67

Awas! Penipuan Atas Nama Modalku Kembali Marak

modalku penipu

Tahun lalu, kasus penipuan yang mengatasnamakan Modalku mencuat. Calon peminjam Modalku banyak yang menjadi korban para penipu dengan berbagai modus. Salah satunya meminta transfer agar dana pinjaman segera cair. Hal ini tidak hanya merugikan korban, tetapi kami sebagai penyedia layanan. Banyak orang menganggap bahwa Modalku penipu karena kasus-kasus tersebut.

Selain modus tersebut, masih ada modus penipuan lainnya, seperti pemaksaan untuk menjadi peminjam, pengabaian terhadap riwayat pinjaman dan masih banyak lagi

Meski kasus-kasus di atas sudah ditangani dan dilaporkan kepada pihak yang berwenang, penipuan ini masih terjadi belakangan ini. Anda harus tetap waspada agar tidak terjerat penipuan serupa. Berikut beberapa tips terbaru dari kami agar Anda terhindar dari penipuan:


Kenali Dulu Media Sosial Resmi Modalku

Dengan mengenali media sosial resmi Modalku, Anda akan terhindar dari anggapan bahwa Modalku penipu. Modalku merupakan platform pendanaan digital terpercaya yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Ada banyak kasus penipuan yang diawali dengan adanya akun media sosial palsu yang mengaku dari Modalku. Setelah ada calon korban yang menghubungi akun palsu tersebut, di situlah penipu beraksi. Berbagai modus pun dilancarkan, yang paling sering jadi adalah meminta transfer untuk biaya pencairan dana pinjaman. 

Untuk menghindari penipuan ini, Anda harus mengenali berbagai akun media sosial resmi Modalku seperti di bawah ini: 

Selain tidak memiliki akun Telegram, Modalku juga tidak pernah memberikan nomor rekening atau meminta calon peminjam untuk transfer dana ke rekening pribadi. Selain itu, kami juga tidak pernah membagikan link/tautan pengajuan pinjaman melalui SMS atau WA. Jadi, jika ada pihak yang menyuruh Anda melakukannya, sudah pasti mereka adalah penipu! 

Anda juga dapat menyimak video di bawah ini untuk memahami modus-modus penipuan yang mengatasnamakan Modalku:

Setelah memahami sosial modalku, silahkan berkenalan dengan salah satu layanan kredit usaha dari kami. Klik tombol di bawah ini:

Ajukan Sekarang!

Cek URL Website

Selain akun media sosial, banyak penipu yang memanfaatkan kecerobohan calon peminjam dalam membedakan URL website. Sejatinya, URL merupakan alamat website yang unik untuk mengidentifikasi sebuah bisnis ataupaun entitas tertentu dalam internet. Dengan nama yang mirip-mirip, dan mencatut kata “Modalku”, penipu menjalankan aksinya. 

Pada website Modalku yang asli hanya ada kata “Modalku”, dengan alamat url www.modalku.co.id. Perhatikan dengan baik detail dan kelengkapan huruf dan simbol dalam url tersebut. 

Anda juga perlu berhati-hati dan tidak membuka link mencurigakan yang bersumber dari pesan WhatsApp atau email yang mengatasnamakan Modalku. Besar kemungkinan email tersebut adalah penipuan ataupun berisi virus berbahaya. 

Waspada pada Aplikasi “Palsu”

Anda juga harus waspada pada penipu yang menggunakan aplikasi palsu  yang mengatasnamakan Modalku. Sebagai informasi, aplikasi Modalku yang tersedia hanya digunakan untuk kegiatan pendanaan bukan pinjaman. Berikut contoh aplikasi palsu yang digunakan penipu untuk menjerat korban:

Laporkan Akun Palsu yang Mencurigakan

Jika Anda menemukan pesan yang mencurigakan, baik dari media sosial maupun website, yang mengatasnamakan Modalku, segera laporkan pada tim kami melalui:

Kami akan segera menindaklanjuti laporan Anda pada jam kerja mulai jam 09.00-18.00 WIB, dari hari Senin-Jumat. 

Itulah berbagai tips agar Anda terhindar dari penipuan yang mengatasnamakan Modalku. Tetap waspada dan pastikan website dan media sosial yang Anda kunjungi bukan akun palsu. Agar selalu terhindar dari penipuan, kunjungi platform pendanaan terpercaya Modalku. Klik tombol di bawah ini untuk ajukan kredit usaha:


Ajukan Sekarang!

Agar Anda makin waspada. Kenali juga Fraud, salah satu modus penipuan yang populer dalam dunia finansial. Apa itu Fraud?

Fraud adalah……

Fraud tak ubahnya penipuan atau penggelapan. Namun, istilah ini lebih populer digunakan dalam dunia keuangan atau finansial. Menurut Fraud Risk Management Guide (COSO), Fraud adalah setiap tindakan yang disengaja atau kelalaian yang dirancang untuk menipu orang lain, sehingga menghasilkan kerugian pada pihak korban. 

Pengertian lebih luasnya, fraud adalah tindakan kecurangan, penyimpangan dan pembiaran yang sengaja dilakukan untuk mengelabuhi, menipu, atau memanipulasi berbagai pihak, baik perorangan maupun perusahaan. Tentu, fraud sangat merugikan pihak korban. Biasanya, fraud terjadi dalam lingkungan perusahaan, menggunakan sarana perusahaan. Jadi, banyak pihak yang dirugikan dalam waktu yang bersamaan. 

Jadi, sekarang sudah tahu kan apa itu fraud. Intinya adalah penipuan yang merugikan secara finansial. Kini, di era digital, banyak penipuan atau fraud yang juga terjadi secara online. Meski fraud makin beragam cara kerjanya, fraud tetap punya karakteristik yang serupa. Apa saja ya?

Baca juga: Kenali Modus Penipuan yang Mengatasnamakan Modalku!

Karakteristik Fraud

Dari era mesin ketik hingga digital, fraud tetap punya karakteristik yang tidak berubah. Apa saja ya? Pertama, tidak bisa dihilangkan. Seakan sudah melekat dengan kegiatan transaksi keuangan, selalu ada penipu yang mengintai. Waspada adalah kunci. Kedua, tidak terduga. Terkadang meski sudah waspada, modus penipuan atau fraud seringkali tidak terduga oleh korbannya. 

Ketiga, fraud bisa dilakukan siapa saja, yang mungkin tidak kita duga sebelumnya. Keempat, penipuan bisa terjadi di mana saja, di kantor penyedia jasa keuangan hingga di rumah. Apalagi di zaman yang serba online seperti saat ini. Seakan tidak ada sekat. Kelima, fraud bisa terjadi kapan saja. 

Keenam, fraud dapat dilakukan dengan cara apa saja, yang seringkali tidak kita duga. Misalnya, adanya penelfon yang nomornya menggunakan nomor yang seakan nomer telepon perusahaan dan mengaku sebagai pegawai bank. Tentu, banyak korban yang tertipu dengan cara ini. Dan yang ketujuh, tentu saja tindakan kriminal ini menimbulkan materil dan moril. 

Baca juga: Cara Terhindar dari Pinjaman Online Ilegal

Jenis-Jenis Fraud

Setelah mengenali karakteristik fraud, tentu Anda sudah lebih paham tentang apa itu fraud? Nah, kini kita akan membahas berbagai jenis modus penipuan, apa saja ya?

Pharming

Modus jenis ini tergolong canggih karena si pelaku melakukan pengalihan dari situs yang asli ke situs palsu tanpa disadari oleh korban. Dengan cara ini, pelaku mengambil data korban. Setelah itu, bencana dimulai. Data tersebut akan disalahgunakan untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya. 

Spoofing

Tak kalah canggihnya, Spoofing dilakukan dengan perangkat lunak untuk menampilkan alamat e-mail/nama atau nomor telepon palsu di komputer agar menyembunyikan identitas. Banyak yang termakan dengan modus ini, karena penipu terkelabuhi oleh nama perusahaan atau pebisnis terkemuka. Berhati-hatliah saat menerima e-mail. Lakukan konfirmasi, cek alamat website atau e-mail resmi orang atau perusahaan. Jika mereka perusahaan atau pebisnis yang terkemuka, sudah pasti punya kontak yang dipublikasikan secara luas. 

Beberapa waktu yang lalu, modus ini juga terjadi dengan Modalku sebagai pihak yang dicatut namanya. Pelaku mengelabuhi calon korban dengan membuat akun – akun bodong di berbagai sosial media. Dengan nama yang mirip, korban diarahkan untuk mentransfer sejumlah uang dengan dalih investasi. Oleh karena itu, tetap waspada dengan penipuan online yang mengatasnamakan Modalku ya! Kenali dan ikuti media sosial resmi kami di bawah ini! Dan segera hubungi kami jika Anda menemukan akun palsu!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. 

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini

Subscribe

* indicates required

Comments 67

  1. Saya baru saja terkena scam yang mengatas namakan modalku,, dan pencairannya pun sangat mudah 40juta dan uang masuk ke dompet yang ada didalam aplikasi,, namun kalau ingin mencairkan ke bank pihak yg mengatas namakan modalku meminta sejumlah uang sebesar 2juta untuk mencairkan dana 40jt tersebut, sebagai bukti bahwa nasabah memiliki dana cadangan,, dan uang 2jt akan dikembalikan bersamaan dengan uang pencairan,,, dan mereka menggunakan whatsapp dengan nomer +855 71 404 9401 dengan foto profile whatsapp logo modalku

    1. Halo kak Meilani, saat ini memang sedang marak penipuan yang mengatasnamakan Modalku. Maka dari itu kami himbau untuk waspada terhadap oknum yang mengaku-ngaku dari Modalku. Jika sudah terlanjur transfer dana, kakak bisa membuat laporan di Lapor.go.id /layanan.kominfo.go.id/Cyber polisi
      Agar makin waspada, simak informasi agar terhindar dari penipuan:
      ——
      1. Akun IG kami hanya @modalkuid dan @pendanamodalku (tidak ada yang lain) dan Modalku tidak memliki akun telegram. Akun resmi Modalku bisa di cek pada story highlight kami bagian “AKUN PALSU”
      2. Modalku tidak pernah memberikan nomor rekening atau meminta teman-teman melakukan transfer deposit ke nomor rekening pribadi
      3. Website resmi modalku hanya: modalku.co.id (khusus untuk pengajuan pinjaman)
      4. Modalku hanya memiliki 1 aplikasi khusus pendana, yang dapat di download hanya melalui Google Playstore atau App store
      5. Mohon untuk tidak download link aplikasi mencurigakan, yang dikirimkan melalui pesan whatsapp atau email yang mengatasnamakan Modalku
      6. Untuk berkonsultasi dengan Modalku bisa melalui live chat di website: modalku.co.id
      ——
      Jika kamu mendapatkan chat yang mencurigakan dari oknum yang mengatasnamakan Modalku, segera laporkan ke website: Lapor.go.id /layanan.kominfo.go.id/Cyber polisi
      Lalu menginfokan bukti pelaporannya ke tim Modalku via live chat. Jadwal: senin-jumat (09:00-18:00 WIB)

    1. Halo kak Wahyu, kami menyayangkan kejadian tersebut. Saat ini memang sedang marak penipuan yang mengatasnamakan Modalku. Maka dari itu kami himbau untuk Waspada terhadap oknum yang mengaku-ngaku dari Modalku. Berikut informasi agar terhindar dari penipuan:
      ——
      1. Akun IG kami hanya @modalkuid dan @pendanamodalku (tidak ada yang lain) dan Modalku tidak memliki akun telegram. Akun resmi Modalku bisa di cek pada story highlight kami bagian “AKUN PALSU”
      2. Modalku tidak pernah memberikan nomor rekening atau meminta teman-teman melakukan transfer deposit ke nomor rekening pribadi
      3. Website resmi modalku hanya: modalku.co.id (khusus untuk pengajuan pinjaman)
      4. Modalku hanya memiliki 1 aplikasi khusus pendana, yang dapat di download hanya melalui Google Playstore atau App store
      5. Mohon untuk tidak download link aplikasi mencurigakan, yang dikirimkan melalui pesan whatsapp atau email yang mengatasnamakan Modalku
      6. Untuk berkonsultasi dengan Modalku bisa melalui live chat di website: modalku.co.id
      ——
      Jika kamu mendapatkan chat yang mencurigakan dari oknum yang mengatasnamakan Modalku, segera laporkan ke website: Lapor.go.id /layanan.kominfo.go.id/Cyber polisi
      Lalu menginfokan bukti pelaporannya ke tim Modalku via live chat. Jadwal: senin-jumat (09:00-18:00 WIB)

  2. Saya habis kena scam dari aplikasi modalku yg memberikan pendanaan sebesar 20jt dgn tenor 12bulan, dan harus deposit sebesar 1jt utk pencairan dana tsb, wa dgn no +855 71 339 5227 deposit di setor ke nomer virtual account setelah di setor no rekening bermasalah dan harus deposit kembali sebesar 30% (6jt) utk perbaikan data, dari situ saya sdh curiga penipuan, karena saya bilang alasan uang nya tidak ada, malah memberikan penawaran keringanan sebesar 2jt utk deposit nya, whatsapp nya pun logo modalku, dah beberapa kali saya pastikan selalu memberi pengertian nama PT dan terdaftar di OJK, ketika saya tanya kenapa ada 2 aplikasi modalku kata nya utk yg di playstore hanya utk UMKM sedangkan yg di link utk pendanaan, merugikan orang² kalo yg sedang benar kesusahan butuh uang utk modal berjualan

    1. Halo kak @Viktor, maaf baru balas. Dapat dipastikan bahwa kejadian tersebut adalah penipuan. Aplikasi Modalku yang ada di playstore hanya untuk pendanaan. Bukan pinjaman. Kami juga tidak pernah meminta transfer sebagai persyaratan pencairan pinjaman.

      Saat ini masih marak penipuan yang mengatasnamakan Modalku. Maka dari itu kami himbau untuk Waspada terhadap oknum yang mengaku-ngaku dari Modalku. Berikut informasi agar terhindar dari penipuan:
      ——
      1. Akun IG kami hanya @modalkuid dan @pendanamodalku (tidak ada yang lain) dan Modalku tidak memliki akun telegram. Akun resmi Modalku bisa di cek pada story highlight kami bagian “AKUN PALSU”
      2. Modalku tidak pernah memberikan nomor rekening atau meminta teman-teman melakukan transfer deposit ke nomor rekening pribadi
      3. Website resmi modalku hanya: modalku.co.id (khusus untuk pengajuan pinjaman)
      4. Modalku hanya memiliki 1 aplikasi khusus pendana, yang dapat di download hanya melalui Google Playstore atau App store
      5. Mohon untuk tidak download link aplikasi mencurigakan, yang dikirimkan melalui pesan whatsapp atau email yang mengatasnamakan Modalku
      6. Untuk berkonsultasi dengan Modalku bisa melalui live chat di website: modalku.co.id
      ——
      Jika kak Viktor, mendapatkan chat yang mencurigakan dari oknum yang mengatasnamakan Modalku, segera laporkan ke website: Lapor.go.id /layanan.kominfo.go.id/Cyber polisi
      Lalu menginfokan bukti pelaporannya ke tim Modalku via live chat. Jadwal: senin-jumat (09:00-18:00 WIB)

      Terima kasih sudah melaporkan ini. Tetap waspada ya kak!

    1. Halo kak Anggita
      Tetap waspada ya kak. Jangan pernah transfer uang dengan alasan untuk pencairan. Modalku tidak pernah melakukan praktik tersebut.

      Sebagai info, saat ini memang sedang marak penipuan yang mengatasnamakan Modalku. Maka dari itu kami himbau untuk Waspada terhadap oknum yang mengaku-ngaku dari Modalku. Berikut informasi agar terhindar dari penipuan:
      ——
      1. Akun IG kami hanya @modalkuid dan @pendanamodalku (tidak ada yang lain) dan Modalku tidak memliki akun telegram. Akun resmi Modalku bisa di cek pada story highlight kami bagian “AKUN PALSU”
      2. Modalku tidak pernah memberikan nomor rekening atau meminta teman-teman melakukan transfer deposit ke nomor rekening pribadi
      3. Website resmi modalku hanya: modalku.co.id (khusus untuk pengajuan pinjaman)
      4. Modalku hanya memiliki 1 aplikasi khusus pendana, yang dapat di download hanya melalui Google Playstore atau App store
      5. Mohon untuk tidak download link aplikasi mencurigakan, yang dikirimkan melalui pesan whatsapp atau email yang mengatasnamakan Modalku
      6. Untuk berkonsultasi dengan Modalku bisa melalui live chat di website: modalku.co.id

      Terima kasih sudah mengunjungi blog kami. Informasi yang kakak berikan akan berguna untuk mencegah tindak penipuan selanjutnya.

    1. Halo ka Kholda, betul kak harus berhati-hati.

      Yang jelas, kami tidak pernah meminta calon nasabah untuk transfer. Kenali ciri-ciri! dan Laporkan jika terjadi penipuan.

      Sebagai info, saat ini memang sedang marak penipuan yang mengatasnamakan Modalku. Maka dari itu kami himbau untuk Waspada terhadap oknum yang mengaku-ngaku dari Modalku. Berikut informasi agar terhindar dari penipuan:
      ——
      1. Akun IG kami hanya @modalkuid dan @pendanamodalku (tidak ada yang lain) dan Modalku tidak memliki akun telegram. Akun resmi Modalku bisa di cek pada story highlight kami bagian “AKUN PALSU”
      2. Modalku tidak pernah memberikan nomor rekening atau meminta teman-teman melakukan transfer deposit ke nomor rekening pribadi
      3. Website resmi modalku hanya: modalku.co.id (khusus untuk pengajuan pinjaman)
      4. Modalku hanya memiliki 1 aplikasi khusus pendana, yang dapat di download hanya melalui Google Playstore atau App store
      5. Mohon untuk tidak download link aplikasi mencurigakan, yang dikirimkan melalui pesan whatsapp atau email yang mengatasnamakan Modalku
      6. Untuk berkonsultasi dengan Modalku bisa melalui live chat di website: modalku.co.id

  3. Saya habis kena scam dari aplikasi modalku yg memberikan pendanaan sebesar 20jt dgn tenor 12bulan, dan harus deposit sebesar 1jt utk pencairan dana tsb, wa dgn no +855 71 2947 232

  4. tlong bantu sya ka🙏 kluar dr akun penipu itu sya tdk mau ada yg tiba” dtng krmh buat nagih sedangkan duit nya tdk sma sya, duit nya ada di dompet blom masuk ke rekening sya

    1. Halo kak Azizah, terima kasih sudah mengontak kami. Kami turut menyesalkan kejadian tersebut. Jika sudah jelas mereka penipu segera laporkan pada tim Modalku via live chat. Jadwal: senin-jumat (09:00-18:00 WIB)

      Sebagai info, saat ini memang sedang marak penipuan yang mengatasnamakan Modalku. Maka dari itu kami himbau untuk Waspada terhadap oknum yang mengaku-ngaku dari Modalku. Berikut informasi agar terhindar dari penipuan:
      ——
      1. Akun IG kami hanya @modalkuid dan @pendanamodalku (tidak ada yang lain) dan Modalku tidak memliki akun telegram. Akun resmi Modalku bisa di cek pada story highlight kami bagian “AKUN PALSU”
      2. Modalku tidak pernah memberikan nomor rekening atau meminta teman-teman melakukan transfer deposit ke nomor rekening pribadi
      3. Website resmi modalku hanya: modalku.co.id (khusus untuk pengajuan pinjaman)
      4. Modalku hanya memiliki 1 aplikasi khusus pendana, yang dapat di download hanya melalui Google Playstore atau App store
      5. Mohon untuk tidak download link aplikasi mencurigakan, yang dikirimkan melalui pesan whatsapp atau email yang mengatasnamakan Modalku
      6. Untuk berkonsultasi dengan Modalku bisa melalui live chat di website: modalku.co.id

      Terima kasih sudah mengunjungi blog kami. Informasi yang kakak berikan akan berguna untuk mencegah tindak penipuan selanjutnya.

  5. Alhamdulillah ad blog ini saya hampir ketipu saya di paksa transfer uang sebesar 1 juta untuk pencairan dana sebesar 20juta harus pada hari ini juga, saya belum sempet transfer sih tapi mereka mengancam untuk membawa saya ke jalur hukum, karena saya sudah melanggar kontrak. Jadi saya gak perlu takut lah ya sama ancaman mereka.

    1. Wih halo kak Tri. Kami turut senang karena info yang kami berikan dapat menghindarkan kakak dari penipuan. Tetap hati-hati ya kak. Dan langsung ke website http://www.modalku.co.id, jika kakak membutuhkan pinjaman modal usaha.

  6. Hampir saja saya kena tipu Mana ada saya Lagi butuh uang di suru bayar transfer 1jt dulu.. untung saja .. ada ancama pula mau ke jalur hukum.. saya langsung bilang saya lagi menuju kantor polisi buat laporan penipuan eh dia telp saya terus saya gk anggkat atau ladenin.. no TLP penipu +855 90 687 683 tolong tindak lanjuti

  7. Mau tanya kk saya habis kena scam bahwa pencairan di saldo 30 juta tapi harus deposit dulu dan katanya pembayaran angsuran akan di potong secara otomatis dari tabungan padahal saya gak terima uang sama sekali apa benar nanti setiap bulan saldo saya akan terpotong otomatis k

    1. Halo kak Heri, sudah dipastikan itu penipuan kak. Modalku tidak pernah meminta transfer/deposit sebagai syarat pembayaran pinjaman

  8. Saya juga hampir kena tipu yg meminta transfer uang 2juta untuk peminjaman 40juta sedangkan saya gak langsung percaya dan mereka mengancam untuk melaporkan ke polisi

    1. Halo kak Rendra, syukurlah kakak tidak jadi mentransfer uang tersebut. Kami senang informasi ini dapt mencegah kakak terjebak dalam penipuan.

      Sebagai info, saat ini memang sedang marak penipuan yang mengatasnamakan Modalku. Maka dari itu kami himbau untuk Waspada terhadap oknum yang mengaku-ngaku dari Modalku. Berikut informasi agar terhindar dari penipuan:
      ——
      1. Akun IG kami hanya @modalkuid dan @pendanamodalku (tidak ada yang lain) dan Modalku tidak memliki akun telegram. Akun resmi Modalku bisa di cek pada story highlight kami bagian “AKUN PALSU”
      2. Modalku tidak pernah memberikan nomor rekening atau meminta teman-teman melakukan transfer deposit ke nomor rekening pribadi
      3. Website resmi modalku hanya: modalku.co.id (khusus untuk pengajuan pinjaman)
      4. Modalku hanya memiliki 1 aplikasi khusus pendana, yang dapat di download hanya melalui Google Playstore atau App store
      5. Mohon untuk tidak download link aplikasi mencurigakan, yang dikirimkan melalui pesan whatsapp atau email yang mengatasnamakan Modalku
      6. Untuk berkonsultasi dengan Modalku bisa melalui live chat di website: modalku.co.id

      Terima kasih sudah mengunjungi blog kami. Informasi yang kakak berikan akan berguna untuk mencegah tindak penipuan selanjutnya.

  9. Saya barusaja kena tipu juga bagaimana ini, saya sudah terlanjur transfer 1000000, dan saataian dicairkan ada lagi kendalanya katanya nomor rekening saya tidak valid, lah saya loh jelah ketik nomor rekening saya kok malah 1 angka berubah, lalu alasannya dana saya sementara dibekukan, untuk kembali mencairkan saya harus kembali menyetor sebanyak 2 juta, , bagaimana ini dengan dana saya yg sudh terlanjur saya setor, saya bingung kerna itu uang saya pinjam dari orang lain

    1. Halo kak Sri, sungguh kami sayangkan peristiwa tersebut karena kakak sudah kena tipu. Modalku tidak pernah meminta transfer/deposit sebagai syarat pencairan pinjaman.

