Pahami Risiko Alternatif Investasi Modalku, Maksimalkan Untungnya

Semua Investasi Mengandung Risiko

Kebanyakan orang hanya fokus pada keuntungan (return) dan melupakan risiko saat berinvestasi. Padahal semua instrumen investasi memiliki risiko. Meskipun demikian, risiko bukan alasan untuk menghindari investasi.

Mengapa?

  • Karena investasi adalah usaha meningkatkan nilai dari uang yang ada
  • Seiring berjalannya waktu, nilai uang terpengaruh efek inflasi. Harga barang cenderung naik sehingga kita ingin agar nilai uang yang dimiliki dapat menyaingi atau bahkan lebih tinggi daripada tingkat inflasi.
  • Bandingkan dengan tabungan yang sangat aman, tetapi tingkat bunganya tidak seberapa.

Agar dapat memaksimalkan keuntungan investasi, Anda perlu memahami karakter masing-masing instrumen.

Pahami juga bahwa investasi selalu mengikuti prinsip risk and return. Semakin tinggi potensi keuntungan, semakin tinggi risiko. Begitu juga sebaliknya. Investasi yang termasuk “aman” (deposito, obligasi, dll) memiliki potensi keuntungan yang lebih rendah.

Untuk mengenal lebih baik dasar-dasar investasi, bacalah: “8 Prinsip bagi Investor Pemula dan Berpengalaman”

Risiko Alternatif Investasi di Modalku

Produk alternatif investasi Modalku pun memiliki risiko. Risiko yang dapat terjadi adalah gagal bayar atau default, di mana peminjam tidak dapat memenuhi tanggung jawabnya melunasi pinjaman.

Tingkat risiko alternatif investasi Modalku pun berdasarkan prinsip risk and return yang telah dijelaskan di atas. Semakin tinggi bunga pinjaman, maka risiko gagal bayar (default) semakin besar. Potensi return yang lebih tinggi adalah kompensasi risiko yang ditanggung oleh pemberi pinjaman.

Anda harus selalu ingat bahwa saat Anda mendanai pinjaman dengan tingkat return tinggi, maka semakin tinggi risiko default yang ditanggung. Untuk setiap pinjaman, Modalku menyediakan Factsheet tentang profil usaha peminjam serta informasi keuangannya agar pemberi pinjaman dapat mengetahui kondisi finansial peminjam sebelum melakukan pendanaan.

Beberapa hal yang perlu dicatat:

  • Risiko gagal bayar (default) tidak dapat sepenuhnya dihindari.
  • Ada beberapa tindakan antisipasi yang dapat diambil untuk meminimalkan risiko default.
  • Tetapi, ada kalanya tindakan antisipasi tidak berhasil. Di situasi ini, pemberi pinjaman akan menanggung kerugian.

Risiko Tidak Bisa Dieliminasi, Tetapi Bisa Diminimalkan. Caranya?

Bagaimana cara meminimalkan risiko default alternatif investasi Modalku? Lakukan diversifikasi pinjaman.

Kenalkah Anda dengan kalimat “Jangan menaruh semua telur dalam satu keranjang”? Ini adalah dasar prinsip diversifikasi. Berikanlah pendanaan ke sebanyak mungkin pinjaman. Simak contoh di bawah ini:

Misalnya, Anda membagi pendanaan sebesar Rp 10 juta pada 10 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) peminjam dengan profil pinjaman yang sama (suku bunga 20%, jangka waktu pinjaman 1 tahun, dst). Jika 1 UMKM mengalami default, total penghasilan Anda tetap positif karena masih ada 9 UMKM lain.

  • Bila 9 UMKM sukses melunasi pinjaman, total penghasilan Anda mendekati hasil seharusnya, yaitu mendekati Rp 12 juta di akhir periode pinjaman.
  • Berbeda bila pendanaan Rp 10 juta disalurkan seluruhnya ke 1 UMKM. Jika terjadi default, Anda bisa kehilangan sebagian hingga semua uang Anda.
  • Dengan diversifikasi, Anda tak hanya mengurangi risiko tetapi juga mendapatkan return yang stabil.

Selain mengurangi risiko dengan diversifikasi, Anda juga bisa memaksimalkan pengembalian (return) di Modalku dengan pendanaan ulang. Caranya: gunakan return yang diperoleh dari setiap tempo pengembalian untuk mendanai pinjaman-pinjaman baru. Dengan cara ini, keuntungan Anda akan berlipat ganda.

Lebih lanjut: “Pendanaan Ulang”

Modalku menyediakan fitur Pendanaan Terencana agar pemberi pinjaman dapat melakukan diversifikasi secara lebih nyaman. Anda tinggal mengatur fitur ini di akun pemberi pinjaman. Pilihlah tingkat pengembalian, lama pinjaman, dan alokasi dana per pinjaman sesuai preferensi. Setiap kali ada pinjaman Modalku yang sesuai profil Anda, fitur Pendanaan Terencana akan mengalokasikan dana sesuai setting Anda.

Untuk mengenal cara kerja fitur Pendanaan Terencana, baca di sini.

Bantu Lebih Banyak UMKM dengan Diversifikasi

Diversifikasi juga memiliki dimensi sosial. Akan semakin banyak UMKM yang terbantu pinjaman usaha. Secara tidak langsung, Anda berkontribusi ke perekonomian nasional. Bersama Modalku, dapatkan return yang menarik sekaligus memajukan ekonomi Indonesia!


Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply