Cara Menabung Saham Untuk Fresh Graduate

Menabung saham dapat menjadi alternatif terbaik untuk memperoleh keuntungan secara efisien, tidak terkecuali bagi para fresh graduate. Terlebih saat ini terdapat banyak perusahaan sekuritas yang memberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin mulai menabung saham di Indonesia. Pada dasarnya, menabung saham tidak harus dimulai dengan nominal yang besar. Anda dapat memulainya sedikit demi sedikit untuk menghindari risiko kerugian. Cara bermain saham pun relatif mudah dipelajari, sehingga siapa pun termasuk fresh graduate bisa melakukannya. Yuk, simak panduan lengkapnya di bawah!

Pelajari Tentang Dunia Saham

Sebelum menabung saham, pelajarilah terlebih dahulu bagaimana dunia saham bekerja. Anda bisa memulainya dengan memilih perusahaan sekuritas yang terbaik dan tepercaya. Selanjutnya, pelajari cara bermain saham melalui online trading yang bisa diakses dengan mudah menggunakan smartphone Anda. Anda juga bisa belajar saham dari sejumlah artikel yang ada di internet maupun media cetak. Dengan begitu, Anda akan memiliki bekal ilmu yang cukup untuk memulai investasi saham.

Lebih lanjut: “Menabung atau Investasi Dulu?”

Sisihkan Uang dari Gaji Bulanan

Setelah mempelajari cara menabung saham, Anda bisa mulai berinvestasi meski hanya dengan nominal kecil. Sebagai freshgraduate, mungkin Anda hanya menerima gaji sebesar UMR (Upah Minimum Regional) di wilayah domisili Anda. Namun, bukan berarti berinvestasi saham menjadi hal yang mustahil. Caranya, buatlah rencana optimal terhadap keuangan Anda. Misalnya, Anda dapat menganggarkan setidaknya 10% dari gaji bulanan untuk investasi saham.

Lebih lanjut: “Dasar-Dasar Investasi Bagi Pemula”

Buka Rekening di Perusahaan Sekuritas

Apabila dana yang dibutuhkan untuk investasi saham sudah siap, segera buka rekening di perusahaan sekuritas tepercaya yang ada di wilayah Anda. Jangan lupa periksa kembali jaminan keamanan yang diberikan oleh perusahaan sekuritas tersebut. Sangat disarankan agar Anda memilih perusahaan sekuritas yang telah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sama seperti saat membuka rekening tabungan, Anda akan diminta menunjukkan Kartu Identitas, Kartu NPWP, serta menyertakan fotokopi buku tabungan dan kartu keluarga.

Top Up Dana ke Rekening Secara Rutin

Langkah selanjutnya, Anda dapat melakukan top up dana ke rekening sekuritas yang telah Anda pilih secara rutin. Melalui rekening ini, Anda bisa membeli saham-saham tertentu di bursa efek. Tentu saja, pilihlah instrumen saham yang memang terjangkau dan terbukti menguntungkan. Aktivitas jual-beli saham juga bisa dilakukan melalui smartphone. Dengan ID Number yang diberikan ketika proses pembukaan rekening, Anda pun bisa memilih saham yang ingin dimiliki.

Lebih lanjut: “Mengelola Portofolio Investasi Anda

Unduh Aplikasi Jual Beli Saham

Selanjutnya, Anda perlu mengunduh aplikasi khusus jual beli saham karena transaksi dilakukan secara online dan real-time. Cara bermain saham yang satu ini banyak diminati karena menawarkan kenyamanan serta fleksibilitas. Anda bahkan bisa memantau pergerakan nilai saham yang Anda beli kapan saja dan di mana saja selama Anda terhubung dengan koneksi internet.

Pilih Saham yang Anda Inginkan dan Pantau Secara Berkala

Terdapat banyak jenis saham perusahaan yang bisa Anda beli. Maka dari itu, sebelum melakukan pembelian, sebaiknya pelajari terlebih dulu track record dari perusahaan tersebut. Cara membeli saham melalui aplikasi smartphone juga cukup mudah. Pilih saham yang diinginkan, kemudian pilih “beli” dan masukkan nominal pembelian yang diinginkan. Umumnya, terdapat jumlah pembelian minimum, yaitu 1 lot atau 100 lembar. Setelah itu, lakukan pemantauan pergerakan nilai saham yang telah Anda beli secara berkala.

Lakukan Pembelian Secara Rutin Setiap Bulan

Agar mendapatkan keuntungan yang maksimal, lakukanlah pembelian saham secara rutin setiap bulan. Sama seperti pasar pada umumnya, pasar atau bursa saham juga memiliki jam operasional yang wajib Anda ingat. Pasar saham biasanya beroperasi mulai Senin hingga Jumat pada pukul 09:00 WIB – 12:00 WIB, dan akan beroperasi kembali pada pukul 13:30 WIB – 16:15 WIB.

Lebih lanjut: “Kisah Investor: Warren Buffet”

Cara menabung saham untuk fresh graduate sangatlah mudah, bukan? Jadi, tunggu apa lagi? Segera kunjungi perusahaan sekuritas terbaik di kota Anda dan mulailah menabung saham sekarang juga!


Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply