6 Aktivitas Bisnis Supaya Lancar dengan Bantuan Pinjaman Modal

6 Aktivitas Bisnis Ini Bisa Lebih Lancar dengan Bantuan Pinjaman Modal

Pinjaman modal sering kali dilihat dengan stigma negatif karena berhubungan dengan utang. Beberapa orang bahkan enggan untuk memulai berbisnis karena masalah pinjaman. Padahal, jika Anda cermat dalam mengatur arus kas, adanya bantuan pinjaman justru akan sangat membantu kelancaran aktivitas bisnis. Apa saja aktivitas bisnis yang bisa Anda tingkatkan dengan bantuan pinjaman modal? Berikut penjelasan lengkapnya.

Menyewa Gedung untuk Kantor atau Gudang

Jika bisnis Anda terus berkembang, kebutuhan dan aktivitas bisnis di dalamnya pun ikut berkembang. Ada beberapa perubahan yang tentunya akan Anda sadari. Salah satunya adalah dari segi penggunaan ruang. Semakin besar bisnis Anda, maka akan semakin besar pula ruangan yang Anda butuhkan karena jumlah anggota tim yang ikut berkembang.

Sebelumnya, sebuah ruangan berukuran 4×4 meter saja sudah cukup untuk menjalankan bisnis. Namun, setelah bisnis Anda makin dikenal dan aktivitas berkembang, ruang tersebut pun akan terasa sesak. Dampaknya, pekerjaan menjadi terhambat.

Solusinya tak lain adalah dengan menyewa ruangan atau gedung baru sebagai kantor. Nah, pinjaman modal dapat membantu Anda untuk mewujudkan solusi tersebut. Dengan adanya ruang yang lebih lapang, aktivitas perusahaan pun tak lagi terhambat.

Baca juga: “3 Kegunaan Pinjaman Modal Usaha Paylater Modalku Virtual Credit

Pengadaan Alat-alat Produksi

Selain ruang, saat usaha semakin berkembang, alat-alat produksi pun perlu dirombak. Entah itu karena alat memang sudah usang dan produktivitasnya menurun, atau bisa juga untuk meningkatkan efektivitas produksi perusahaan.

Alat-alat produksi dengan kualitas terbaru jelas memiliki harga yang tidak murah. Nah, agar arus kas Anda tidak terganggu dengan pengadaan alat-alat tersebut, pinjaman bisa menjadi alternatif yang bijak. Sebab, dengan adanya alat produksi yang baru, otomatis produksi pun meningkat dan peluang untuk meningkatkan keuntungan jadi semakin besar.

Menggaji Karyawan

Sebuah perusahaan tidak akan ada artinya tanpa karyawan. Para karyawan inilah yang menggerakkan roda bisnis Anda agar tetap berputar dan menghasilkan keuntungan. Mengingat pentingnya peran karyawan, Anda jelas harus memenuhi hak-hak mereka sesuai dengan kesepakatan awal.

Salah satu hak tersebut adalah gaji. Jangan sampai Anda terlambat membayarkan gaji atau bahkan tidak bisa membayar gaji karyawan. Pinjaman modal yang dikelola dengan baik bisa membantu Anda untuk menggaji karyawan tepat waktu, terutama jika perusahaan memang sedang mengalami kendala keuangan.

Baca juga tentang ” 5 Tips Bisnis Agar Karyawan Lebih Betah Bekerja

Membeli Inventaris Kantor

Berikutnya, pinjaman juga bisa dimanfaatkan untuk aktivitas bisnis membeli inventaris kantor. Mengapa inventaris kantor penting?

Sama seperti alat produksi dan juga karyawan, inventaris kantor pun punya peran dalam meningkatkan produktivitas kerja di lingkungan perusahaan Anda. Dengan inventaris kantor lengkap dan mumpuni, maka karyawan pun dapat bekerja dan memenuhi target perusahaan yang telah Anda tetapkan. Jelas aktivitas bisnis satu ini memerlukan modal yang bisa dibilang besar. Oleh karenanya, bantuan pinjaman bisa dijadikan solusi yang cepat dan efektif demi peningkatan produktivitas. 

Arus Kas Lebih Lancar, Bisnis pun Berkembang

Menjaga arus kas agar tetap lancar bukanlah perkara mudah, terutama bagi bisnis kecil yang baru mulai berkembang. Ada kalanya bisnis sangat ramai sehingga arus kas pun deras, tapi di waktu lain bisnis sepi dan arus kas tersendat. Padahal, selama arus tersendat Anda masih tetap memiliki kewajiban aktivitas bisnis seperti membayar gaji karyawan dan tagihan biaya produksi.

Saat hal tersebut terjadi, tidak ada salahnya jika Anda mencoba mengajukan pinjaman modal. Dengan adanya suntikan modal baru, bisnis pun bisa tetap berjalan dan Anda pun bisa memenuhi kewajiban-kewajiban tepat waktu.

Baca juga: “Arus Kas Optimal, Ekspansi Bisnis Pun Makin Maksimal!

Promosi Produk Secara Maksimal

Promosi adalah elemen penting dalam bisnis. Tanpa melakukan promosi, mustahil produk Anda akan dikenal calon pelanggan. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan promosi produk secara berkala dan tentunya dengan strategi yang matang. Namun, sering kali strategi promosi yang efektif mendatangkan calon pelanggan baru memerlukan biaya besar. Jika sudah demikian apa yang bisa dilakukan?

Selain mengatur ulang strategi promosi, Anda juga bisa mengajukan pinjaman modal. Jangan keburu takut merugi. Promosi yang efektif akan mendatangkan lebih banyak pelanggan baru dan otomatis pemasukan akan meningkat. Artinya, Anda bisa mencicil pinjaman tersebut secara tepat waktu dan tetap untung.

Semua kelancaran aktivitas bisnis tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengajukan pinjaman modal melalui Modalku, yang memang telah berpengalaman dalam bidang layanan peminjaman online secara aman, kredibel, dan tentunya legal. Klik di sini untuk mulai ajukan pinjaman!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply