5 Tips Bisnis Agar Karyawan Lebih Betah Bekerja

Punya karyawan yang andal dan gesit dalam bekerja adalah sebuah keuntungan bagi perusahaan atau pemilik bisnis. Karyawan seperti ini akan membantu Anda melakukan proses bisnis agar mencapai target-target yang sudah dibuat. Karenanya, penting bagi Anda untuk tahu cara membuat karyawan betah bekerja. Kira-kira, selain gaji yang sesuai, tips bisnis apa saja yang dibutuhkan untuk mempertahankan karyawan? 

Menjalin Hubungan Profesional yang Terbuka dengan Karyawan

Cara membuat karyawan betah bekerja bisa dimulai dari hubungan personal antara mereka dengan atasan. Kalau Anda pemilik bisnis, maka mulailah hubungan yang terbuka dengan karyawan. Dengarkan apa yang mereka mau, pertimbangkan kritik dan saran yang mereka beri, lalu berhenti jadi sosok atasan yang hanya suka memerintah. Buatlah komunikasi di antara karyawan dan atasan menjadi suatu hal yang nyaman untuk dilakukan. 

Namun, jangan terlena dengan hubungan “santai” antara atasan dan karyawan. Anda tetap harus menjaga profesionalisme, terutama ketika ada di lingkungan kerja. Misalnya dengan tetap berbicara formal dengan sapaan yang biasa digunakan, tidak mencampurkan urusan pribadi ke ranah pekerjaan, dan sebagainya. 

Lihat juga: “5 Cara Delegasi Tugas yang Efektif”

Tidak Sungkan Mengapresiasi Kerja Karyawan

Apresiasi sangat dibutuhkan karyawan, terlebih jika mereka telah mencapai suatu target kerja. Selama berjam-jam, karyawan bekerja dan mengejar profit untuk perusahaan. Oleh karena itu, jangan lupa menerapkan tips bisnis untuk menjaga karyawan betah, yakni dengan memberikan apresiasi. Sekecil apapun apresiasi Anda, karyawan akan sangat senang menerimanya. 

Apresiasi mampu memberikan efek merasa dihargai pada karyawan. Ketika mereka merasa dihargai, maka karyawan tidak akan ragu untuk tetap bekerja di kantor Anda. Bahkan, pujian yang Anda berikan pun bisa membuat mereka yang tadinya lelah jadi bersemangat kembali. Bentuk apresiasi pun bisa Anda sesuaikan, boleh berupa ucapan, tulisan, atau hadiah. 

Memenuhi Hak Karyawan

Bagaimana rasanya ketika sudah bekerja keras tetapi tidak mendapatkan hak yang sepatutnya diterima? Pasti rasanya sangat kesal dan melelahkan. Maka dari itu, jangan sampai Anda mengabaikan tips bisnis  untuk selalu memenuhi hak karyawan. Bagaimanapun juga, hak karyawan adalah tanggung jawab yang wajib Anda penuhi. 

Bentuk hak karyawan bisa bermacam-macam. Tidak hanya gaji bulanan yang harus ditransfer tepat pada tanggalnya, tetapi juga hak cuti, hak mendapatkan promosi, tunjangan, dan lainnya. Hak tersebut jangan sampai diabaikan. Pastikan mereka menerima haknya, terutama perjanjian-perjanjian yang sudah dibahas pada kontrak kerja awal. 

Lihat juga: “Kapan Harus Tambah Pekerjaan VS Kapan Harus Delegasi”

Bangun Kepercayaan dengan Karyawan

Cara membuat karyawan betah bekerja tentu saja dengan memberinya kepercayaan. Tanpa itu, karyawan akan bekerja dalam bayang-bayang ketakutan bahwa atasannya tidak percaya pada dirinya. Mereka pun beranggapan bahwa tempat ia bekerja merupakan tempat yang sulit untuk mengembangkan diri karena tidak diberikan kepercayaan. 

Sebaliknya, jika kantor memberikan kepercayaan penuh pada karyawan, maka mereka akan memanfaatkan hal tersebut untuk menunjukkan kapasitas dirinya dan bekerja maksimal demi mencapai target. Cobalah untuk mempercayai karyawan Anda dengan memberikan sebuah proyek atau tugas dinas yang cukup besar, jika kemampuannya dirasa cukup. Dengan begitu, mereka akan berkembang dan tetap optimis bekerja di kantor. 

Siapkan Fasilitas yang Memadai

Salah satu tips bisnis yang termasuk dalam cara membuat karyawan betah bekerja adalah ketersediaan fasilitas di dalam kantor. Tentu saja, fasilitas yang dimaksud adalah benda dan barang-barang yang mendukung produktivitas. Kalau model bisnis Anda adalah kantoran, maka lengkapi meja kantor dengan komputer/laptop, kursi yang nyaman, sumber listrik, dan sebagainya. 

Lalu, boleh juga kalau menambahkan tanaman hijau agar udara di dalam ruangan terasa sejuk. Padukan tanaman ini dengan ventilasi yang memungkinkan terjadinya pertukaran udara. Ventilasi juga bermanfaat untuk membiarkan cahaya matahari masuk dan membuat ruangan terang. Sesungguhnya, kantor yang nyaman adalah dambaan setiap karyawan! 

Tips bisnis untuk mempertahankan karyawan tidak hanya soal kepercayaan, membangun hubungan profesional, keterbukaan, dan ketepatan memberikan hak, tetapi juga fasilitas lengkap. Fasilitas kantor yang memadai akan memacu karyawan semangat kerja dan menunjukkan kapasitas diri.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Leave a Reply