19

Pahami Risiko Alternatif Investasi Modalku, Maksimalkan Untungnya

Semua Investasi Mengandung Risiko

Kebanyakan orang hanya fokus pada keuntungan (bunga) dan melupakan risiko saat berinvestasi. Padahal semua instrumen investasi memiliki risiko. Meskipun demikian, risiko bukan alasan untuk menghindari investasi.

Mengapa?

  • Karena investasi adalah usaha meningkatkan nilai dari uang yang ada
  • Seiring berjalannya waktu, nilai uang terpengaruh efek inflasi. Harga barang cenderung naik sehingga kita ingin agar nilai uang yang dimiliki dapat menyaingi atau bahkan lebih tinggi daripada tingkat inflasi.
  • Bandingkan dengan tabungan yang sangat aman, tetapi tingkat bunganya tidak seberapa.

Agar dapat memaksimalkan keuntungan investasi, Anda perlu memahami karakter masing-masing instrumen.

Pahami juga bahwa investasi selalu mengikuti prinsip risiko tinggi, pendapatan tinggi. Semakin tinggi potensi keuntungan, semakin tinggi risiko. Begitu juga sebaliknya. Investasi yang termasuk “aman” (deposito, obligasi, dll) memiliki potensi keuntungan yang lebih rendah.

Untuk mengenal lebih baik dasar-dasar investasi, bacalah: “8 Prinsip bagi Investor Pemula dan Berpengalaman”

Risiko Alternatif Investasi di Modalku

Produk alternatif investasi Modalku pun memiliki risiko. Risiko yang dapat terjadi adalah gagal bayar atau default, di mana peminjam tidak dapat memenuhi tanggung jawabnya melunasi pinjaman.

Tingkat risiko alternatif investasi Modalku pun berdasarkan prinsip risiko tinggi pendapatan tinggi yang telah dijelaskan di atas. Semakin tinggi bunga pinjaman, maka risiko gagal bayar (default) semakin besar. Potensi bunga yang lebih tinggi adalah kompensasi risiko yang ditanggung oleh pemberi pinjaman.

Anda harus selalu ingat bahwa saat Anda mendanai pinjaman dengan tingkat bunga tinggi, maka semakin tinggi risiko default yang ditanggung. Untuk setiap pinjaman, Modalku menyediakan Factsheet tentang profil usaha peminjam serta informasi keuangannya agar pemberi pinjaman dapat mengetahui kondisi finansial peminjam sebelum melakukan pendanaan.

Beberapa hal yang perlu dicatat:

  • Risiko gagal bayar (default) tidak dapat sepenuhnya dihindari.
  • Ada beberapa tindakan antisipasi yang dapat diambil untuk meminimalkan risiko default.
  • Tetapi, ada kalanya tindakan antisipasi tidak berhasil. Di situasi ini, pemberi pinjaman akan menanggung kerugian.

Risiko Tidak Bisa Dieliminasi, Tetapi Bisa Diminimalkan. Caranya?

Bagaimana cara meminimalkan risiko default alternatif investasi Modalku? Lakukan diversifikasi pinjaman.

Kenalkah Anda dengan kalimat “Jangan menaruh semua telur dalam satu keranjang”? Ini adalah dasar prinsip diversifikasi. Berikanlah pendanaan ke sebanyak mungkin pinjaman. Simak contoh di bawah ini:

Misalnya, Anda membagi pendanaan sebesar Rp 10 juta pada 10 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) peminjam dengan profil pinjaman yang sama (suku bunga 20%, jangka waktu pinjaman 1 tahun, dst). Jika 1 UMKM mengalami default, total penghasilan Anda tetap positif karena masih ada 9 UMKM lain.

  • Bila 9 UMKM sukses melunasi pinjaman, total penghasilan Anda mendekati hasil seharusnya, yaitu mendekati Rp 12 juta di akhir periode pinjaman.
  • Berbeda bila pendanaan Rp 10 juta disalurkan seluruhnya ke 1 UMKM. Jika terjadi default, Anda bisa kehilangan sebagian hingga semua uang Anda.
  • Dengan diversifikasi, Anda tak hanya mengurangi risiko tetapi juga mendapatkan bunga yang stabil.

Selain mengurangi risiko dengan diversifikasi, Anda juga bisa memaksimalkan bunga di Modalku dengan pendanaan ulang. Caranya: gunakan bunga yang diperoleh dari setiap tempo pendanaan, untuk mendanai kembali pinjaman-pinjaman baru. Dengan cara ini, keuntungan Anda akan berlipat ganda.

Lebih lanjut: “Pendanaan Ulang”

Modalku menyediakan fitur Pendanaan Terencana agar pemberi pinjaman dapat melakukan diversifikasi secara lebih nyaman. Anda tinggal mengatur fitur ini di akun pemberi pinjaman. Pilihlah tingkat bunga, lama pinjaman, dan alokasi dana per pinjaman sesuai preferensi. Setiap kali ada pinjaman Modalku yang sesuai profil Anda, fitur Pendanaan Terencana akan mengalokasikan dana sesuai setting Anda.

Bantu Lebih Banyak UMKM dengan Diversifikasi

Diversifikasi juga memiliki dimensi sosial. Akan semakin banyak UMKM yang terbantu pinjaman usaha. Secara tidak langsung, Anda berkontribusi ke perekonomian nasional. Bersama Modalku, dapatkan bunga yang menarik sekaligus memajukan ekonomi Indonesia! Segera danai pinjaman UMKM dengan klik tombol di bawah ini:


Danai Sekarang


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Subscribe

* indicates required

Comments 19

    1. Post
      Author

      Halo kak Sri, terima kasih sudah berkunjung di blog kami. Kakak dapat mengajukan pinjaman usaha di Modalku agar bisnis kakak makin berkembang. Silahkan kunjungi https://modalku.co.id/borro. Terima kasih.

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
  1. Mlm…saya mau bertanya, pinjaman saya sudah disetujui,akan tetapi blm bisa dicairkan Krn yg saya tny melalui by wa hrs deposit dl sejuta….apakah betul??

    1. Post
      Author

      Halo, kak Lestari. kami tidak pernah mensyaratkan deposit untuk mencairkan pinjaman ya! Jadi, pasti itu adalah penipuan.
      Waspada terhadap oknum yang mengaku-ngaku dari Modalku. Berikut informasi agar terhindar dari penipuan:
      ——
      1. Akun IG kami hanya @modalkuid dan @pendanamodalku (tidak ada yang lain) dan Modalku tidak memliki akun telegram. Akun resmi Modalku bisa di cek pada story highlight kami bagian “AKUN PALSU”
      2. Modalku tidak pernah memberikan nomor rekening atau meminta teman-teman melakukan transfer deposit ke nomor rekening pribadi
      3. Website resmi modalku hanya: modalku.co.id (khusus untuk pengajuan pinjaman)
      4. Modalku hanya memiliki 1 aplikasi khusus pendana, yang dapat di download hanya melalui Google Playstore atau App store
      5. Mohon untuk tidak download link aplikasi mencurigakan, yang dikirimkan melalui pesan whatsapp atau email yang mengatasnamakan Modalku
      6. Untuk berkonsultasi dengan Modalku bisa melalui live chat di website: modalku.co.id
      ——
      Jika kamu mendapatkan chat yang mencurigakan dari oknum yang mengatasnamakan Modalku, segera laporkan ke website: Lapor.go.id /layanan.kominfo.go.id/Cyber polisi
      Lalu menginfokan bukti pelaporannya ke tim Modalku via live chat. Jadwal: senin-jumat (09:00-18:00 WIB)

  2. Kenapa modalku saat ini tidak ada fasilitas perpanjangan masa aktif virtual credit. Dengan alasan untuk saat ini tidak ada layanan virtual credit modalku sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan. Padahal sebelumnya saya dapat email untuk konfirmasi perpanjangan masa aktif layanan virtual credit modalku. Terima kasih

    1. Post
      Author

      Halo kak Dendi, maaf baru balas.

      Untuk produk/layanan tersebut memang sedang tidak aktif. Jadi, silahkan coba ajukan produk pinjaman yang lain ya! Ke depannya kami akan terus berusaha memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan setia seperti kak Dendi.

