2

Awas! Penipuan Atas Nama Modalku Kembali Marak

modalku penipu

Tahun lalu, kasus penipuan yang mengatasnamakan Modalku mencuat. Calon peminjam Modalku banyak yang menjadi korban para penipu dengan berbagai modus. Salah satunya meminta transfer agar dana pinjaman segera cair. Hal ini tidak hanya merugikan korban, tetapi kami sebagai penyedia layanan. Banyak orang menganggap bahwa Modalku penipu karena kasus-kasus tersebut.

Selain modus tersebut, masih ada modus penipuan lainnya, seperti pemaksaan untuk menjadi peminjam, pengabaian terhadap riwayat pinjaman dan masih banyak lagi

Meski kasus-kasus di atas sudah ditangani dan dilaporkan kepada pihak yang berwenang, penipuan ini masih terjadi belakangan ini. Anda harus tetap waspada agar tidak terjerat penipuan serupa. Berikut beberapa tips terbaru dari kami agar Anda terhindar dari penipuan:


Kenali Dulu Media Sosial Resmi Modalku

Dengan mengenali media sosial resmi Modalku, Anda akan terhindar dari anggapan bahwa Modalku penipu. Modalku merupakan platform pendanaan digital terpercaya yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Ada banyak kasus penipuan yang diawali dengan adanya akun media sosial palsu yang mengaku dari Modalku. Setelah ada calon korban yang menghubungi akun palsu tersebut, di situlah penipu beraksi. Berbagai modus pun dilancarkan, yang paling sering jadi adalah meminta transfer untuk biaya pencairan dana pinjaman. 

Untuk menghindari penipuan ini, Anda harus mengenali berbagai akun media sosial resmi Modalku seperti di bawah ini: 

Selain tidak memiliki akun Telegram, Modalku juga tidak pernah memberikan nomor rekening atau meminta calon peminjam untuk transfer dana ke rekening pribadi. Jadi, jika ada pihak yang menyuruh Anda melakukannya, waspada! 

Cek URL Website

Selain akun media sosial, banyak penipu yang memanfaatkan kecerobohan calon peminjam dalam membedakan URL website. Sejatinya, URL merupakan alamat website yang unik untuk mengidentifikasi sebuah bisnis ataupaun entitas tertentu dalam internet. Dengan nama yang mirip-mirip, dan mencatut kata “Modalku”, penipu menjalankan aksinya. 

Pada website Modalku yang asli hanya ada kata “Modalku”, dengan alamat url www.modalku.co.id. Perhatikan dengan baik detail dan kelengkapan huruf dan simbol dalam url tersebut. 

Anda juga perlu berhati-hati dan tidak membuka link mencurigakan yang bersumber dari pesan WhatsApp atau email yang mengatasnamakan Modalku. Besar kemungkinan email tersebut adalah penipuan ataupun berisi virus berbahaya. 

Waspada pada Aplikasi “Palsu”

Anda juga harus waspada pada penipu yang menggunakan aplikasi palsu  yang mengatasnamakan Modalku. Sebagai informasi, aplikasi Modalku yang tersedia hanya digunakan untuk kegiatan pendanaan bukan pinjaman. Berikut contoh aplikasi palsu yang digunakan penipu untuk menjerat korban:

Laporkan Akun Palsu yang Mencurigakan

Jika Anda menemukan pesan yang mencurigakan, baik dari media sosial maupun website, yang mengatasnamakan Modalku, segera laporkan pada tim kami melalui:

Kami akan segera menindaklanjuti laporan Anda pada jam kerja mulai jam 09.00-18.00 WIB, dari hari Senin-Jumat. 

Itulah berbagai tips agar Anda terhindar dari penipuan yang mengatasnamakan Modalku. Tetap waspada dan pastikan website dan media sosial yang Anda kunjungi bukan akun palsu. 


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. 

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini

Subscribe

* indicates required

Comments 2

  1. Saya baru saja terkena scam yang mengatas namakan modalku,, dan pencairannya pun sangat mudah 40juta dan uang masuk ke dompet yang ada didalam aplikasi,, namun kalau ingin mencairkan ke bank pihak yg mengatas namakan modalku meminta sejumlah uang sebesar 2juta untuk mencairkan dana 40jt tersebut, sebagai bukti bahwa nasabah memiliki dana cadangan,, dan uang 2jt akan dikembalikan bersamaan dengan uang pencairan,,, dan mereka menggunakan whatsapp dengan nomer +855 71 404 9401 dengan foto profile whatsapp logo modalku

    1. Post
      Author

      Halo kak Meilani, saat ini memang sedang marak penipuan yang mengatasnamakan Modalku. Maka dari itu kami himbau untuk waspada terhadap oknum yang mengaku-ngaku dari Modalku. Jika sudah terlanjur transfer dana, kakak bisa membuat laporan di Lapor.go.id /layanan.kominfo.go.id/Cyber polisi
      Agar makin waspada, simak informasi agar terhindar dari penipuan:
      ——
      1. Akun IG kami hanya @modalkuid dan @pendanamodalku (tidak ada yang lain) dan Modalku tidak memliki akun telegram. Akun resmi Modalku bisa di cek pada story highlight kami bagian “AKUN PALSU”
      2. Modalku tidak pernah memberikan nomor rekening atau meminta teman-teman melakukan transfer deposit ke nomor rekening pribadi
      3. Website resmi modalku hanya: modalku.co.id (khusus untuk pengajuan pinjaman)
      4. Modalku hanya memiliki 1 aplikasi khusus pendana, yang dapat di download hanya melalui Google Playstore atau App store
      5. Mohon untuk tidak download link aplikasi mencurigakan, yang dikirimkan melalui pesan whatsapp atau email yang mengatasnamakan Modalku
      6. Untuk berkonsultasi dengan Modalku bisa melalui live chat di website: modalku.co.id
      ——
      Jika kamu mendapatkan chat yang mencurigakan dari oknum yang mengatasnamakan Modalku, segera laporkan ke website: Lapor.go.id /layanan.kominfo.go.id/Cyber polisi
      Lalu menginfokan bukti pelaporannya ke tim Modalku via live chat. Jadwal: senin-jumat (09:00-18:00 WIB)

Tinggalkan Balasan