Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Online di Tengah PSBB Jilid 2

Pandemi COVID-19 belum kunjung tuntas. Angka pasien yang dinyatakan positif juga terus meningkat. Alhasil beberapa daerah mulai memperketat kembali protokol kesehatan, bahkan menerapkan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dampaknya kemudian terasa di lini ekonomi, di mana para pemilik bisnis juga harus ikut menyesuaikan sembari memastikan bisnis saat pandemi tetap berjalan.

Di Indonesia, data pengunjung pusat perbelanjaan sudah menurun hingga 50%. Tren yang sama juga terjadi dengan bisnis-bisnis lainnya, tidak terkecuali bisnis online. Tidak bisa menunggu pandemi benar-benar tuntas. Anda harus segera memikirkan strategi meningkatkan penjualan bisnis saat pandemi. Ada beberapa cara yang bisa dicoba dan diandalkan di masa sulit ini. Berikut di antaranya.

Jual produk terlaris

Salah satu cara meningkatkan penjualan yang bisa dilakukan kini adalah dengan menggenjot penjualan khusus produk terlaris di bisnis Anda. Keuntungan cara ini bagi bisnis saat pandemi adalah memfokuskan supply dan restock untuk produk yang pasti dibeli oleh konsumen. Untuk tahu produk mana yang paling laris, Anda perlu memeriksa rekam penjualan 3-6 bulan terakhir. Lalu, pilih 1-3 produk untuk jadi fokus bisnis Anda.

Catatan penting untuk strategi meningkatkan penjualan yang satu ini adalah pastikan Anda tidak memilih jenis produk yang berada dalam kategori paling dibutuhkan di kondisi pandemi ini. Misalnya seperti kebutuhan rumah tangga, hand sanitizer, atau masker. Tujuannya untuk mencegah penimbunan produk yang berujung pada kelangkaan barang dan kenaikan harga yang tidak wajar.

Ubah target konsumen

Selain memeriksa kembali produk yang paling laris di bisnis yang Anda jalankan, penting juga untuk mengecek kembali target konsumen Anda. Tujuan strategi meningkatkan penjualan yang kedua ini adalah untuk memastikan bahwa target konsumen bisnis saat pandemi masih relevan. Relevan dalam arti selaras dengan kebutuhan pasar serta potensi jual dari produk Anda sendiri.

Awalnya, bisnis Anda hanya berfokus pada target konsumen mahasiswa semisal, Anda dapat memeriksa kembali apakah ada peluang untuk memperluas pasar bisnis Anda untuk meningkatkan penjualan. Tidak menutup kemungkinan produk Anda yang banyak digunakan konsumen mahasiswa, kemudian dapat dipasarkan juga untuk jenis konsumen lainnya, seperti pelajar, atau orang tua.

Adakan promo menggiurkan

Memberikan promosi khusus juga bisa jadi strategi meningkatkan penjualan yang efektif. Tidak sedikit bisnis saat pandemi ini yang juga menerapkan strategi berpromosi ini. Pemberian promosi dianggap dapat memicu penjualan produk dengan lebih baik. Jenis promosinya pun bisa Anda terapkan sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Mulai dari promosi berupa potongan harga khusus, layanan COD, membebaskan biaya pengiriman, voucher belanja, sampai mengadakan giveaway. Promosi dengan menerapkan sistem membership atau target pembelian tertentu juga bisa diterapkan. Tujuannya sederhana, yakni untuk meningkatkan transaksi di bisnis Anda.

Negosiasi dengan supplier

Untuk memastikan strategi meningkatkan penjualan bisnis online pada poin lain berjalan lancar, pastikan Anda juga bernegosiasi dengan supplier atau vendor bisnis. Dengan begini, Anda dapat memastikan bahwa bisnis tetap akan berjalan karena stok produk tetap akan dipasok terus sesuai dengan ritme kebutuhan dan penjualan bisnis online Anda.

Selain bernegosiasi dengan supplier atau vendor tetap Anda, tidak menutup kemungkinan juga jika Anda mulai mempertimbangkan untuk beralih supplier. Terutama jika terdapat masalah kenaikan harga barang atau masalah teknis dan keterbatasan produksi semisal. Selalu perbaharui informasi tentang supplier produk dengan harga lebih murah dan layanan serta kualitas yang masih bagus.

Stabilkan keuangan bisnis online

Strategi meningkatkan penjualan yang terakhir dan yang tidak kalah penting adalah memastikan keuangan bisnis online Anda stabil. Periksa kondisi keuangan bisnis serta hitung kemampuan belanja dan operasional bisnis. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui kekuatan bisnis online Anda dapat bertahan sejauh apa.

Mengetahui serta menstabilkan kondisi keuangan juga penting karena dengan demikian Anda jadi tahu harus menerapkan strategi yang aman dan tepat. Jika memungkinkan untuk melakukan efisiensi atau pemangkasan pengeluaran bisnis tanpa mengurangi kualitas produk, maka jangan ragu untuk melakukan hal tersebut.

Jika ternyata dari hasil pemeriksaan kondisi keuangan ternyata bisnis online Anda membutuhkan dana ekstra, tidak ada salahnya mempertimbangkan untuk mengambil pinjaman modal. Tujuannya untuk memastikan bisnis tetap berjalan dan strategi meningkatkan penjualan yang lain tetap dapat dilakukan. Pinjaman ini bisa Anda ambil di Modalku yang menawarkan pinjaman online dengan sistem peer-to-peer lending. Dijamin aman dan cepat, 100% online!

Leave a Reply