Seperti Ini Cara Berinvestasi yang Aman yang Bisa Anda Ikuti

cara berinvestasi

Apakah Anda sedang ingin terjun ke dunia investasi? Sebelum memasuki dunia investasi, Anda harus mempelajari terlebih dahulu mengenai cara berinvestasi yang teman dan juga aman.

Saat ini, sebagian besar masyarakat Indonesia sudah mulai memahami betapa pentingnya investasi untuk perencanaan keuangan di masa depan. Oleh karenanya, semua orang harus menggali informasi lengkap seputar investasi karena banyaknya pilihan instrumen yang berbeda-beda.

Dengan memahami secara lebih dalam mengenai investasi, Anda dapat menentukan investasi mana yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan saat ini hingga untuk masa yang akan mendatang. Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan dengan situasi keuangan terkini sebelum memutuskan untuk memulai berinvestasi.

Melalui artikel ini, Modalku akan memberikan informasi lengkap kepada Anda mengenai berbagai cara untuk melakukan investasi dengan aman dan tepat. Sebagai informasi tambahan, kami juga akan memberikan informasi singkat mengenai jenis instrumen investasi yang tepat bagi pemula.

Bagaimana Cara Berinvestasi yang Aman dan Tepat?

Berikut ini, ada 5 cara untuk melakukan investasi yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

1. Tentukan Tujuan Keuangan dengan Jelas

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam berinvestasi adalah tentukan tujuan keuangan Anda dengan lengkap dan jelas. Mengapa Anda ingin berinvestasi? Tujuan apa yang ingin Anda capai dari berinvestasi?

Mayoritas orang ingin melakukan investasi untuk mempersiapkan dana pensiun di hari tua mereka nanti. Selain dana pensiun, ada juga yang memiliki tujuan keuangan untuk mempersiapkan dana pendidikan mengingat terus meningkatnya biaya pendidikan dari tahun ke tahun.

Tujuan keuangan yang jelas dapat membantu Anda untuk menentukan rencana investasi dengan matang. Sebagai contoh, Anda dapat memperhitungkan berapa hasil investasi yang didapat setelah menabung dengan nominal di angka tertentu dalam periode waktu yang sudah ditentukan.

Baca Juga: Pahami Cara Investasi Agar Terhindar Dari Hal yang Tidak Diinginkan

2. Memahami Risiko dalam Investasi

Setiap investasi pasti memiliki risiko dan Anda harus memahami dengan betul apa saja risiko tersebut. Dengan memahami risiko dalam investasi, Anda dapat lebih berhati-hati dan mengantisipasi apabila di tengah perjalanan investasi terjadi loss (kerugian).

Baca Juga: Mengenal Investasi Leher ke Atas, Jenis Investasi untuk Anak Muda

3. Mulai dari Jumlah yang Kecil

Melanjutkan dari poin sebelumnya, meskipun investasi memiliki risiko, jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan untuk Anda tidak melakukan investasi sama sekali. Mulailah untuk berinvestasi dengan jumlah yang kecil terlebih dahulu.

Seiring dengan berjalannya waktu sambil mempelajari dunia investasi, Anda perlahan-lahan akan mulai memahami bagaimana cara berinvestasi yang aman. Pada akhirnya, Anda juga akan meningkatkan nilai investasi dan mulai mendapatkan hasil yang signifikan di kemudian hari.

4. Pantau Informasi Terbaru Di Dunia Investasi

Dengan terjun ke dunia investasi, itu berarti Anda juga harus siap dan memiliki minat yang tinggi untuk membaca berita terbaru seputar perkembangan ekonomi dan juga investasi. Berbagai platform berita pasti akan selalu memberikan informasi terkini seputar dunia investasi yang tentu tidak dapat Anda lewatkan.

Informasi yang bisa Anda dapatkan biasanya berupa grafik peningkatan atau penurunan nilai investasi, perusahaan besar yang melakukan merger, dan banyak lagi. Maka dari itu, sering-seringlah membaca berita harian seputar keuangan dan investasi agar Anda dapat mengambil langkah yang cepat serta tepat.

Baca Juga: Perbedaan Saham dan Reksadana yang Harus Diketahui Oleh Pemula

5. Memilih Instrumen Investasi yang Tepat

Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam melakukan investasi adalah Anda perlu memilih instrumen investasi yang tepat. Pilih instrumen yang sesuai dengan tujuan keuangan Anda.

Masing-masing instrumen investasi juga biasanya memiliki kelebihan dan kekurangannya yang perlu Anda pahami. Jadi, dalam menentukan instrumen investasi yang tepat, Anda perlu menyesuaikan dengan tujuan keuangan di masa mendatang dan juga memahami setiap instrumen investasi yang ada.

Apa Saja Jenis Investasi yang Baik untuk Pemula?

Sebagai pemula, tentu Anda bingung harus memulai investasi dari instrumen yang mana, bukan? Oleh karena itu, kami akan memberikan daftar instrumen investasi yang bisa dicoba bagi Anda yang baru saja terjun di dunia investasi. Berikut ini ada beberapa jenis investasi yang dapat Anda coba, yaitu:

  • Emas: Logam mulia emas menjadi instrumen investasi yang paling cocok bagi pemula. Hal ini dikarenakan harga emas terus mengalami kenaikan secara stabil.
  • Deposito: Bank tidak hanya menyediakan layanan tabungan saja, namun juga investasi yang bernama deposito. Sistem kerjanya hampir mirip dengan tabungan yaitu Anda menyimpan uang dalam jumlah yang besar, namun tabungan tersebut tidak dapat dicairkan sebelum jangka waktu yang ditentukan berakhir.
  • Reksadana: Bagi Anda yang masih memiliki tabungan dalam jumlah yang minim, reksadana bisa menjadi instrumen investasi yang tepat. Berbagai aplikasi saat ini menawarkan investasi reksadana dengan nominal awal yang sangat minim.

Selain ketiga jenis investasi untuk pemula di atas, Anda juga dapat mencoba untuk memulai pendanaan online yang dapat membantu para UMKM dalam mengembangkan bisnis mereka. Cek website Modalku atau hubungi kami sekarang juga untuk mencari tahu bagaimana cara pendanaan online yang tepat.

Tinggalkan Balasan