      Sebagai info, saat ini memang sedang marak penipuan yang mengatasnamakan Modalku. Maka dari itu kami himbau untuk Waspada terhadap oknum yang mengaku-ngaku dari Modalku. Berikut informasi agar terhindar dari penipuan:
      ——
      1. Akun IG kami hanya @modalkuid dan @pendanamodalku (tidak ada yang lain) dan Modalku tidak memliki akun telegram. Akun resmi Modalku bisa di cek pada story highlight kami bagian “AKUN PALSU”
      2. Modalku tidak pernah memberikan nomor rekening atau meminta teman-teman melakukan transfer deposit ke nomor rekening pribadi
      3. Website resmi modalku hanya: modalku.co.id (khusus untuk pengajuan pinjaman)
      4. Modalku hanya memiliki 1 aplikasi khusus pendana, yang dapat di download hanya melalui Google Playstore atau App store
      5. Mohon untuk tidak download link aplikasi mencurigakan, yang dikirimkan melalui pesan whatsapp atau email yang mengatasnamakan Modalku
      6. Untuk berkonsultasi dengan Modalku bisa melalui live chat di website: modalku.co.id

      Terima kasih sudah mengunjungi blog kami. Informasi yang kakak berikan akan berguna untuk mencegah tindak penipuan selanjutnya.

  10. Saya juga sudah kena tipu itu aplikasi,kemarin sampe 2x transfer yg awal 1 jt lalu 3jt dengan alasan deposit dan akan kembali ke rekening dengan jumlah tambahannya. Bagaimana dengan data saya, dan apakah ancaman soal kontrak itu benar dengan jalan hukum

    1. Halo kak Devi, sungguh disayangkan ya. Kami turut simpati. Dapat kami infokan bahwa Modalku tidak pernah meminta deposit untuk mencairkan pinjaman. Jangan takut dengan ancaman tersebut mereka adalah penipu!

    2. Halo kak. Sungguh disayangkan atas kejadian tersebut. Jangan takut atas ancaman tersebut! Kami tidak pernah meminta deposit atau kiriman uang.

      Sebagai info, saat ini memang sedang marak penipuan yang mengatasnamakan Modalku. Maka dari itu kami himbau untuk Waspada terhadap oknum yang mengaku-ngaku dari Modalku. Berikut informasi agar terhindar dari penipuan:
      ——
      1. Akun IG kami hanya @modalkuid dan @pendanamodalku (tidak ada yang lain) dan Modalku tidak memliki akun telegram. Akun resmi Modalku bisa di cek pada story highlight kami bagian “AKUN PALSU”
      2. Modalku tidak pernah memberikan nomor rekening atau meminta teman-teman melakukan transfer deposit ke nomor rekening pribadi
      3. Website resmi modalku hanya: modalku.co.id (khusus untuk pengajuan pinjaman)
      4. Modalku hanya memiliki 1 aplikasi khusus pendana, yang dapat di download hanya melalui Google Playstore atau App store
      5. Mohon untuk tidak download link aplikasi mencurigakan, yang dikirimkan melalui pesan whatsapp atau email yang mengatasnamakan Modalku
      6. Untuk berkonsultasi dengan Modalku bisa melalui live chat di website: modalku.co.id

      Terima kasih sudah mengunjungi blog kami. Informasi yang kakak berikan akan berguna untuk mencegah tindak penipuan selanjutnya.

  11. Saya ditipu oleh aplikasi Modalku, sy sdh transfer 5 juta dan sampai sekarang uang sy tdk kembali, apa penipu itu tidak bisa ditindaklanjuti, tolong dong kak sebelum bnyk korban lg

    1. Halo kak Astuti, terima kasih sudah bercerita di sini. Kami terus menindaklanjuti laporan-laporan terkait penipuan ini kak.
      Kami terus menghimbau kakak dan teman-teman lainnya untuk selalu waspada terhadap oknum yang mengaku-ngaku dari Modalku. Berikut informasi agar terhindar dari penipuan:
      ——
      1. Akun IG kami hanya @modalkuid dan @pendanamodalku (tidak ada yang lain) dan Modalku tidak memliki akun telegram. Akun resmi Modalku bisa di cek pada story highlight kami bagian “AKUN PALSU”

      2. Modalku tidak pernah memberikan nomor rekening atau meminta teman-teman melakukan transfer deposit ke nomor rekening pribadi

      3. Website resmi modalku hanya: modalku.co.id (khusus untuk pengajuan pinjaman)

      4. Modalku hanya memiliki 1 aplikasi khusus pendana, yang dapat di download hanya melalui Google Playstore atau App store

      5. Mohon untuk tidak download link aplikasi mencurigakan, yang dikirimkan melalui pesan whatsapp atau email yang mengatasnamakan Modalku

      6. Untuk berkonsultasi dengan Modalku bisa melalui live chat di website: modalku.co.id
      ——
      Jika kamu mendapatkan chat yang mencurigakan dari oknum yang mengatasnamakan Modalku, segera laporkan ke website:
      Lapor.go.id / layanan.kominfo.go.id / Cyber polisi

  12. saya sudah kena scam 20jt . cuman blm adabpenarikan dan gak sama sekali saya mau hubungi cs. nya . krn nomornya terhubung ke wa. tapi saya takut suatu hari nanti ada org menagih kerumah! apa bisa dilaporkan???

    1. Halo kak Teti, sungguh disesalkan kejadian yang menimpa kakak. Mereka memang klompotan penipu yang sedang gencar mencari korban kak. Kami tak pernah lelah mengumpulkan laporan dan menindaklanjutinya kepada pihak yang berwajib. Agar lebih waspada mohon perhatikan poin-poin berikut ini ya:
      ——
      1. Akun IG kami hanya @modalkuid dan @pendanamodalku (tidak ada yang lain) dan Modalku tidak memliki akun telegram. Akun resmi Modalku bisa di cek pada story highlight kami bagian “AKUN PALSU”

      2. Modalku tidak pernah memberikan nomor rekening atau meminta teman-teman melakukan transfer deposit ke nomor rekening pribadi

      3. Website resmi modalku hanya: modalku.co.id (khusus untuk pengajuan pinjaman)

      4. Modalku hanya memiliki 1 aplikasi khusus pendana, yang dapat di download hanya melalui Google Playstore atau App store

      5. Mohon untuk tidak download link aplikasi mencurigakan, yang dikirimkan melalui pesan whatsapp atau email yang mengatasnamakan Modalku

      6. Untuk berkonsultasi dengan Modalku bisa melalui live chat di website: modalku.co.id
      ——
      Jika kamu mendapatkan chat yang mencurigakan dari oknum yang mengatasnamakan Modalku, segera laporkan ke website:
      Lapor.go.id / layanan.kominfo.go.id / Cyber polisi

  13. Alhamdulillah saya terhindar dari penipuan. Untung saja masih ada pertimbangan di hati saya. Kasusnya hampir sama dengan kawan2 diatas. Di WA disuruh deposit tp saya gk mau. Pertimbangan saya adalah, saya butuh uang koq malah disuruh ngluarin uang, sangat gk masuk akal. Saya bilang, jangankan 1jt mau 5jt pun saya kasih itu deposit klo memang apk ini benar. Eeh.. Dia malah marah, makin dalem aja nie gua punya curiga. Drpd gua ketipu mending gua gertak aja duluan. Ma kasih bang atas infonya.

  14. Selamat malam kak, mohon maaf mengganggu, setelah saya membaca semua ulasan tersebut saya merasa bersyukur karna saya belum sempat mentransfer uang kerekening tersebut, bagaimana dengan data” pribadi yang sudah masuk iya kak, apakah data tersebut dapat digunakan oleh oknum trsebut untuk tindak kejahatan atau dipastikan bakal aman kak, karna saya juga mendapatkan ancaman apabila saya tidak mentransfer saya harus tetap membayar uang yang pinjaman tersebut setiap bulannya , sementara uang tersebut tidak bisa saya gunakan

    1. Halo kak Hidayat, syukurlah kaka tidak jadi tertipu. Abaikan ancaman mereka kak! Kami tidak pernah mensyaratkan transfer dana untuk mencairkan pinjaman.

      Saat ini memang masih marak penipuan yang mengatasnamakan Modalku. Maka dari itu kami himbau untuk Waspada terhadap oknum yang mengaku-ngaku dari Modalku. Berikut informasi agar terhindar dari penipuan:
      ——
      1. Akun IG kami hanya @modalkuid dan @pendanamodalku (tidak ada yang lain) dan Modalku tidak memliki akun telegram. Akun resmi Modalku bisa di cek pada story highlight kami bagian “AKUN PALSU”

      2. Modalku tidak pernah memberikan nomor rekening atau meminta teman-teman melakukan transfer deposit ke nomor rekening pribadi

      3. Website resmi modalku hanya: modalku.co.id (khusus untuk pengajuan pinjaman)

      4. Modalku hanya memiliki 1 aplikasi khusus pendana, yang dapat di download hanya melalui Google Playstore atau App store

      5. Mohon untuk tidak download link aplikasi mencurigakan, yang dikirimkan melalui pesan whatsapp atau email yang mengatasnamakan Modalku

      6. Untuk berkonsultasi dengan Modalku bisa melalui live chat di website: modalku.co.id
      ——
      Jika kamu mendapatkan chat yang mencurigakan dari oknum yang mengatasnamakan Modalku, segera laporkan ke website:
      Lapor.go.id / layanan.kominfo.go.id / Cyber polisi
      Lalu menginfokan bukti pelaporannya ke tim Modalku via live chat. Jadwal: senin-jumat (09:00-18:00 WIB)

  15. saya saifudin
    Saya habis kena scam dari aplikasi modalku tadi siang,yg memberikan pendanaan sebesar 20jt dgn tenor 24bulan, dan harus deposit sebesar 5% dulu(1jt)utk pencairan dana tsb, wa dgn no +855 71 524 6599ga tau ini juga nomor apaan, deposit di setor ke nomer virtual account setelah di setor no rekening bermasalah dan harus deposit kembali sebesar 30% (6jt) utk perbaikan data, dari situ saya sdh curiga penipuan, karena saya bilang alasan uang nya tidak ada, malah memberikan penawaran keringanan sebesar 3jt utk deposit nya, whatsapp nya pun logo modalku, dah beberapa kali saya pastikan selalu memberi pengertian nama PT dan terdaftar di OJK, merugikan orang² kalo yg sedang benar kesusahan butuh uang utk modal berjualan
    ya allooh kenapa saya harus ketipu
    nama dari customer servisnya adalah muhamad husen aulia
    saya ketipu sampe 5 jt dengan segala macam alasan
    dan bodo nya saya nurut aja karna memang sedang butuh uang

    1. Halo kak Saifudin, sangat disayangkan ya. Kami turut simpati dengan kejadian tersebut. Saat ini memang masih marak penipuan yang mengatasnamakan Modalku. Maka dari itu kami himbau untuk Waspada terhadap oknum yang mengaku-ngaku dari Modalku. Berikut informasi agar terhindar dari penipuan:
      ——
      1. Akun IG kami hanya @modalkuid dan @pendanamodalku (tidak ada yang lain) dan Modalku tidak memliki akun telegram. Akun resmi Modalku bisa di cek pada story highlight kami bagian “AKUN PALSU”

      2. Modalku tidak pernah memberikan nomor rekening atau meminta teman-teman melakukan transfer deposit ke nomor rekening pribadi

      3. Website resmi modalku hanya: modalku.co.id (khusus untuk pengajuan pinjaman)

      4. Modalku hanya memiliki 1 aplikasi khusus pendana, yang dapat di download hanya melalui Google Playstore atau App store

      5. Mohon untuk tidak download link aplikasi mencurigakan, yang dikirimkan melalui pesan whatsapp atau email yang mengatasnamakan Modalku

      6. Untuk berkonsultasi dengan Modalku bisa melalui live chat di website: modalku.co.id
      ——
      Jika kamu mendapatkan chat yang mencurigakan dari oknum yang mengatasnamakan Modalku, segera laporkan ke website:
      Lapor.go.id / layanan.kominfo.go.id / Cyber polisi
      Lalu menginfokan bukti pelaporannya ke tim Modalku via live chat. Jadwal: senin-jumat (09:00-18:00 WIB)

  16. Saya baru hari ini dapet scam modalku yg suruh saya transfer 5% jika dana 20jt nya bisa di cair kan.allhamdulilah saya tidak transfer karna sy yakin ini penipuan karna dr cs nya saja dia SDH melalui wa. ±63 9207345880 itu no wa nya.setelah membaca di atas pertanyaan saya ada 2.
    1. Apakah kontrak yg sudah saya tandatangani dengan penipu itu dapat di gunakan untuk di bawa ke jalur hukum oleh pihak penipu..??
    2. Apakah data saya seperti foto KTP bolak balik dan tanda tangan dapat di gunakan oleh penipu untuk merugikan saya..atas jawaban nya pak Ubaidillah Pratama saya ucapkan terima kasih yg sebesar besar nya..

    1. Halo kak Riki, terima kasih sudah berbagi cerita. Tindakan tepat kak! Saat ini memang sedang marak praktek scam/penipuan yang mengatasnamakan Modalku. Jangan khawatir kak, mustahil mereka mau membawa ke jalur hukum mereka sendiri ilegal. Kedua, untuk data KTP, potensi penyalahgunaan tetap ada. Namun, kakak harus tetap waspada ya! Kami terus mengawal kasus ini agar korban tidak lagi berjatuhan.

  17. Saya kena tipu modalku ada dompet 20 jt, disuruh tranfer 1 juta kemdian 6 juta, saya percaya, jadi stelah itu alasannya macam macam… Nomor WA +855 71 353 9731, tolong gimana caranya uang saya kembali…. Katanya terdaftar di OJK

    1. Halo kak Rosidi, sayang sekali kakak sudah kena tipu. Saat ini memang sedang marak penipu yang mengaku sebagai Modalku. Dapat kami tegaskan, bahwa Modalku tidak pernah meminta transfer sebagai syarat pencairan dana.

      Berikut informasi agar terhindar dari penipuan:
      ——
      1. Akun IG kami hanya @modalkuid dan @pendanamodalku (tidak ada yang lain) dan Modalku tidak memliki akun telegram. Akun resmi Modalku bisa di cek pada story highlight kami bagian “AKUN PALSU”

      2. Modalku tidak pernah memberikan nomor rekening atau meminta teman-teman melakukan transfer deposit ke nomor rekening pribadi

      3. Website resmi modalku hanya: modalku.co.id (khusus untuk pengajuan pinjaman)

      4. Modalku hanya memiliki 1 aplikasi khusus pendana, yang dapat di download hanya melalui Google Playstore atau App store

      5. Mohon untuk tidak download link aplikasi mencurigakan, yang dikirimkan melalui pesan whatsapp atau email yang mengatasnamakan Modalku

      6. Untuk berkonsultasi dengan Modalku bisa melalui live chat di website: modalku.co.id
      ——
      Jika kamu mendapatkan chat yang mencurigakan dari oknum yang mengatasnamakan Modalku, segera laporkan ke website:
      Lapor.go.id / layanan.kominfo.go.id / Cyber polisi
      Lalu menginfokan bukti pelaporannya ke tim Modalku via live chat. Jadwal: senin-jumat (09:00-18:00 WIB)

  18. Saya juga sudah kena…sy ajukan pinjaman 20jt sudah di acc katanya…lalu disuruh top up 20%….saking butuh nya sy langsung transfer 1 juta rekening nya ke PT TREN BILL RELOAD. Ternyata katanya rekening sy salah…merasa aneh juga krn waktu ngisi sy yakin udah bener…koq bisa salah katanya…lalu malah sy disuruh top up lagi 6 juta karena kesalahan tsb…katanya itu sudah tercantum dalam perjanjian yg sy tanda tangani tadi…….
    Wah … Udah ngaco ini … Lemes deh…sy yakin sy kena tipu kalo gini…
    Mana duit 1 juta tadi juga sy minjem dari temen…….Ya Tuhan…….

    1. Halo kak Rina, Terima kasih sudah bercerita di sini kak. Kami menyayangkan peristiwa tersebut. Modalku memang tidak pernah meminta transfer dana untuk mencairkan pinjaman. Semoga ke depan lebih hati-hati ya kak.! Semangat kak!

  19. Saya juga hampir tertipu mas, saya coba tf 100k untuk mancing dia. Dan dia maksa. Apakah data data kita aman dan dia ancam jalur hukum karna saya Uda tanda tangan kontrak mas.
    Nomor WA +855 71 524 6599

    1. Siap kak. Terima kasih laporannya kak Imam. Kami tampung dan teruskan ke pihak berwajib. Pararel kakak bisa laporkan ke
      Lapor.go.id / layanan.kominfo.go.id / Cyber polisi
      Lalu menginfokan bukti pelaporannya ke tim Modalku via live chat. Jadwal: senin-jumat (09:00-18:00 WIB)

  20. Jika data sudah terlanjur di buat dengan segala macam seperi nomer rekening , KTP dan tanda tangan tapi saya belum transfer ,apakah penipu itu tetap bisa melakukan penarikan otomatis ke rekening kita kak ?

    1. Halo kak, Maulana. Maaf baru balas. Harusnya tidak masalah kak, selama kakak tidak pernah membagikan pin atau password e-banking. yang penting jangan pernah transfer ke rekening mereka. Segera laporkan kejadian ke website:
      Lapor.go.id / layanan.kominfo.go.id / Cyber polisi
      Lalu menginfokan bukti pelaporannya ke tim Modalku via live chat. Jadwal: senin-jumat (09:00-18:00 WIB)

  21. Hallo ka Ubaidillah pratama saya ibu Arni, trimakasih atas semua infonya, alhamdulillah saya terhindar dari penipuan modalku karena hampur saja kena tipu, untungnya saya kepikiran untuk buka & goggling aplikasi modalku sehingga terhindar dari penipuan akun palsu modalku, saya belum sempat transfer karena saya masih ragu kenapa kita lagi butuh duit kok di suruh transfer, untungnya saya baca dulu info tentang modalku, tapi saya masih was – was dengan surat kontrak yang sudah saya tanda tangani serta data saya bagaimana, saya masih ada rasa takut dengan ancamanya, saya harus bagaimana & saya mohon penjelasannya ka Ubaidillah pratama, trimakasih

    1. Hai kak Arni. Wah senang sekali informasi yang kami berikan dapat menghindarkan kakak dari modus penipuan. Saat ini memang harus waspada kak, karena sedang marak kasus serupa. Jangan takut dengan ancamannya kak, itu cuma gertakan. Silahkan laporkan kepada pihak yang berwajib terkait ancaman tersebut ke Lapor.go.id / layanan.kominfo.go.id / Cyber polisi.

    1. Halo kak Dedek, terima kasih sudah melaporkan. Kami akan lanjutkan laporannya, dan jika mereka meminta kakak mentranster dana. Abaikan saja. Sudah jelas dia penipu

  22. Saya sama kasusnya bahkan sdh kena 7 jt,pertama 1 jt lalu 6 jt utk perbaikan rekening yg salah minta lagi 8 jt utk perbaikan BI checking tdk saya turuti …ni wa nya +855 71 279 4729…mhn ditunda lanjuti..sdh saya laporkan ke email modalku

    1. Terima kasih laporannya kak. Mohon sabar menunggu ya. Kami juga sudah melaporkan ke pihak yang berwajib serta terus mengawal kasys ini

  23. selamat malam, saya mau bertanya, saya sudah isi data dr KTP sampai no rekening, tapi saya belum transfer, apakah nanti saya akan tetap kena autodebit seperti ancaman yang di cantumkan di kontrak?

    1. Halo kak. Jangan transfer kak! Itu penipu. Modalku tidak pernah meminta calon peminjam untuk mentransfer dana sebagai syarat pencairan pinjaman

  24. Malam kak Ubaidillah
    Saya juga , tapi belum transfer
    Tapi data sudah saya kasihkan
    Tanda tangan dikosongkan , tapi kok jadi diatas kontrak .
    Apa nanti data saya disebar karena tidak transfer uang pembatalan pinjaman

    1. Halo kak Roifah, maaf baru bales. Jangan khawatir kak. Yang penting jangan pernah transfer uang ke mereka. Jika mereka mengancam, segera laporkan ke pihak berwenang kak. Dipastikan mereka penipu

  25. Saya juga sama ini di kasi waktu hari ini juga .untum top uff 1 juta .untuk pencairan dana.krn dari itu saya agak ragu .dan curiga. Dan chtnn dari costmer servis nya melalui wha .jika tdk menindak lanjuti isi ulang sebesar 1 juta. Saya akan kena pasal krn sudah melanggar kontrak .krn di situ saya tanda tangan .saya kira setelah mengajukan pinjaman akan cair ke rekening saya .gtw nya .harus bayar isi ulang dulu .baru dana bisa di tarik di apl nya .

    1. Halo kak Dicky, terima kasih sudah berbagi. Jangan takut ancaman mereka kak! Mereka penipu kak! Modalku tidak pernah meminta transfer untuk mencairkan pinjaman

  26. Untung saya sudah membaca banyak ulasan di atas tpyg saya takut kan 1.data ktp saya bolak balik
    2.tanda tangan saya
    Semoga tidak disalah gunakan

    1. Halo kak Diana, terima kasih sudah berbagi. Syukurlah kak, sudah mencari info dan membaca ulasan ulasan dengan baik. Semoga aman ya kak. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan, segera lapor pihak berwajib kak.

  27. Saya sudah di tipu 7jt,,mana uangnya minjam dari orang,,transfer pertama 1jt setelahnya katanya biaya perbaikan data 6jt..saya susah dan butuh dana buat modal usaha..eh mala di tipu..jadi bagaimana solusinya..apa bisa uang saya kembali😭😭😭😭

    1. Halo kak Anita, turut prihatin dengan kasus tersebut. Kami sedang data dan kumpulkan laporan dari korban-korban penipuan serupa. Pararel kakak bisa langsung melapor ke pihak yang berwenang ya

  28. Terima kasih Ka Ubaidillahpratama yg telah mengasih informasi.
    Kejadian saya sama dengan diatas.
    Apakah data/dokoment kita yg ada pada pihak tsb bisa diblokir?

    1. Halo kak empur, terima kasih sudah berbagi. Semua laporan akan kami proses ya. Semoga para penipu segera tertangkap dan data kakak bisa segera diamankan.

  29. hallo kak, baru saja saya terkena scam penupuan 20jt. sama juga dia meminta deposit 5% untungnya tidak saya beri. apakah data saya aman nantinya? apa mereka juga akan mengancam saya?
    apa yg harus saya lakukan? apakah aplikasinya harus saya hapus kak?

    1. Halo kak Winda, jangan takut dengan ancaman mereka kak! Mereka penipu! Segera laporkan ke pihak berwenang. Kami tidak pernah meminta transfer sebagai syarat pencairan pinjaman.

  30. Saya juga hampir kena tipu kak, tapi alhamdulillah nya saya tidak melakukan transfer, karena saya sudah mulai curiga kok tiba2 uang masuk begitu saja, udah gitu cara menghubungi customer service nya malah lewat whatsapp, dan no nya juga asing, jadi saya putuskan untuk tidak takut dengan ancaman mereka, ketika mereka nelpon nanti, terima kasih kak atas info nya, ini sangat bermanfaat sekali..

Tinggalkan Balasan