5 Tips Aman Memilih dan Mengajukan Pinjaman Online untuk Modal Usaha

5 Tips Aman Memilih dan Mengajukan Pinjaman Online untuk Modal Usaha

Mengajukan pinjaman online untuk modal usaha, kenapa tidak? Perkembangan teknologi memang terbukti dapat memudahkan kehidupan manusia, termasuk dalam urusan mendapatkan modal usaha. Dengan adanya inovasi teknologi, Anda bisa mendapatkan modal usaha melalui pinjaman online.

Meski persyaratan yang diajukan relatif lebih mudah dibanding sistem pendanaan modal lainnya, bukan berarti Anda lantas asal memilih. Jika asal memilih, bukannya untung yang mendekat, malah justru buntung akan didapat.

Kuncinya adalah berhati-hati dalam memilih dan mengajukan pinjaman online, terutama jika tujuan Anda adalah untuk modal usaha. Kami telah merangkumkan untuk Anda, lima tips aman dalam memilih pinjaman online. Mari simak bersama.

Cari Tahu Legalitas Layanan Pinjaman Online

Cara paling mudah untuk mengetahui aman tidaknya suatu badan pemberi pinjaman adalah mengecek legalitasnya. Badan pemberi pinjaman yang legal di mata hukum biasanya sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia. Hindarilah mengajukan pinjaman pada badan yang memberikan penawaran lewat SMS.

Mengapa demikian? Dengan adanya legalitas layanan, maka bisa dipastikan bahwa layanan pinjaman yang ditawarkan badan tersebut memang legal dan tidak melawan hukum. Sebaliknya, badan yang legalitasnya dipertanyakan terindikasi melakukan aktivitas pendanaan ilegal dan menentang hukum di Indonesia. Untuk mengecek legalitas layanan ini tidaklah sulit. Anda bisa langsung melakukan pengecekan melalui situs resmi OJK di ojk.go.id.

Baca juga tentang ” 6 Ciri Pinjaman Online yang Terdaftar di OJK

Baca Kontrak Perjanjian dengan Saksama

Tips selanjutnya adalah selalu bersikap teliti dan tidak tergesa-gesa. Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan Anda sudah mengetahui seluruh ketentuan dana pinjaman yang akan diberikan. Jangan ragu untuk bertanya sedetail mungkin pada pihak pemberi pinjaman.

Pastikan untuk membaca kontrak perjanjian pinjaman dengan saksama. Jika memang ada yang dirasa membingungkan, segera tanyakan pada pihak pemberi pinjaman. Perhatikan hal-hal penting seperti tingkat bunga, metode penagihan, hingga denda keterlambatan. Tidak ada salahnya berhati-hati di awal untuk meminimalisir risiko kerugian.

Ajukan Jumlah Pinjaman Sesuai Kebutuhan Bisnis

Setelah menemukan penyedia pinjaman online modal usaha yang tepercaya, sekarang kembali pada Anda sendiri. Hitung dengan cermat berapa jumlah dana yang Anda butuhkan sebagai modal usaha. Jumlah tersebut harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Jangan berlebihan, tapi jangan terlalu sedikit juga.

Jangan lupa juga untuk mengukur dengan presisi kemampuan bayar pinjaman Anda. Buat perkiraan target pemasukan dan jumlah pinjaman yang harus dibayarkan setiap bulannya. Cara ini akan membantu Anda untuk membayar cicilan pinjaman tepat waktu sehingga terhindar dari tambahan biaya denda.

Baca juga: “

Jangan Memberikan Akses Kontak Pribadi

Selalu berhati-hati dalam mengajukan pinjaman, baik itu online maupun konvensional. Dalam pengajuan pinjaman online modal usaha, ada satu celah yang berpotensi mendatangkan kerugian, yaitu celah kebocoran data.

Jika Anda mengajukan pinjaman melalui aplikasi online, pastikan aplikasi tersebut tidak memiliki akses menuju kontak pribadi Anda. Sebab, saat data tersebut bocor, akan ada kemungkinan penyalahgunaan. Contoh yang paling sering terjadi adalah penyedia layanan menagih utang secara tidak manusiawi melalui orang-orang yang ada dalam kontak Anda.

Pastikan Aplikasi Pinjaman Online Memiliki Sistem Keamanan Mumpuni

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, pastikan aplikasi pinjaman pilihan Anda memang memiliki sistem keamanan mumpuni. Dengan sistem keamanan yang mumpuni, maka kemungkinan adanya kebocoran data bisa diminimalisir.

Bagaimana cara mengetahui sistem keamanan sebuah aplikasi pinjaman? Aplikasi yang tepercaya biasanya menerapkan perlindungan keamanan berlapis. Misalnya, saat Anda akan mengakses aplikasi, untuk menghindari kebobolan, sistem akan mengirimkan kode OTP (one-time password) pada perangkat Anda melalui SMS. Cara lainnya adalah dengan melalui verifikasi e-mail atau metode penguncian aplikasi dengan PIN (personal identification number).

Semoga tips memilih dan mengajukan pinjaman online modal usaha yang dibahas dalam artikel ini dapat membantu Anda. Masih belum menemukan pemberi pinjaman dengan sistem online yang sesuai? Modalku sebagai penyedia layanan pinjaman online yang telah terdaftar di OJK dan memiliki pengalaman bertahun-tahun siap menyediakan pinjaman modal bisnis. Bersama Modalku, Anda bisa tetap cuan dengan aman. Ajukan pinjaman sekarang di sini!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply