Manfaat Investasi yang Bisa Anda Rasakan di Masa Depan

manfaat investasi

Dalam melakukan investasi, ada proses yang harus dilalui dalam periode waktu tertentu yang hasilnya dapat Anda nikmati di masa mendatang. Apa saja manfaat investasi yang dapat Anda rasakan di masa depan nanti?

Melalui artikel ini, Modalku akan membahas secara rinci mengenai berbagai manfaat investasi yang bisa Anda rasakan di masa depan. Selain itu, kami juga memiliki informasi tambahan mengenai jenis-jenis investasi yang cocok bagi Anda yang baru saja terjun ke dunia investasi.

Apa Saja Manfaat Investasi untuk Masa Depan?

Berikut ini, setidaknya ada 5 manfaat utama dari investasi untuk masa depan yang bisa Anda rasakan, yaitu:

1. Memiliki Pegangan Di Hari Tua

Manfaat pertama dari berinvestasi adalah Anda dapat memiliki pegangan di hari tua nanti. Anda tentu tahu dan sudah memahami bahwa masing-masing individu memiliki batasan waktu untuk dapat mencari pendapatan secara aktif, bukan?

Di Indonesia sendiri, batas usia produktif setiap masyarakat mencapai 58 tahun. Artinya, setelah Anda menginjak usia 58 tahun, maka akan sulit untuk dapat bekerja secara produktif dan masa ini dinamakan dengan masa pensiun.

Ketika sudah memasuki masa pensiun, maka Anda diharapkan untuk memiliki pegangan atau tabungan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan di hari tua. Maka dari itu, investasi sangat penting agar di hari tua nanti Anda sudah memiliki pegangan atau tabungan yang cukup.

Baca Juga: Dana Pensiun: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya bagi Anda

2. Siap Menghadapi Inflasi

Inflasi akan terus terjadi dari waktu ke waktu di negara manapun. Khususnya negara Indonesia yang termasuk ke dalam negara berkembang, inflasi memberikan dampak yang sangat nyata dan cepat di dalam kehidupan sehari-hari kita.

Anda tentu sudah merasakan dampak inflasi ketika akan membeli kebutuhan pokok seperti sembako. Harga sembako saat ini perlahan-lahan terus meroket dan diikuti dengan harga pangan lainnya seperti sayur, daging, dan buah.

Di masa mendatang, tentu saja inflasi akan memberikan dampak yang lebih besar lagi di dalam kegiatan ekonomi di negara kita. Maka dari itu, investasi dapat membantu Anda untuk mengantisipasi terjadinya inflasi di masa depan.

Baca Juga: Seperti Ini Cara Berinvestasi yang Aman yang Bisa Anda Ikuti

3. Memenuhi Kebutuhan Di Masa Mendatang

Apa rencana Anda untuk masa depan? Apakah Anda ingin menikah? Apakah Anda sudah memiliki anak dan mempunyai rencana untuk memberikan fasilitas pendidikan terbaik untuk mereka?

Apapun kebutuhan Anda di masa depan, semua itu dapat terpenuhi dengan investasi. Semakin dini Anda berinvestasi, maka semakin besar dan cepat pula hasilnya bisa dimanfaatkan serta digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan tersebut.

4. Mendapatkan Passive Income

Anda pasti ingin bisa mendapatkan penghasilan tanpa harus bekerja, bukan? Penghasilan tersebut dinamakan sebagai passive income atau pemasukan pasif di mana salah satu sumbernya bisa didapat dari berinvestasi.

Passive income ini dapat berjalan beriringan dengan active income yang Anda dapat dari gaji bulanan atau pemasukan rutin. Jadi, bisa dibayangkan berapa banyak pemasukan yang bisa Anda hasilkan di masa depan, bukan?

Baca Juga: Mengenal Fungsi Investasi yang Beragam

5. Mencapai Kebebasan Finansial (Financial Freedom)

Manfaat terakhir yang bisa dirasakan dari berinvestasi adalah financial freedom atau kebebasan finansial. Pernahkan Anda mendengar istilah ‘financial freedom’? Apa arti dari financial freedom.

Sederhananya, financial freedom menggambarkan kondisi keuangan seseorang yang sudah bebas atau merdeka dari utang. Orang yang sudah mencapai financial freedom juga sudah mendapatkan dana yang cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka sejak sebelum memasuki masa pensiun hingga tua nanti.

Apa Saja Jenis Investasi yang Baik untuk Pemula?

Sebagai pemula, tentu Anda bingung dalam menentukan jenis investasi terbaik. Maka dari itu, berikut ini ada 5 jenis investasi yang dapat kami rekomendasikan bagi para pemula di dunia investasi, yaitu:

  • Emas: Emas merupakan jenis logam mulia yang paling sering dijadikan sebagai instrumen investasi bagi pemula. Hal ini dikarenakan emas sangat mudah untuk diperjualbelikan dan juga harga emas akan selalu naik setiap tahunnya.
  • Reksadana: Para investor pemula dapat memulai investasi melalui reksadana dengan risiko yang lebih minim. Reksadana juga dapat menjadi instrumen investasi yang tepat bagi Anda yang ingin berinvestasi dengan modal awal yang minim.
  • Saham: Bermain saham dapat dilakukan oleh pemula sekalipun, selama Anda selalu mencari informasi dan data yang lengkap seputar perusahaan yang menyediakan saham tersebut. Saham memiliki gain yang tinggi, namun risikonya juga tinggi sehingga Anda perlu mengantisipasi terjadinya loss atau kerugian.
  • Deposito: Bank menyediakan layanan investasi dalam bentuk deposito. Anda dapat mendepositokan sejumlah uang ke bank yang tidak dapat diambil sesuai dengan jangka waktu yang sudah ditentukan dan uang tersebut nantinya akan berbunga.
  • P2P Lending: Saat ini banyak platform penyedia P2P Lending di mana Anda dapat memberikan pendanaan kepada UMKM. Maksud dari pendanaan ini adalah Anda memberikan modal bagi pengusaha UMKM agar mereka dapat mengembangkan bisnisnya.

Di Modalku, kami menyediakan pendanaan online. Silakan hubungi Modalku atau langsung cek website kami untuk melihat informasi lengkap seputar cara melakukan pendanaan online kepada pengusaha UMKM. Sekian informasi yang dapat kami berikan seputar manfaat investasi dan semoga informasi tersebut berguna bagi Anda.

Tinggalkan Balasan