Mengenal Fungsi Investasi yang Beragam

fungsi investasi

Fungsi investasi tidak hanya sebatas untuk melipatgandakan uang saja. Ada berbagai macam fungsi atau manfaat investasi yang perlu Anda ketahui.

Masyarakat Indonesia saat ini mulai melirik dan tertarik akan dunia investasi. Namun, apa sebenarnya pengertian dari investasi itu sendiri dan apa fungsinya? Melalui artikel ini, Modalku akan memberikan informasi lengkap seputar investasi yang penting untuk Anda ketahui dalam merencanakan keuangan untuk masa depan.

Apa Itu Investasi?

Banyak orang yang masih memiliki konsep yang salah terhadap investasi. Meskipun mirip dengan menabung, akan tetapi investasi lebih menitikberatkan pada penanaman modal.

Singkatnya, investasi merupakan cara untuk melipatgandakan uang atau harta yang Anda miliki dengan menjadikannya sebagai modal. Sedangkan bila kita bandingkan dengan konsep menabung, Anda hanya perlu menyimpan uang di bank dan mendapatkan bunga sekian persen sesuai dengan ketentuan.

Di dalam investasi, modal yang sudah Anda tanam akan berkembang, namun bisa juga mengalami loss atau kerugian. Hal ini dikarenakan adanya berbagai faktor yang dipengaruhi dengan situasi ekonomi suatu negara atau tempat di mana Anda menanam modal tersebut.

Adapun investasi dibagi ke dalam dua jenis yaitu investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. Di dalam investasi jangka pendek, Anda bisa mendapatkan keuntungan dalam waktu yang cepat dan sebaliknya, investasi jangka panjang membutuhkan waktu sedikitnya tiga tahun hingga puluhan tahun, sesuai dengan tujuan keuangan masing-masing individu.

Apa Saja Fungsi Investasi?

Berikut ini, ada setidaknya 5 fungsi dari investasi yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Meningkatkan Pemasukan 

Fungsi pertama dari investasi adalah untuk meningkatkan pemasukan. Investasi dapat menjadi sarana pemasukan pasif (passive income) yang artinya Anda tetap akan menghasilkan duit meskipun tidak bekerja.

Passive income ini tentu akan sangat bermanfaat di masa mendatang, khususnya ketika Anda sudah harus pensiun atau tidak lagi memiliki pemasukan aktif. Dengan demikian, semakin awal Anda memulai investasi, maka akan semakin banyak pula pemasukan yang dapat ditingkatkan mulai dari sekarang, dan hasilnya akan dirasakan di beberapa waktu mendatang.

Baca Juga: Mengenal Macam-macam Investasi yang Bisa Anda Coba Sebagai Pemula

2. Mencapai Financial Freedom

Kata ‘financial freedom’ akhir-akhir ini sangat populer di media sosial. Apa itu financial freedom?

Financial freedom adalah istilah di mana seseorang sudah memiliki dana yang cukup mulai dari investasi, tabungan, hingga uang tunai yang dapat memenuhi kebutuhan hidup setiap harinya tanpa harus bekerja. Selain itu, financial freedom juga dapat menandakan bahwa seseorang tidak memiliki utang atau bahkan dapat membeli sesuatu tanpa harus mengajukan pinjaman sama sekali.

3. Mengantisipasi Terjadinya Inflasi

Pergerakan inflasi sangatlah cepat dan pastinya Anda sudah merasakan dampak nyata inflasi dari kehidupan sehari-hari. Terjadinya inflasi membuat seluruh bahan baku pangan naik seperti sembako, sayur, dan juga buah.

Investasi dapat berfungsi untuk mengantisipasi terjadinya inflasi. Jadi, Anda tidak perlu merasa khawatir lagi ketika menghadapi inflasi karena adanya hasil yang didapat dari investasi yang dilakukan.

4. Membantu Pergerakan Ekonomi

Pergerakan ekonomi suatu negara dapat berkembang berkat investasi. Hal ini dikarenakan Anda dapat menanam modal pada perusahaan-perusahaan yang menjadi salah satu sumber pendapatan negara.

Anda dapat melakukan investasi dengan membeli saham dari perusahaan-perusahaan besar atau bahkan memberikan pendanaan melalui P2P lending untuk memberikan support bagi para UMKM maupun UKM. Jadi, selain memberikan manfaat bagi diri sendiri, Anda juga memberikan manfaat kepada orang lain dengan berinvestasi.

Baca Juga: P2P Lending dan Digital Lending di Indonesia

5. Memenuhi Kebutuhan Di Masa Mendatang

Fungsi terakhir dari investasi adalah untuk memenuhi kebutuhan di masa mendatang. Kebutuhan yang dimaksud di sini seperti biaya menikah, biaya hari tua, biaya pendidikan anak, dan banyak lagi.

Anda tentu paham bahwa setiap orang akan memiliki batas waktu untuk dapat bekerja dan mencari penghasilan secara aktif. Maka dari itu, investasi hadir untuk membantu Anda dalam memenuhi segala kebutuhan di masa mendatang, khususnya ketika memasuki masa pensiun nanti.

Bagaimana Tips untuk Melakukan Investasi Bagi Pemula?

Setelah memahami pengertian investasi dan juga fungsinya, kami juga akan memberikan berbagai tips untuk melakukan investasi bagi Anda yang tergolong pemula. Untuk berinvestasi, setidaknya ada 5 hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

  • Anda harus menentukan tujuan keuangan untuk masa mendatang dengan jelas dan rinci. Dengan demikian, Anda dapat melakukan perencanaan keuangan dengan matang.
  • Investasi membutuhkan proses dan Anda tidak bisa mengharapkan hasil yang instan. Oleh karena itu, Anda harus sabar, nikmati prosesnya, dan hasilnya akan terlihat di masa mendatang.
  • Pilih instrumen investasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Pahami secara mendalam mengenai instrumen investasi yang akan Anda pilih.
  • Selalu pantau perkembangan dunia investasi melalui berita. Informasi tersebut dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan yang tepat terhadap investasi yang sedang dijalankan.
  • Mulailah berinvestasi sejak dini dengan modal yang kecil. Lalu, lakukan secara rutin dan bertahap agar Anda dapat merasakan hasil yang signifikan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Inflasi dengan Pendanaan Invoice Financing

Jadi, itulah informasi yang dapat kami berikan seputar berbagai fungsi investasi yang perlu Anda pahami. Sebagai informasi tambahan, Anda dapat mulai melakukan pendanaan online di Modalku.
Pendanaan online ini dapat membantu para UMKM untuk mengembangkan bisnis yang mereka jalankan dengan modal investasi yang Anda berikan. Maka dari itu, mulailah melakukan  sekarang juga untuk memajukan pergerakan ekonomi negara Indonesia dan hubungi Modalku sekarang juga untuk informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan