Pinjaman Online Bunga Rendah dan 5 Manfaatnya bagi Bisnis

pinjaman online bunga rendah

Pinjaman online bunga rendah kini tidak hanya dinikmati untuk memenuhi kebutuhan pribadi. Bisnis yang membutuhkan sejumlah dana pun dapat memanfaatkan layanan ini. Berbagai kelebihan yang ditawarkan pinjaman online membuat pebisnis mampu memajukan kegiatannya lebih mudah lewat dana yang didapatkan.

Sebagai pebisnis yang cerdas, Anda harus mendalami seluk-beluk pinjaman online sebelum mengajukan kredit. Modalku akan menguraikan secara lengkap mengenai pinjaman online berbunga rendah di artikel ini. Baca sampai selesai untuk menambah edukasi Anda mengenai program ini.

Sekilas tentang Pinjaman Online Bunga Rendah

Perkembangan teknologi kini menyentuh ranah keuangan, yang disebut istilah financial technology (fintech). Salah satunya bukti kemajuan fintech adalah kehadiran aplikasi pinjaman online. Kini, banyak orang yang beralih dari cara konvensional berkat kemudahan yang ditawarkan pinjaman online.

Bunga rendah merupakan salah satu keuntungan yang ditawarkan oleh pinjaman online. Hal ini telah disepakati dalam kode etik yang disusun oleh Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Kode etik AFPI ini mengatur lembaga penyelenggara fintech yang terdaftar dalam OJK agar memberikan bunga rendah dalam program pinjamannya.

Adanya peraturan AFPI membuat seluruh penyedia platform pinjaman online harus memberikan suku bunga yang tidak boleh terlalu tinggi atau mahal. Pelanggaran terhadap aturan ini berakibat lembaga tersebut akan dilaporkan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Adapun jumlah suku bunga yang disepakati tidak boleh lebih dari 0,4% per hari. Jumlah ini ditetapkan agar nasabah tidak mengalami kesulitan dalam melunasi pinjamannya. Selain bunga, penyedia layanan pinjaman online harus memberitahukan besaran denda dan tenor secara transparan kepada nasabahnya.

Kehadiran pinjaman online bunga rendah ini menjadi angin segar bagi bisnis yang ingin memulai usahanya. Selain keuntungan tersebut, mereka tidak perlu repot saat mendaftar dan mengajukan pinjaman lantaran persyaratannya yang mudah.

Manfaat Pinjaman Online bagi Bisnis

Salah satu sumber pendanaan untuk kemajuan bisnis adalah pinjaman online. Selama pengelolaannya tepat, bisnis dapat merasakan berbagai manfaat dari pendanaan tersebut. Apa saja manfaat yang dirasakan oleh pebisnis lewat sistem pendanaan ini?

1. Peningkatan Arus Kas Bisnis

Keuangan bisnis yang sehat terlihat dari arus pemasukan dan pengeluaran yang stabil. Karena itu, bisnis harus mengusahakan agar arus kasnya tetap positif, di mana pemasukan lebih besar daripada pengeluaran.

Terkadang, ada kondisi dalam bisnis sehingga arus kas keuangan jadi negatif. Penjualan yang tidak mencapai target membuat pemasukan berkurang, atau banyaknya kebutuhan mendesak sehingga pengeluaran meningkat. Pinjaman online menjadi salah satu cara untuk meningkatkan arus kas bisnis agar terhindar dari kerugian.

Dana yang dihasilkan dari pinjaman online berguna sebagai uang dingin untuk menjaga arus kas bisnis Anda. Apabila kondisi penjualan kembali stabil, Anda bisa mengembalikan pinjaman tersebut sesuai tenor yang ditentukan.

Baca Juga: Arus Kas Bisnis Lebih Lancar dengan Pinjaman Online Invoice Financing

2. Penambahan Aset

Produktivitas bisnis terlihat dari penggunaan aset yang dimilikinya, seperti peralatan, tempat usaha, atau kendaraan. Tidak hanya penambahan aset, bisnis harus meningkatkan kualitasnya. Selain kas yang tersedia, bisnis membutuhkan pinjaman online untuk peningkatan aset.

Peningkatan aset membuat bisnis mampu memproduksi berbagai barang atau jasa dengan kualitas yang meningkat. Bisnis yang produknya bagus mampu menarik penjualan hingga meningkat, sehingga mendatangkan keuntungan yang besar. 

Keuntungan tersebut justru mendatangkan kemudahan dalam membayar cicilan pinjaman online setiap bulannya. Selain itu, uangnya pun bisa diputar kembali untuk menambah aset baru demi produktivitas bisnis.

3. Kemajuan Bisnis

Bisnis mana yang tidak ingin maju dan meningkatkan levelnya? Untuk mencapai goal tersebut, bisnis membutuhkan pinjaman online agar kegiatan bisnisnya tetap lancar. Pinjaman online berguna sebagai tambahan modal untuk melakukan peningkatan skala bisnis agar lebih besar.

Kemajuan bisnis ini bisa juga berupa ekspansi. Kesempatan ini berguna agar bisnis melebarkan sayapnya, meski banyak risiko yang harus dihadapi. Jika proses ekspansinya sesuai, bisnis akan meraih banyak potensi keuntungan.

Apapun langkah kemajuan bisnis yang diambil, jangan ragu mengajukan pinjaman online untuk kemudahan prosesnya. Kelak jika bisnis mengalami keuntungan yang meningkat, Anda mampu membayar kembali cicilan pinjaman tersebut dan mengelola usaha agar lebih produktif.

Baca Juga: 2 Fasilitas Kredit Tanpa Agunan untuk Kebutuhan Bisnis dari Modalku

4. Menyelesaikan Masalah dalam Bisnis

Risiko selalu hadir selama Anda menjalankan bisnis, seperti kegagalan, kerugian, atau kondisi di luar kendali seperti pandemi. Sayangnya, risiko tersebut tidak bisa dihindari, jadi Anda harus berusaha untuk mengatasinya.

Pinjaman online menjadi salah satu solusi saat bisnis tengah mengalami krisis. Anda bisa menghindari risiko kebangkrutan dan mengelola bisnis seperti biasanya berkat suntikan dana tersebut.

Anda harus yakin bahwa ada peluang bisnis kembali bangkit dan berjalan seperti biasa sebelum mengajukan pinjaman online. Pikirkan juga strategi terbaik untuk meningkatkan kegiatan bisnis agar pinjaman online yang didapatkan tidak menjadi bumerang.

Baca Juga: Alternatif Investasi: Inovasi yang Disukai Generasi Milenial

5. Dana Darurat

Dana darurat pun dibutuhkan dalam keuangan bisnis saat mengalami arus kas yang tidak stabil. Pinjaman online bisa menjadi salah satu sumber dana darurat apabila modal yang tersedia tidak mencukupi.

Dana darurat bisnis harus mampu memenuhi kebutuhan operasionalnya setidaknya selama enam bulan. Anda bisa mengkalkulasikan pengeluaran bisnis secara rutin untuk memperoleh jumlah ideal tersebut saat mengajukan pinjaman online.

Tips cerdas bagi pebisnis sebelum mengajukan pinjaman adalah pastikan beban cicilannya bisa dilunasi per bulannya. Lakukan penghitungan yang tepat agar pinjaman online tidak merugikan bisnis secara keseluruhan.
Jangan takut mengajukan pinjaman online bunga rendah demi kemajuan bisnis Anda jika ingin merasakan manfaat di atas. Ajukan pinjaman online tanpa agunan dari Modalku sekarang juga dan rasakan berbagai keuntungannya untuk bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan