Tips dan Cara Bisnis Online Minim Modal

cara bisnis online

Ingin membuka bisnis online tapi bingung mulai dari mana? Kalau begitu Anda berada pada artikel yang tepat! Kami akan memberikan tips dan cara bisnis online, tentunya dengan modal yang minim. Ini karena untuk memulai bisnis Anda sendiri sebenarnya tidak membutuhkan banyak modal. Memang, ada bisnis yang membutuhkan modal besar, tetapi jangan khawatir karena ada juga bisnis dengan modal yang minim. Berbisnis secara online semakin banyak dipilih untuk menambah pemasukan dalam keadaan pandemi yang tidak mudah bagi semua orang, khususnya mereka yang terkena pemutusan kerja dengan perusahaan. Jadi apakah Anda siap belajar cara bisnis secara online

Tips dan Cara Bisnis Online

Berikut ini adalah beberapa tips dan cara bisnis secara online yang bisa diimplementasikan agar berhasil dalam perjalanan membuka bisnis pertama Anda. 

1. Melakukan Riset 

Sebelum mulai menjalankan bisnis online Anda sendiri, penting untuk melakukan riset mengenai produk, pengemasan, hingga target pelanggan yang dituju. Kami akan menjelaskannya dalam dua poin di bawah ini. 

a. Produk

Menentukan produk apa yang akan dijual tentu merupakan hal pertama yang harus dilakukan. Saat ini ada banyak hal yang bisa Anda jual. Mulai dari makanan, pakaian hingga alat elektronik atau bahkan kemampuan yang Anda miliki. Jika bingung mulai dari mana, mulailah dengan yang apa yang menjadi kesenangan Anda. Misalnya Anda senang membuat kue, maka kue bisa jadi pilihan yang tepat. Anda juga bisa melihat tren yang saat ini sedang berjalan di masyarakat. 

Lihat dari feed, story, dan reels yang ada di akun media sosial Anda. Setelah sudah memilih satu bisnis, kembali lakukan riset. Misalnya mencari tahu kisaran harga, menganalisis kompetitor, seperti apa kemasan yang dipilih masyarakat, serta apa saja kelebihan dan kekurangan dari bisnis tersebut. Cari tahu semua informasi penting supaya Anda tidak kaget saat mulai melakukan bisnis tersebut. 

Baca Juga: Belajarlah dari 4 Contoh Strategi Pemasaran Produk Ini

b. Target Pelanggan

Selain menentukan produk, jangan lupa untuk menentukan target pelanggan dari produk yang akan Anda jual. Ini penting agar produk yang dibuat tidak asal atau sembarangan tanpa adanya personalisasi untuk target pelanggan Anda. Tidak menentukan target pasar pada dasarnya akan menyulitkan Anda dalam memasarkan produk. 

Cari tahu kira-kira pelanggan dengan karakteristik seperti apa yang akan cocok dengan produk yang dibuat. Lihat celah yang ada di pasar, supaya Anda bisa masuk di dalam celah tersebut. Dengan semua kompetisi yang sengit, Anda bisa memanfaatkan celah tersebut agar bisnis bisa bertahan. 

2. Membuat Perencanaan

Buatlah perencanaan yang matang. Perencanaan yang dimaksudkan adalah sistem atau model bisnis apa yang akan Anda gunakan. Cobalah mempelajari model bisnis yang sesuai dengan bisnis Anda. Tidak hanya model bisnis, sistem keuangan apa yang akan digunakan juga perlu dipilih.

Ini penting supaya saat bisnis berjalan, sistem keuangan untuk mencatat semua aktivitas transaksi bisa dilakukan dengan baik dan teratur. Menggunakan sistem yang berubah-ubah hanya akan membuat bisnis kacau dan membuat Anda kebingungan. Buat juga perencanaan mengenai desain dan isi konten seperti apa yang akan digunakan untuk kebutuhan pemasaran. 

Selain itu karena ini adalah bisnis online, Anda perlu memikirkan jasa ekspedisi mana yang akan digunakan. Di sini Anda bisa membandingkan harga dan kualitas jasa ekspedisi yang satu dengan yang lain. 

Baca Juga: Tahukah Anda? Perencanaan Keuangan yang Buruk Bisa Berujung Perceraian Lho!

3. Menggunakan Berbagai Media Online untuk Pemasaran

Untuk memasarkan produk yang dijual dengan maksimal, Anda perlu menggunakan berbagai media yang bisa digunakan seperti website, marketplace dan tentunya media sosial. Semua media ini bisa Anda gunakan dan maksimalkan untuk memasarkan produk ke pasar yang lebih luas. Inilah keuntungan dari berjualan secara online, di mana Anda bisa menjangkau orang yang sangat jauh, bahkan mereka yang berada pada belahan bumi lain. 

Apabila produk yang dibuat berkualitas tinggi dan cocok dengan selera masyarakat internasional, tidak ada salahnya untuk menargetkan mereka. Fitur-fitur yang tersedia di dalam setiap media juga sudah sangat berkembang, yang bisa Anda pakai untuk menarik perhatian para pelanggan. 

Baca Juga: Kelebihan Pemasaran Online dibanding daripada Cara Promosi Offline

4. Konsisten Memasarkan Produk

Seperti halnya berjualan secara offline, Anda juga perlu memasarkan produk secara konsisten. Teruslah mengunggah atau melakukan posting konten secara berkala, kalau bisa setiap hari. Ini berguna untuk membuat masyarakat sadar akan kehadiran Anda di internet. 

Apalagi setiap harinya ada ratusan ribu konten yang diunggah ke media sosial, jika hanya mengunggah konten satu kali dalam seminggu, bukankah konten Anda sudah terkubur dengan konten milik orang lain dari berbagai belahan dunia? Oleh karena itu untuk memastikan konten Anda selalu berada di atas, konsisten mengunggah konten untuk memasarkan produk adalah kuncinya. 

5. Membuat Promosi dan Acara Menarik

Semua pelanggan suka dengan promo menarik yang menguntungkan. Untuk menarik perhatian mereka, membuat promosi seperti buy 1 get 1, giveaway, bundle, dan paket spesial, bisa Anda coba. Memberikan banyak keuntungan untuk anggota membership sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk membuat pelanggan menjadi setia pada brand dan produk mereka. Memberikan freebies atau barang gratis juga akan membuat mereka bertahan dengan produk yang Anda jual.

Dari semua tips dan cara bisnis online di atas, hal paling penting adalah menjaga kualitas dan layanan Anda untuk pelanggan. Semua persiapan dan perencanaan yang dilakukan dengan baik akan membawa bisnis online Anda pada kesempatan-kesempatan besar yang ada di depan. 

Apabila nantinya bisnis sudah mulai berkembang dan Anda membutuhkan biaya yang lebih besar untuk mengembangkan sayap bisnis, Modalku adalah partner yang tepat. Modalku menyediakan pinjaman dana tunai yang siap membantu Anda mengembangkan bisnis. Informasi mengenai pinjaman dana dan Modalku, Anda bisa mencari tahunya di website Modalku.

Tinggalkan Balasan