Cara Memulai Bisnis Online dari Nol Agar Untung Maksimal

Poin-poin tentang cara memulai bisnis online di bawah ini bisa Anda ikuti untuk mengurangi risiko tersebut.

Bagaimana cara memulai bisnis online dari nol? Akhir-akhir ini, perkembangan bisnis online memang semakin pesat. Indonesia bahkan menempati peringkat pertama dalam pertumbuhan e-commerce. Data dari Kominfo menyebutkan bahwa pertumbuhan e-commerce di Indonesia telah mencapai 72%, unggul jauh dari Meksiko yang ada di peringkat kedua (59%).

Jenis usaha yang ditawarkan melalui bisnis online pun sangat beragam, mulai dari penyediaan akomodasi, penyediaan makanan dan minuman, hingga otomotif seperti mobil dan sepeda motor. Artinya, peluang untuk memulai bisnis online dari nol memang masih terbuka lebar. Walau begitu, kenyataannya banyak orang yang masih ragu untuk memulai. Pertimbangannya pun bermacam-macam, tapi halangan paling utama adalah rasa enggan untuk berhadapan dengan risiko.

Risiko adalah hal pasti dalam berbisnis, bahkan dalam kehidupan. Meski tidak bisa selalu menghadapi risiko, Anda masih bisa berupaya untuk meminimalisir risiko. Poin-poin tentang cara memulai bisnis online di bawah ini bisa Anda ikuti untuk mengurangi risiko tersebut. Mari pelajari bersama.

Identifikasi masalah yang dihadapi pasar

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengidentifikasi masalah yang dihadapi pasar. Dengan melakukan identifikasi masalah, Anda bisa benar-benar tahu apa produk yang dibutuhkan pasar. Ditambah dengan sedikit riset kecil, langkah ini bahkan bisa membantu Anda menentukan target pasar dengan akurat.

Bagaimana cara mengetahui masalah yang dihadapi pasar? Untuk model bisnis online, Anda dapat melakukan riset keyword melalui mesin pencari atau bisa juga melakukan riset di e-commerce. Cara lain adalah melihat tren di media sosial. Coba perhatikan produk apa saja yang sedang banyak dicari orang.

Baca juga tentang “4 Contoh Evaluasi Usaha Online Agar Bisnis Terus Berkembang”

Tentukan target pasar dari produk yang dijual

Selain membantu Anda menentukan produk untuk dijual, identifikasi masalah ternyata juga bisa digunakan untuk menentukan target pasar. Sebab, dalam identifikasi masalah, Anda bukan hanya memikirkan tentang apa produk yang harus dijual, tapi juga kepada siapa produk tersebut harus dijual nantinya. Kedua hal tersebut memang pada dasarnya saling berkaitan.

Katakanlah Anda menemukan sekelompok orang yang memerlukan seragam sekolah saat tahun ajaran baru. Dari identifikasi masalah tersebut, Anda bisa tahu bahwa seragam sekolah adalah produk potensial dan sekelompok orang tersebut otomatis akan menjadi target pasar.

Analisis kompetitor agar bisa menawarkan keunggulan

Dari identifikasi masalah, Anda sudah bisa dapat gambaran produk yang akan dijual beserta target pasarnya. Langkah selanjutnya adalah melakukan analisis kompetitor. Dengan menganalisis kompetitor, Anda bisa menawarkan keunggulan kepada calon konsumen.

Buat list yang berisi calon pesaing bisnis. Kemudian tuliskan apa saja fitur atau layanan yang mereka tawarkan. Dari situ, Anda bisa menemukan celah untuk menawarkan keunggulan. Misalnya, kompetitor A menjual produk berkualitas baik tapi harganya mahal, lalu ada kompetitor B yang menjual dengan harga murah, tapi kualitasnya kurang. Nah, Anda bisa mengambil posisi tengah dengan menjual produk berkualitas namun harganya masih affordable.

Pilih metode penjualan online

Jenis produk, target pasar, dan analisis kompetitor sudah, lalu apa lagi yang perlu dipersiapkan sebagai cara memulai bisnis online? Jangan lupakan soal metode penjualan online. Sebagus apa pun produk yang Anda jual, jika dijual di tempat yang salah maka keuntungan pun akan sulit diraih.

Dalam bisnis online sendiri ada beberapa metode yang bisa Anda pilih. Opsi pertama sekaligus paling populer adalah berjualan online melalui marketplace. Saat ini sudah ada banyak sekali marketplace atau e-commerce di Indonesia, Anda tinggal pilih platform yang paling sesuai kebutuhan dan tentunya budget (mengingat adanya biaya admin di marketplace).

Opsi kedua adalah melalui media sosial. Media sosial sejauh ini terbukti bisa menjadi platform jual beli yang efisien. Dikatakan efisien karena media sosial bisa berfungsi sebagai media jual beli sekaligus promosi. Dengan pengelolaan yang baik, media sosial bahkan bisa membantu Anda untuk mendapat pelanggan baru.

Jangan lewatkan “6 Cara Memasarkan Produk di Instagram

Promosikan produk menggunakan strategi yang tepat

Cara memulai bisnis online dari nol yang terakhir adalah merancang strategi promosi produk. Bisa dibilang, promosi adalah elemen penting dalam bisnis. Calon konsumen tidak akan pernah tahu produk yang Anda jual tanpa promosi. 

Untuk itu, strategi promosi harus dirancang dengan sungguh-sungguh. Jika Anda mulai bisnis online dari nol, media sosial bisa dimanfaatkan untuk berpromosi. Buat akun media sosial khusus untuk promosi produk, kemudian buat konten promosi secara rutin.  Gunakan hashtag agar calon konsumen mudah menemukan produk Anda.

Semoga ulasan mengenai cara memulai bisnis online dari nol ini dapat membantu Anda untuk mulai merintis bisnis sendiri. Belum punya modal yang cukup? Tak perlu khawatir, manfaatkan fasilitas Paylater dari Modalku Virtual Credit untuk kebutuhan bisnis Anda. Dengan tenor fleksibel dan proses yang simpel, Modalku Virtual Credit adalah solusi tepat untuk kembangkan bisnis Anda. Daftar sekarang dengan klik di sini!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply