Frugal Living, Cara Mudah untuk Hemat

frugal living adalah

Sudahkah Anda mengenal apa itu frugal living? Frugal living saat ini erat dikaitkan dengan gaya hidup hemat atau minimalis. Orang yang menerapkan kehidupan frugal akan sangat cermat dalam membelanjakan uangnya. Mereka menjunjung tinggi nilai uang untuk barang-barang yang dibeli. Gaya hidup ini menekankan pada penghematan atau pengeluaran yang lebih kecil untuk sebuah barang. Untuk memahami lebih lanjut tentang kehidupan frugal, simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu frugal living?

Frugal living adalah gaya hidup hemat yang mampu menjadikan seseorang mengutamakan kebutuhan di atas keinginan. Anda pastinya pernah, bukan, membeli barang atas dasar ingin alih-alih butuh?

Nah, seseorang yang menerapkan kehidupan frugal sebisa mungkin menekan dirinya membeli barang yang sekadar diinginkan, namun tidak benar-benar dibutuhkan. Keuntungan menerapkan gaya hidup hemat ala frugal living tentu saja pengeluaran jadi tidak berlebih karena uang yang dikeluarkan benar-benar untuk barang kebutuhan.

Namun, perlu digarisbawahi bahwa kehidupan frugal berbeda dari hidup pelit. Orang pelit mungkin akan meminimalisir pengeluaran, bahkan untuk produk yang ia butuhkan. Mereka juga kadang tidak mempertahankan kualitas karena ingin mengetatkan pengeluaran.

Sementara itu, orang frugal tetap mengunggulkan kualitas sebuah produk. Akan tetapi, untuk mendapatkan produk berkualitas itu, ia akan memanfaatkan kupon, diskon, atau lainnya demi mendapatkan harga terbaik. Prinsip frugal living yang dianut oleh sebagian orang ini adalah setiap pengeluaran harus ada value for money (nilai atas uang yang dikeluarkan).

5 Cara menerapkan frugal living

Salah satu manfaat menerapkan hidup hemat ala frugal living adalah pengeluaran bisa ditekan. Anda tidak harus menghabiskan seluruh gaji untuk hidup sebulan ke depan. Dengan begitu, tabungan untuk masa depan pun dapat ditambah. Kalau Anda tertarik mencoba kehidupan frugal, berikut cara serta tipsnya.

1. Buat anggaran pengeluaran

Hidup hemat ala frugal living bisa dimulai dengan membuat anggaran pengeluaran untuk satu bulan ke depan, misalnya. Dalam anggaran pengeluaran ini, utamakan barang kebutuhan sehari-hari dan kesampingkan hal-hal yang bersifat hiburan atau keinginan. Dengan membuat anggaran, Anda bisa menekan pengeluaran yang tidak perlu atau sifatnya sekadar hiburan. 

Sesekali, memang tidak ada salahnya melakukan pengeluaran untuk hiburan, tapi Anda perlu mengaturnya agar tidak besar pengeluaran untuk senang-senang daripada kebutuhan. Anggaran pengeluaran ini selanjutnya bisa jadi panduan Anda saat berbelanja maupun hidup sebulan ke depan. Gunakan uang hanya untuk memenuhi kebutuhan krusial agar gaya hidup hemat dapat Anda raih.

2. Biasakan menabung

Orang dengan kehidupan frugal membiasakan dirinya untuk menabung. Mereka mencari cara supaya menabung jadi hal menyenangkan. Tiap kali kebutuhan pokok terpenuhi, mereka akan menabung uang gaji atau pendapatan bulanan. Salah satu cara menyenangkan untuk menabung adalah memvariasikan nominalnya. Sebagai contoh, pada pekan pertama awal bulan, Anda bisa menabung Rp100.000. Pada pekan kedua, jumlahnya meningkat jadi Rp200.000, pada pekan ketiga menjadi Rp300.000, dan seterusnya.

3. Fokus masa depan

Meskipun  frugal living terkadang dianggap sebagai gaya hidup pelit, orang yang menerapkannya sebenarnya fokus pada rencana jangka panjang ke depan. Mereka tidak lagi memikirkan kehidupan 10 atau 20 hari mendatang, melainkan 10 sampai 20 tahun ke depan.

Gaya hidup orang frugal yang selalu memikirkan nilai uang saat membeli barang, berhasil menekan pengeluaran sehingga ada banyak dana tersisa untuk 10 sampai 20 hari mendatang. Kini, yang mereka persiapkan adalah kehidupan masa depan 10 sampai 20 tahun. Biasanya, mereka sudah punya tabungan jangka panjang maupun asuransi kesehatan.

4. Hindari membeli barang yang tak perlu

Perbedaan hidup hemat dan boros bisa dilihat pada pembelian barang. Hidup hemat artinya Anda membeli barang sesuai kebutuhan sehingga fungsi dan manfaatnya sangat terasa dalam kehidupan.

Hal tersebut berbeda dari kebutuhan boros yang membeli segala sesuatu namun sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Alhasil, manfaat benda tersebut tidak terlalu terasa di kehidupan Anda. Mulai sekarang, cobalah membuat skala prioritas barang kebutuhan yang benar-benar dibutuhkan demi menekan pengeluaran.

5. Mulai berinvestasi 

Mengingat bahwa orang frugal selalu memikirkan kehidupan sampai dengan puluhan tahun mendatang, maka kemungkinan besar mereka telah memiliki investasi. Apabila Anda mau mulai kehidupan hemat, coba sisihkan pendapatan untuk investasi jangka panjang. Investasi akan menambah nilai uang Anda alih-alih mengurangi akibat inflasi atau dipakai membeli barang. Salah satu cara investasi adalah dengan menjadi pendana UMKM di Modalku.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai gaya hidup hemat ala frugal living yang dapat Anda terapkan mulai dari sekarang. Ingatlah bahwa salah satu cara menerapkan gaya hidup ini adalah dengan berorientasi ke depan, salah satunya menyiapkan investasi.

Tak perlu bingung, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari pendanaan di UMKM di Modalku. Dengan menjadi pendana UMKM di Modalku, Anda berkesempatan untuk mendapatkan tingkat bunga yang menarik. Hanya dengan Rp100.000 saja, Anda sudah bisa memulai pendanaan dan gaya hidup frugal living pun dapat Anda wujudkan. Mulai frugal living Anda dengan klik tombol di bawah ini:

Danai Sekarang


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.


https://www.parapuan.co/read/533167738/tak-sekadar-berhemat-ternyata-inilah-inti-dari-gaya-hidup-frugal

https://finansial.bisnis.com/read/20211013/55/1453875/apa-itu-frugal-living-simakpenjelasan-dan-8-tips-hidup-hemat

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan