanggan. Dengan penggunaan hashtag, Anda akan lebih mudah menyortir apa saja kebutuhan atau minat para calon pelanggan yang sesuai dengan bisnis. Untuk lebih memaksimalkan promosi, Anda dapat memanfaatkan tren hashtag challenge pada TikTok. Hashtag challenge adalah aktivitas di mana seorang pengguna mengatur sebuah misi spesifik di mana pengguna lain dapat menjalani misi tersebut disertai hashtag yang telah ditentukan sebelumnya sebagai tanda kontribusi terhadap misi tersebut. Dengan cara ini, selain dapat menghibur pengguna dengan kontribusi langsung akan sebuah misi juga dapat menyebarluaskan brand awareness melalui hashtag yang disebarkan oleh pengguna yang berkontribusi. 

Kelola Modal dengan Baik

Modal merupakan fondasi dasar bagi berjalannya bisnis Anda. Dengan pengelolaan modal yang efektif maka besar kemungkinan upaya promosi bisnis Anda mencapai keuntungan maksimal. Modalku sebagai platform peer-to-peer lending dapat membantu Anda dengan memberikan pinjaman modal usaha.  Dalam sekali klik, Anda bisa mengajukan pinjaman dari sampai Rp2 miliar. Modalku juga sudah memiliki izin dan diawasi oleh OJK, sehingga aman dan terpercaya.

Sudah terlihat banyaknya keuntungan yang didapatkan dengan memanfaatkan  TikTok sebagai peluang bisnis. Karena itu, tidak ada salahnya untuk Anda mencoba berbisnis melalui TikTok. Jika Anda belum memiliki modal untuk memulai berbisnis melalui TikTok, Anda dapat memanfaatkan jasa Modalku di sini. 


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply