5 Tips Terhindar dari Pinjaman Online Ilegal

Tidak ada yang salah dengan mengambil pinjaman online. Namun, Anda harus memastikan bahwa perusahaan penyedia dana pinjaman tersebut bukanlah praktik yang ilegal. Tentunya untuk menghindari praktik penipuan yang ujung-ujungnya dapat merugikan Anda dan bisnis yang hendak Anda jalankan.

Untuk mendapat pinjaman online tepercaya, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan, mulai dari mencari tahu soal perusahaan pinjaman online tersebut sampai apa yang bisa Anda lakukan jika telanjur salah memilih platform pinjam modal. Berikut ulasannya.

Cek legalitas perusahaan pinjaman online 

Tidak sedikit platform pinjaman online yang memuat gambar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada laman situs atau media sosialnya. Tujuannya untuk mengklaim bahwa mereka sudah terdaftar di OJK. Sebaiknya Anda tidak langsung percaya begitu saja. Sempatkan untuk memeriksa langsung pada situs resmi OJK, apakah platform yang dimaksud benar-benar terdaftar di sana.

Selain mencantumkan gambar atau lambang OJK, beberapa platform juga memamerkan semacam sertifikat atau nomor izin beroperasi mereka dari OJK. Sekali lagi, coba konfirmasi langsung dengan memeriksa sendiri keberadaan nomor izin tersebut, apakah benar-benar sudah terdaftar di OJK. Dengan lebih waspada seperti ini, Anda juga bisa menghindari kemungkinan penipuan.

Jaga data pribadi Anda 

Pinjaman online tepercaya pasti menjaga dan tidak menyalahgunakan data pribadi. Modus yang kerap dilakukan platform pinjaman online ilegal adalah memanfaatkan data pribadi Anda dengan mengirimkan dana terus-menerus. Padahal, Anda tidak merasa meminjam sebanyak itu. Berikutnya, Anda akan ditagih beserta dengan bunga dari pinjaman tersebut. Cara menagihnya pun biasanya tidak manusiawi.

Untuk itu, sangat penting memastikan legalitas platform seperti yang dibahas pada poin sebelumnya. Periksa dengan teliti dan cari rekam transaksinya, termasuk review-review online yang biasa ditulis oleh mereka yang sudah pernah memakai jasa platform tersebut. Jika review cenderung buruk, sebaiknya Anda tidak terlibat di sana.

Pasalnya, dalam proses meminjam dana online, Anda biasanya diwajibkan untuk menginput data-data pribadi sebagai persyaratan. Ini termasuk KTP, nomor rekening, dan nomor telepon. Bahkan ada yang meminta informasi izin bisnis. Dengan memilih platform yang tepat, maka data-data pribadi Anda juga bisa lebih aman.

Riset dan baca ulasan layanan pinjaman online 

Ada lagi satu ciri platform pinjaman online yang ilegal. Biasanya pada laman situs mereka sering ditampilkan testimoni-testimoni dari nasabah sebelumnya. Setiap testimoni yang ditampilkan ini cenderung sama, yakni memberikan ulasan positif yang kalau dibaca secara saksama cenderung terkesan berlebihan.

Sebaiknya jangan tergoda dengan testimoni yang ditampilkan pada laman situs tersebut. Cobalah googling sendiri tentang platform tersebut. Biasanya akan muncul beberapa artikel terkait platform tersebut. Bisa Anda baca di sana ulasan-ulasan dari pihak luar. Jika ulasan mereka selalu bernada positif, bahkan platform mereka diulas di media terkenal, maka kredibilitasnya lebih terjamin.

Jangan tergoda penawaran melalui SMS/WA 

Anda mungkin pernah menerima pesan tawaran pinjaman online via SMS atau WhatsApp. Pesan-pesan seperti ini sering kali diiringi dengan iming-iming, mulai dari bunga rendah, cepat cair, sampai pinjaman jutaan rupiah. Sebaiknya Anda tidak tergoda dan segera menghapus pesan tersebut.

Beberapa pesan juga kerap menyertakan tautan yang bisa di-klik. Namun, jangan lakukan hal tersebut karena bisa saja itu merupakan praktik phishing. Jika Anda membuka tautan tersebut, bukan tidak mungkin pihak tidak bertanggung jawab bisa langsung mengakses informasi pribadi Anda. Teknik hack seperti ini bisa sangat berbahaya, jadi sebaiknya langsung hapus pesan dan segera blok nomor pengirim pesan tersebut.

Apa yang harus dilakukan jika sampai bermasalah dengan pinjaman online ilegal? 

Sering ditemukan laporan bahwa beberapa orang tidak merasa pernah meminjam uang secara online, tapi tiba-tiba mendapat pesan teror dan ditagih sejumlah uang. Kemungkinan yang terjadi adalah data pribadi Anda disalahgunakan oleh pihak lain untuk didaftarkan dengan pinjaman online ilegal.

Jika sudah seperti ini, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan layanan konsumen yang disediakan oleh OJK. Anda bisa mengontak layanan ini melalui WhatsApp pada nomor 081157157157. Bisa juga mengirimkan keluhan ke alamat email konsumen@ojk.go.id atau waspadainvestasi@ojk.go.id . Buat juga laporan ke kepolisian agar segera mendapat penindakan.

Bagi Anda yang membutuhkan dana usaha, pilihlah pinjaman online tepercaya dan aman. Contohnya seperti Modalku yang mengedepankan keamanan setiap nasabah, termasuk dalam proses input data. Skema pinjamannya pun jelas, termasuk skema pembayaran yang beragam dan bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda. Semoga sejumlah tips di atas bisa membantu Anda agar selalu terhindar dari pinjaman online ilegal!

Leave a Reply