  3. Apakah benar setiap minjam uang di Modalku di potong 5% dan wajib di transfer?

    1. Post
      Author

      Halo kak Adi. Tidak benar kak! Sudah pasti itu penipuan!

      Sebagai info, saat ini memang sedang marak penipuan yang mengatasnamakan Modalku. Maka dari itu kami himbau untuk Waspada terhadap oknum yang mengaku-ngaku dari Modalku. Berikut informasi agar terhindar dari penipuan:
      ——
      1. Akun IG kami hanya @modalkuid dan @pendanamodalku (tidak ada yang lain) dan Modalku tidak memliki akun telegram. Akun resmi Modalku bisa di cek pada story highlight kami bagian “AKUN PALSU”
      2. Modalku tidak pernah memberikan nomor rekening atau meminta teman-teman melakukan transfer deposit ke nomor rekening pribadi
      3. Website resmi modalku hanya: modalku.co.id (khusus untuk pengajuan pinjaman)
      4. Modalku hanya memiliki 1 aplikasi khusus pendana, yang dapat di download hanya melalui Google Playstore atau App store
      5. Mohon untuk tidak download link aplikasi mencurigakan, yang dikirimkan melalui pesan whatsapp atau email yang mengatasnamakan Modalku
      6. Untuk berkonsultasi dengan Modalku bisa melalui live chat di website: modalku.co.id

    1. Post
      Author

      Halo kak Mulyati, dapat kami infokan bahwa Modalku memiliki tim field collection untuk membantu mencari solusi pelunasan pinjaman bersama peminjam.

  4. Halo Pak Ubadllah Pratama.
    Saya mendapat info Modalku di ACC tapi minta deposit member 1 Juta.
    Lalu tiba tiba setelah saya transfer ada informasi kalau No. Rekening saya salah dan saya diminta denda 6% dari pengajuan 20 juta.
    Saya merasa tidak mungkin memberi No Rekening yang salah. Lalu lewat WA pihak mengaku CS modalku memaksa saya untuk membayar denda agar pengajuan dicairkan.
    Ketika saya minta agar pengajuan di batalkan mereka marah dan menuduh saya hanya main main, ada data kontrak dari Modalku dibawah OJK.
    Syarat pembatalan pinjaman malah denda di naikkan menjadi 10 %.
    Saya rasa ini benar benar sudah keterlaluan. Mohon dari modalku bisa membantu saya. Demikian dan terima kasih.

    1. Post
      Author

      Halo Pak Lee. Terima kasih sudah menghubungi kami. Info tersebut adalah penipuan pak, karena Modalku tidak pernah meminta deposit untuk mencairkan pinjaman.

      Saat ini memang masih marak penipuan yang mengatasnamakan Modalku. Maka dari itu kami himbau untuk Waspada terhadap oknum yang mengaku-ngaku dari Modalku. Berikut informasi agar terhindar dari penipuan:
      ——
      1. Akun IG kami hanya @modalkuid dan @pendanamodalku (tidak ada yang lain) dan Modalku tidak memliki akun telegram. Akun resmi Modalku bisa di cek pada story highlight kami bagian “AKUN PALSU”

      2. Modalku tidak pernah memberikan nomor rekening atau meminta teman-teman melakukan transfer deposit ke nomor rekening pribadi

      3. Website resmi modalku hanya: modalku.co.id (khusus untuk pengajuan pinjaman)

      4. Modalku hanya memiliki 1 aplikasi khusus pendana, yang dapat di download hanya melalui Google Playstore atau App store

      5. Mohon untuk tidak download link aplikasi mencurigakan, yang dikirimkan melalui pesan whatsapp atau email yang mengatasnamakan Modalku

      6. Untuk berkonsultasi dengan Modalku bisa melalui live chat di website: modalku.co.id
      ——
      Jika kamu mendapatkan chat yang mencurigakan dari oknum yang mengatasnamakan Modalku, segera laporkan ke website:
      Lapor.go.id / layanan.kominfo.go.id / Cyber polisi
      Lalu menginfokan bukti pelaporannya ke tim Modalku via live chat. Jadwal: senin-jumat (09:00-18:00 WIB)

Tinggalkan Balasan