Apa Saja Langkah-langkah Strategi Pemasaran yang Harus Dilakukan?

5 Langkah-langkah Strategi Pemasaran yang Harus Dilakukan

Pemasaran merupakan salah satu tahapan penting bagi sebuah bisnis atau perusahaan. Sehingga Anda harus melakukannya dengan benar dan jangan sembarangan. Hasil kegiatan ini bisa berdampak langsung terhadap keberlangsungan perusahaan. Oleh karena itu diperlukan langkah-langkah strategi pemasaran untuk dapat memberikan bisnis Anda hasil yang terbaik.

Sebuah strategi pemasaran mampu membantu Anda mencapai target demografis, mulai dari orang-orang yang belum pernah mendengar tentang perusahaan Anda hingga klien jangka panjang. Ketika ingin membuat sebuah strategi pemasaran, diperlukan langkah-langkah penting agar strategi yang dibangun mampu menjamin hasil terbaik. Dalam membantu Anda, berikut ini berbagai macam informasi penting mengenai hal tersebut. Dengan mempelajari dan menerapkannya, maka upaya pemasaran bisnis Anda dapat memberikan hasil sesuai keinginan. Mari simak berbagai macam hal tersebut di sini.

Mengenal Langkah-langkah Strategi Pemasaran

Kunci keberhasilan upaya pemasaran Anda akan dimulai dengan mengembangkan rencana strategis. Setiap aktivitas pemasaran memiliki dasar dari riset solid dengan tujuan spesifik, kemudian diimplementasikan serta dievaluasi dengan cermat pada waktu yang tepat. Rencana tersebut berfungsi layaknya peta guna membantu Anda meraih hasil akhir terbaik sesuai keinginan.

Ketika ingin menjalankan praktik pemasaran, Anda mungkin memulainya karena beberapa alasan berikut: 

  • Meningkatkan pendapatan 
  • Memperluas basis pelanggan Anda
  • Mencegah persaingan
  • Meningkatkan citra bisnis
  • Mempromosikan produk dan layanan baru 
  • Memasuki pasar baru
  • Dan lain-lain.

Apa pun motivasi Anda, semuanya harus dilakukan melalui langkah-langkah pemasaran agar hasil yang didapatkan bisa maksimal dan juga efektif. Untuk menciptakan strategi mumpuni dan efektif, maka langkah yang harus Anda lewati seperti berikut ini.

1. Tentukan Tujuan Pemasaran Anda

Sebuah tujuan realistis diperlukan agar dapat menciptakan strategi pemasaran efektif. Ada cara mudah dalam menentukan tujuan pemasaran Anda, kerangka SMART akan bisa membantu. Poin-poin penting dari kerangka ini yaitu

  • Specific atau spesifik: Menentukan target seperti apa yang ingin dicapai.
  • Measurable atau terukur: Tentukan target yang bisa diukur. Baik diukur dari waktu dan hasil, maupun dampak yang diakibatkan. 
  • Attainable atau tercapai: Tentukan tujuan yang realistis dan bisa dicapai dari segi sumber daya yang ada, seperti dana, tenaga kerja, dan waktu. 
  • Relevant atau relevan: Tentukan tujuan akhir yang berpengaruh bagi bisnis. Contohnya, jika tujuan hanya akan meningkatkan awareness tanpa meningkatkan penjualan, kamu bisa menggantinya dengan tujuan yang lain. 
  • Time-bound atau batasan waktu: Tentukan kapan tujuan akan tercapai. Tenggat waktu sangat berguna untuk memastikan semua rencana berada pada jalan yang tepat. Waktu juga akan membuat seluruh anggota termotivasi dan dapat bekerja maksimal.

Contohnya bisa berupa peningkatan penjualan sebesar 5% dari tahun sebelumnya, atau menambah followers media sosial sebanyak 1000 akun. Pastikan tujuan ini realistis dan bisa diukur.

Baca Juga: Ciri-ciri Strategi Pemasaran yang Efektif Dilakukan

2. Melakukan Riset Pasar

Tujuan langkah ini adalah mendapatkan gambaran realistis tentang bagaimana posisi dari bisnis Anda. Melalui tahapan ini, proyeksi yang cukup akurat tentang pertumbuhan bisnis dalam pasar atau industri saat ini mudah didapatkan. Anda juga mampu mengidentifikasi faktor-faktor kompetitif dan mengeksplorasi peluang baru lainnya yang mungkin cocok dengan tujuan Anda.

Baca Juga: 5 Elemen Strategi Pemasaran yang Harus Ada

3. Tentukan Siapa Target Anda

Mengetahui target dari upaya pemasaran Anda akan sangat membantu. Bisnis bisa tahu apa yang harus mereka lakukan ketika ingin menarik perhatian demografis tertentu. Coba ajukan pertanyaan berikut ini guna menemukan siapa target Anda:

  • Berapa rentang usia rata-rata pelanggan Anda?
  • Apakah pelanggan Anda laki-laki/perempuan atau keduanya?
  • Apakah ada kesamaan antara pelanggan Anda dalam hal minat mereka?
  • Dalam tahap kehidupan apa pelanggan Anda?
  • Di mana lokasi daerah mereka tinggal?
  • Seperti apa pengeluaran dan buying power mereka?

4. Tentukan Anggaran

Sebelum memutuskan strategi pemasaran seperti apa yang ingin diterapkan untuk mencapai tujuan Anda, periksalah informasi keuangan. Anggaran pemasaran diperlukan karena hal ini bisa berdampak langsung pada kualitas dan kuantitas upaya pemasaran Anda. Tidak ada standar khusus mengenai biaya untuk digunakan, namun ada baiknya jika hal ini dibicarakan dengan tim finansial perusahaan demi memperlancar kegiatan pemasaran Anda.

Baca Juga: Apa Itu Strategi Pemasaran dan Manfaatnya?

5. Implementasikan dan Evaluasi

Jika sudah merasa strategi yang dirancang tepat, maka jangan menunggu untuk mengimplementasikannya. Pada tahap ini, kegiatan pemasaran tidak dapat dikatakan selesai. Sesudah pengimplementasian strategi, maka langkah selanjutnya adalah melakukan evaluasi serta mengukur efektivitas dan keberhasilannya. Penting untuk mengukur hasil terhadap standar yang ditetapkan ketika menetapkan tujuan Anda. Hal ini membantu dalam pengembangan strategi selanjutnya agar lebih baik.

Itulah langkah langkah strategi pemasaran yang harus diperhatikan. Selain memajukan usaha milik sendiri, Anda juga bisa berpartisipasi membangkitkan UMKM Indonesia lewat program pendanaan online dari Modalku. Anda bisa memulainya dengan dana Rp100.000.

Nah jika Anda butuh modal dalam mengembangkan usaha, maka ada program menarik lainnya dari Modalku untuk dicoba. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan pinjaman hingga 2 miliar serta cari tahu berbagai macam informasi lainnya.


Pinjam Sekarang!

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan