6 Tips Meningkatkan Penjualan Bisnis Saat Harbolnas

Menjelang Hari Belanja Online Nasional alias Harbolnas, sudah dapat dipastikan ada banyak hal yang harus disiapkan oleh para pelaku usaha, termasuk menerapkan beberapa cara meningkatkan penjualan. Ada banyak cara sebenarnya yang bisa Anda coba terapkan. Tidak ada salahnya memulai dari sekarang agar persiapannya jauh lebih matang dan eksekusinya lebih optimal. Ini cara meningkatkan penjualan bisnis saat Harbolnas untuk Anda.

Analisis riwayat data penjualan 

Untuk meningkatkan penjualan, terutama saat Harbolnas, mulailah dengan menganalisis data penjualan terdahulu, paling tidak selama 6-12 bulan lalu. Tujuan menganalisis kembali data-data ini adalah untuk mendapat informasi tentang produk-produk yang paling laris dengan banyak peminat.

Dari informasi inilah kemudian Anda bisa menentukan apakah perlu meningkatkan jumlah stok barang sesuai dengan intensitas penjualannya yang tinggi. Anda juga bisa mengambil keputusan apakah perlu memberikan promo khusus pada produk-produk lainnya yang tidak begitu banyak peminat untuk meningkatkan angka.

Memastikan stok produk cukup

Cara meningkatkan penjualan lainnya juga berkaitan dengan stok produk barang. Seperti pada poin sebelumnya, disebutkan bahwa Anda perlu menambah jumlah stok barang, terutama untuk produk yang tinggi peminat. Tujuannya supaya tidak ada kendala stok barang habis saat permintaan sedang tinggi-tingginya selama Harbolnas berlangsung.

Pasalnya, kondisi overselling bisa jadi bumerang yang berpotensi mendatangkan review buruk pada toko Anda. Ujung-ujungnya, penjualan pun bisa berkurang. Karenanya, jangan hanya mengecek stok barang pada produk populer. Periksa juga stok barang secara keseluruhan. Anda bisa memanfaatkan momen Harbolnas untuk mengosongkan stok barang lainnya, baik dengan cara promosi atau melakukan bundle pembelian.

Mempersiapkan SDM 

Permintaan tinggi dan membludak selama Harbolnas bukanlah hal baru. Karenanya, selain menyiapkan stok produk, persiapkan pula Sumber Daya Manusia (SDM) yang cukup, mulai dari admin yang sigap merespons pesanan dari konsumen sampai tenaga untuk melakukan pendataan stok barang, packing, dan pengiriman.

Penempatan SDM pun harus dilakukan secara tepat. Misalnya, untuk admin yang akan berinteraksi langsung dengan konsumen, ia harus ekstra sabar dan teliti dalam menjawab dan menanggapi pertanyaan ataupun komplain. Mengingat momen ini hanya berlangsung selama satu hari dengan potensi profit yang tinggi, maka tenaga ekstra harus dikerahkan di sini, terutama dalam hal meyakinkan konsumen untuk membeli produk Anda.

Lakukan optimasi website 

Jika bisnis online Anda memiliki website sendiri, ada baiknya lakukan optimasi juga. Tujuannya agar website tidak down atau lemot saat diakses oleh banyak pengunjung dan pembeli dalam satu waktu. Pastikan juga keranjang atau sistem checkout berjalan dengan semestinya. Pastikan website bekerja dengan baik agar tidak mengecewakan konsumen yang hendak berbelanja.

Selain mengoptimasi daya akses yang lebih banyak dan tetap lancar, Anda juga bisa menyesuaikan tampilan website Anda dalam rangka Harbolnas, termasuk menampilkan beberapa tawaran khusus selama momen belanja ini. 

Tawarkan beragam promo spesial Harbolnas 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Harbolnas adalah momen tepat untuk menawarkan berbagai ragam promo khusus. Promosi inilah yang bisa menarik perhatian dan keinginan membeli para konsumen. Dengan begini, penjualan Anda juga akan meningkat tajam.

Salah satu promo spesial yang bisa Anda tawarkan adalah gratis ongkir setelah berbelanja pada batas harga tertentu. Anda juga bisa melakukan flash sale, yakni memberi penawaran kilat selama waktu tertentu dengan harga miring. Tawaran buy 1 get 1 juga bisa Anda coba. Tidak ketinggalan promo cashback atau voucher potongan berbelanja untuk menarik minat pelanggan.

Promosikan penawaran tersebut sejak jauh-jauh hari

Tips meningkatkan penjualan saat Harbolnas yang juga tidak kalah penting adalah menginformasikan berbagai tawaran promosi sejak jauh-jauh hari. Tujuannya agar para pembeli memiliki waktu untuk “menabung” sebelum berbelanja online di tempat Anda. Pastikan para calon pembeli tahu apa-apa saja keuntungan berbelanja saat momen Harbolnas tiba.

Anda dapat memanfaatkan iklan online via media sosial. Dengan begini, Anda bisa menjangkau lebih banyak calon pembeli. Jika memungkinkan, pasang juga fitur pengingat bagi para konsumen yang tertarik supaya mereka tidak kelewatan momen berbelanja dengan banyak tawaran menarik. 

Persiapan jelang Harbolnas bisa jadi membutuhkan biaya ekstra, mulai dari menambah stok barang, membuat iklan promosi, dan masih banyak lagi. Jika membutuhkan modal ekstra untuk momen penting ini, jangan ragu untuk mengambil pinjaman di Modalku, platform pinjaman aman yang mendukung UMKM Anda agar bisa lebih berkembang. Good luck!

Leave a Reply