Menakar Risiko Alternatif Investasi dengan Factsheet

Dalam investasi, risiko menjadi suatu hal yang mustahil dihindari. Tapi jangan sampai Anda menghindari investasi karena takut risikonya. Investasi menangkal efek inflasi terhadap aset Anda serta meningkatkan nilai dari uang yang Anda miliki.

Dengan mengenali karakter setiap instrumen, Anda dapat menakar sekaligus memitigasi risiko investasi. Produk alternatif investasi Modalku juga memiliki risiko, yakni gagal bayar/default. Risiko gagal bayar di Modalku bisa dikurangi dengan cara Diversifikasi Pinjaman.

Untuk informasi lebih lanjut tentang risiko alternatif investasi di Modalku, baca artikel ini:Pahami Risiko Alternatif Investasi Modalku Maksimalkan Untungnya

Selain itu, pemberi pinjaman perlu mempelajari beragam informasi tentang calon peminjam. Salah satu “alat” untuk mempelajarinya adalah dengan factsheet Modalku. Lantas, apa itu factsheet dan apa saja informasi tentang peminjam yang dapat dipelajari darinya?

Fakta Tentang Factsheet Modalku

Factsheet adalah kumpulan berbagai fakta dan informasi yang berkaitan dengan peminjam beserta kegiatan bisnisnya. Factsheet diberikan kepada calon pemberi pinjaman agar mereka dapat mempertimbangkan risiko pendanaan yang akan mereka berikan. Apa saja poin-poin yang ada dalam factsheet? Mari kita bahas satu per satu!

Kenali Suku Bunga Effective dan Grade

Pada bagian ini, pemberi pinjaman akan disajikan persentase dari suku bunga yang akan didapat dari pinjaman yang mereka berikan. Persentase ini berbeda-beda di tiap loan/pinjaman, tergantung tenor, risiko dan nilai pinjaman. Di bagian ini juga ada kalkulasi pengembalian bersih bagi pemberi pinjaman.

Selain suku bunga effective, pada factsheet juga terdapat grade. Grade adalah skala risiko dari pinjaman yang diberikan. Skala ini berkisar antara A sampai D. A untuk yang paling aman dan D untuk yang paling berisiko. Dari keterangan ini, Anda bisa menentukan sebesar apa risiko yang bisa Anda tanggung. Semakin tinggi risiko yang diambil, semakin besar juga bunga yang berpotensi didapat. High risk, high return sesuai prinsip investasi.

Lihat juga: “Menumpuk Pundi, Meminimalkan Rugi dengan Mengenali Risiko Investasi”

Perdalam Informasi Melalui Loan Details dan Basic Information

Anda bisa mengenal lebih dalam usaha bisnis peminjam melalui Loan Details dan Basic Information. Pada poin Loan Details, Anda dapat melihat jumlah pinjaman, tenor, skema pengembalian, jenis pinjaman, industri, tujuan pinjaman dan jaminan. Dengan informasi ini, Anda dapat mengetahui struktur pinjaman.

Tidak hanya detail pinjaman, Anda juga perlu melihat informasi dasar perusahaan melalui poin basic information. Poin ini menyediakan keterangan singkat tentang usaha yang akan didanai. Biasanya terdapat informasi mengenai berapa lama usaha sudah didirikan, bidang industri/bisnis, hingga klien perusahaan. Lokasi dan bidang usaha dalam klasifikasi BI juga dicantumkan pada bagian ini. Identitas perusahaan peminjam memang sengaja tidak ditampilkan. Kebijakan ini mengikuti peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melindungi peminjam.

Financial Highlight yang Mencerahkan

Seperti namanya, financial highlight memberikan kilasan singkat tentang kondisi finansial peminjam. Financial highlight berisi keterangan jumlah penjualan (sales), biaya untuk menghasilkan produk/layanan yang dijual (cost of goods sold),  dan keuntungan kotor (gross profit). Selain itu, ada juga informasi tentang total biaya operasional usaha (operational expense) yang terdiri dari biaya gaji karyawan, biaya listrik usaha, dsb.

Factsheet juga mengandung keuntungan operasional (operational profit) yaitu keuntungan kotor dikurangi biaya operasional usaha. Ada juga informasi soal pemasukan lainnya (other income), pengeluaran lainnya (other expense), dan keuntungan bersih (net profit).

Jika pada kolom gross profit, operating profit, dan net profit ditandai warna hijau artinya poin tersebut bernilai positif. Secara sederhana bisa diartikan arus kas usaha yang akan Anda danai cukup sehat.

Saatnya Pelajari Risiko dengan Risk Profile

Dengan risk profile, Anda akan mendapatkan informasi tentang risiko bisnis yang berpotensi melanda peminjam. Ada berbagai kemungkinan risiko yang dapat terjadi dalam bisnis peminjam, tetapi Modalku memilih empat risiko yang paling berpengaruh. Jadi, setiap factsheet bisa memiliki risiko yang berbeda-beda tergantung jenis bisnisnya.

Tetap Optimis dengan Competitive Advantage Perusahaan dan Asset, Liabilities, serta Equity

Di sisi lain, perusahaan peminjam juga memiliki potensi yang menjanjikan – bukan hanya risk profile. Anda dapat melihatnya pada bagian competitive advantage perusahaan. Contoh: kontrak kerja sama dengan perusahaan terkemuka. Hal ini memberi gambaran tentang potensi bisnis peminjam di masa yang akan datang.

Tak hanya keunggulan kompetitif, poin asset, liabilities, dan equity akan semakin meyakinkan Anda pada potensi calon peminjam. Poin ini menjelaskan tentang jumlah kepemilikan aset, kewajiban atau utang (liability), dan ekuitas/modal. Dengan informasi ini, Anda dapat mengetahui kondisi dan kemampuan perusahaan dari sisi kepemilikan dan permodalan.

Catatan

Poin catatan berisi informasi tambahan yang akan memperkuat fakta-fakta yang sudah diutarakan.

Financial Summary

Pada bagian ini, semua informasi tentang peminjam diringkas dalam satu paragraf. Anda bisa lebih cepat mengetahui kinerja bisnis peminjam dengan membaca financial summary.

Key Metrics

Kinerja keuangan peminjam bisa dilihat dari kolom ini. Key metrics merupakan ringkasan laporan keuangan perusahaan peminjam. Dengan key metrics angka-angka dalam laporan keuangan yang rumit menjadi lebih mudah dipahami.

Sama seperti risk profile, key metrics juga hanya memunculkan poin-poin tertentu dalam laporan keuangan. Setiap factsheet akan memunculkan poin-poin key metrics yang berbeda, tergantung pada kinerja keuangan perusahaan masing-masing.  Jika Anda tidak paham dengan beragam istilah yang dikemukakan dalam key metrics, Anda bisa mencari tahu di website www.investopedia.com atau langsung menghubungi customer experience (CX) Modalku.


Itulah poin-poin dalam factsheet untuk para pemberi pinjaman. Dengan mempelajari factsheet, Anda akan lebih mantap memilih pinjaman yang ingin didanai serta dapat lebih mudah memitigasi risiko pendanaan

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply