Bila hari ini Anda mendengar kata baru yang asing, apakah Anda akan pulang ke rumah lalu membuka kamus untuk meneukan arti kata tersebut? Apalagi jika Anda mendengar kata “strategi pemasaran online”, tidak mungkin langsung buka ensiklopedi kan?
Sebagian besar dari Anda akan menjawab tidak, karena sekarang kita tinggal memasukkan kata tersebut ke search engine seperti Google dan sedetik kemudian kita sudah menemukan artinya. Proses ini juga dapat dilakukan di mana saja lewat handphone Anda.
Bisnis online Anda juga bisa muncul di google lho? Penasaran bagaimana caranya? klik di sini!
Konsep yang sama berlaku pada usaha dan bisnis, juga UKM. Hari ini, banyak calon pelanggan yang akan mengenal usaha Anda lewat Internet. Hampir dipastikan bahwa calon pelanggan akan menggunakan Internet untuk riset lebih lanjut tentang usaha Anda.
Pada titik ini, strategi pemasaran online sudah menjadi keharusan. Anda bisa memulai dengan online presence. Karena lewat online, usaha Anda dapat mencapai lebih banyak pelanggan. Konsumen biasanya malas mencari tahu lebih lanjut tentang suatu usaha bila usaha tersebut tak memiliki website. Bila Anda bergelut di bidang retail, tak adanya online presence mencuri volume sales Anda. Cara pemasaran produk secara online perlu Anda kuasai. Juga karena usaha Anda tidak bisa bersaing secara efisien tanpa online presence.
Lihat juga: “Meditasi dapat Memengaruhi Keuanganmu”
Menurut riset yang dilaksanakan MIT Center for Digital Business, perusahaan yang sukses go digital mengantongi keuntungan 26% lebih besar dibandingkan saingannya. Ini berlaku bagi industri manapun.
Begitu banyak keuntungan go digital, namun banyak UKM Indonesia yang belum memiliki online presence. Tak semua UKM memiliki modal untuk transformasi digital besar-besaran dan teknologi tingkat tinggi, tetapi memulai infrastruktur online presence tidak selalu mahal. Membuat website resmi usaha tak membutuhkan biaya besar. Akun social media dapat dibuat gratis. Teknologi digital seperti cloud computing dan data analytics juga tak lagi eksklusif untuk perusahaan besar. Ini bisa menjadi langkah awal strategi pemasaran online.
Lihat juga : “5 Platform Sosial Media Terbaik untuk bagi UKM Anda”
Di bawah kami tuliskan beberapa hal penting saat membangun online presence:
Website Usaha
Website adalah jantung online presence Anda. Tidak ada gunanya memiliki akun di semua platform social media apabila Anda tidak memiliki website yang menunjukkan brand dan produk Anda. Dengan kata lain, website adalah “gerbang” bagi calon konsumen Anda. Website juga menjadi sumber informasi yang buka setiap saat. Website juga dapat dibuat interaktif agar Anda dapat berkomunikasi dengan pelanggan dan menawarkan promosi.
Saat membicarakan website, banyak yang mengkhawatirkan desain. Bagaimana bila Anda tak mampu membuat desain website yang keren? Jangan khawatir, yang paling penting adalah website harus jelas dan tidak berantakan. Tak ada yang membuat pelanggan lebih malas dibandingkan membaca website yang ruwet. Oleh karena itu, pengerjaannya harus maksimal agar strategi pemasaran online Anda berhasil.
Baik pula untuk mengoptimalkan versi mobile website agar mudah dibaca lewat handphone.
Media Sosial, Kunci Strategi Pemasaran Online
Ada kesalahpahaman bahwa keberadaan social media paling penting dalam membangun online presence. Harus diakui, keberadaan social media memang penting, tetapi membuat akun di semua platform social media dan update status setiap saat malah menurunkan produktivitas yang bisa digunakan untuk hal lain. Fokus saja pada platform sosmed yang digunakan mayoritas pelanggan Anda.
Di platform social media manapun yang Anda gunakan, konten harus konsisten dengan brand Anda. Konsumen harus langsung tahu bahwa akun social media ini mewakili usaha Anda.
Saat ini, media sosial bisa menjadi cara pemasaran produk secara online yang paling mudah dan gratis. Namun, potensinya sangat gemilang. Tidak percaya? coba saja.
Search Engine Optimization
Search engine optimization (atau dikenal dengan SEO) adalah usaha membuat website lebih mudah ditemukan konsumen saat mereka mencari di search engine seperti Google atau Yahoo. Ini menjadi salah satu cara pemasaran produk secara online yang tak boleh dilupakan. Banyak teori dan metode untuk mengoptimalkan SEO, karena sebenarnya membuat website langsung tampil melalui search engine tidak mudah. Cara yang selalu berhasil untuk menaikkan visibilitas website Anda adalah menggunakan kata-kata kunci di url dan menulis konten yang relevan.
Lihat juga: “Pemasaran Online untuk Hadapi Tantangan Bisnis Online”
Sebenarnya ada banyak cara membangun online presence Anda. Begitu banyak sehingga kami dapat membuat banyak blog post tentang langkah masing-masing. Namun, kami di Modalku berharap setidaknya UKM Anda terinspirasi membangun online presence Anda lewat post ini. Sampai jumpa lain kali!
Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.
Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.
Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.
Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.
Comments 1
Pingback: Membangun Semangat di Tengah Perlambatan Ekonomi - Modalku