Jangan Patah Arang, Ini 5 Ragam Peluang Usaha di Desa

peluang usaha di desa

Jika Anda tinggal di desa atau sedang berencana untuk pindah tempat tinggal ke area pedesaan dan ingin membuka usaha baru, maka Anda harus mengetahui peluang usaha di desa yang memiliki potensi besar untuk berkembang.

Membuka usaha di kota atau di desa pada dasarnya sama, yaitu Anda harus memanfaatkan setiap peluang yang datang. Pelajari lingkungan sekitar Anda untuk mencari peluang bisnis yang memiliki peluang bagus dan bisa Anda jalankan.

Yuk simak ulasan mengenai peluang usaha di desa yang menguntungkan dan dapat berkembang di bawah ini!

Peluang Usaha di Desa

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi peluang usaha di desa yang dapat Anda jalankan:

1. Berjualan Pulsa

Peluang usaha di desa yang prospeknya bagus dan bisa Anda jalankan adalah berjualan pulsa atau membuka konter pulsa. Saat ini kebutuhan akan pulsa dan internet dari masyarakat selalu meningkat. Hal tersebut merupakan imbas dari meningkatnya jumlah pengguna smartphone.

Anda tidak boleh melewatkan kesempatan ini untuk segera memulai bisnis konter pulsa. Kunci sukses membuka konter pulsa di desa adalah membukanya di lokasi yang strategis. Misalnya, Anda bisa membukanya di persimpangan jalan desa atau di dekat pusat perekonomian desa.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis konter pulsa tidak terlalu besar. Hanya dengan modal awal 1 juta rupiah, Anda sudah bisa membeli rak atau jendela kaca, kartu perdana dan voucher internet, serta setoran pulsa.

Baca Juga: 8 Macam Peluang Investasi yang Tidak Boleh Anda Lewati

2. Membuka Warnet

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kebutuhan internet dari masyarakat sudah semakin meningkat, termasuk masyarakat di desa. Jadi, membuka warnet (warung internet) merupakan salah satu peluang usaha di desa yang cukup menjanjikan. Selain itu, biasanya persaingan dari bisnis warnet di desa juga tidak begitu ketat karena dibutuhkannya modal awal yang cukup besar.

Untuk menambah penghasilan dari bisnis ini, Anda juga dapat menjual camilan dan minuman ringan di konter pembayarannya. Namun, Anda juga harus memastikan untuk menjaga agar tempat usaha Anda tidak menimbulkan keresahan pada masyarakat sekitar karena biasanya banyak yang menjadikan warnet sebagai tempat nongkrong.

3. Membuka Rental PS

Teknologi sudah sangat berkembang di masa sekarang ini, bahkan desa pun sudah dapat merasakan kemajuan teknologi. Anak-anak yang biasanya bermain layangan, kelereng, atau sepak bola di luar rumah sekarang sudah banyak yang lebih memilih untuk bermain gim di dalam rumah dengan gadget mereka.

Membuka rental PS adalah salah satu peluang usaha di desa yang cukup menjanjikan mengingat banyaknya jumlah anak-anak yang sangat antusias untuk bermain gim di konsol seperti ini. Sediakan permainan dari segala genre yang ada agar konsumen tidak mudah bosan.

Selain anak-anak, banyak juga anak mudah dan bahkan orang tua (biasanya laki-laki, atau bapak-bapak) yang masih suka bermain gim di konsol seperti ini. Maka dari itu, Anda juga harus menyediakan genre gim yang dapat menarik bagi anak muda dan bapak-bapak tersebut.

Agar tidak meresahkan masyarakat di sekitar, pastikan Anda membatasi waktu rental untuk anak-anak. Hal ini dibutuhkan agar anak-anak tersebut tidak datang dan nongkrong di rental PS Anda melulu dan orang tua tidak khawatir.

Baca Juga: 7 Ide Bisnis Online Pemula dengan Modal Kecil

4. Membuka Fotocopy dan Berjualan Alat Tulis

Akses untuk kebutuhan menyalin dokumen penting, baik itu untuk pekerjaan maupun pendidikan, biasanya masih sulit didapatkan ketika berada di desa. Maka dari itu, peluang usaha fotocopy di desa merupakan salah satu yang paling menguntungkan.

Selain membuka jasa fotocopy, Anda juga dapat berjualan alat tulis. Biasanya banyak anak-anak yang masih pelajar yang membutuhkan alat tulis untuk mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan sekolah. Alat tulis yang bisa Anda jual antara lain seperti pensil, pulpen, spidol, penggaris, jangka, buku tulis, buku gambar, dan lain sebagainya.

5. Membuka Toko Sembako

Kebutuhan masyarakat akan bahan pokok sehari-hari selalu tinggi, tidak peduli itu di desa ataupun di kota. Sayangnya, penduduk desa biasanya harus menempuh jarak yang jauh untuk berbelanja kebutuhan pokok tersebut.

Anda dapat memanfaatkan keterbatasan ini dengan membuka toko sembako di desa. Dengan begitu, masyarakat sekitar akan merasa terbantu karena tidak perlu lagi pergi jauh untuk berbelanja. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan keuntungan bisnis yang lebih besar karena animo masyarakat yang tinggi.

Sediakan bahan pokok yang paling sering dibeli orang, seperti minyak, gula, garam, tepung terigu, dan sebagainya. Berikan pelayanan terbaik dan pastikan toko sembako Anda bersih dan rapi agar pelanggan lebih nyaman ketika berbelanja.

Baca Juga: 5 Peluang Bisnis yang Bakal Jadi Trend 2022

Bagaimana? Menarik bukan? Nah, jika Anda ingin mengembangkan usaha di desa tetapi belum memiliki modal yang cukup. Tenang saja, Anda dapat melakukan pinjaman online tanpa agunan di Modalku dengan mudah dan cepat. Semoga artikel tentang peluang usaha di desa ini dapat membantu Anda, ya!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan